Manusia adalah makhluk sosial, yang butuh berinteraksi dengan sesama. Nah, saat wabah Coronavirus COVID-19 melanda seluruh dunia, kita tak punya pilihan lain selain tetap #DiRumahAja, untuk mencegah penularan virus dan membantu supaya kurva penyebaran penyakit ini jadi melandai, berkurang, dan wabah berakhir.

Konsekuensinya, kita jadi tak bisa keluar dari tempat tinggal: mulai dari sekolah anak yang diliburkan, kantor-kantor yang diharuskan WFH / Work from Home, sampai tempat-tempat hiburan publik seperti mal dan resto yang ditutup. Kita tak lagi dapat bertemu keluarga, teman, kolega - sehingga banyak orang lantas merasa kesepian bahkan stres dan depresi.

Meski #DiRumahAja, jangan lantas jadi bete, ya! Banyak hal yang bisa kita lakukan sehingga mood tetap positif dan kita juga tidak merasa bosan. 14 cara di bawah ini terbukti secara saintifik bisa membuat kita tetap bersemangat menjalani isolasi mandiri meski terkungkung di dalam ruangan sepanjang hari.

1. Mulai Hobi Baru

Saat kesibukan hidup sehari-hari dalam situasi normal, kita harus membagi waktu dan tanggungjawab antara pekerjaan rumah, karir di kantor, mengurus anak bahkan orangtua yang sudah lanjut usia. Kadang, 24 jam sehari terasa tak cukup. Nah, saat punya banyak waktu di rumah adalah saat yang tepat untuk memulai wacana hobi baru yang sudah lama tertunda. Mulai dari belajar masak dan membuat kue, belajar alat musik ataupun mulai vlogging di YouTube.

2. Tetap sering video call dengan keluarga

Biar #DiRumahAja, silaturahmi tetap harus jalan. Yuk, rajin-rajin video call dengan orangtua, sahabat-sahabat terdekat dan sanak keluarga. Gunakan kemajuan teknologi seperti Whatsapp dan Facebook Messenger untuk tetap stay in touch kepada orang-orang tersayang, dimanapun kita dan mereka berada, biar terpisah jarak tapi tetap dekat di hati.

3. Buat jadwal harian rutinitas baru

Minggu-minggu pertama di awal isolasi mandiri di rumah memang bisa bikin shock: dari yang biasanya kita punya segudang aktivitas setiap hari, tiba-tiba harus tetap berada di dalam rumah terus. Ya, memang wabah kali ini adalah sebuah kejadian fenomenal yang tak pernah kita bayangkan sebelumnya. Tapi, kita sebagai manusia punya kemampuan beradaptasi. Jadi, seiring berlalunya waktu #DiRumahAja, kita akan semakin biasa dan bisa menyesuaikan diri dengan situasi ini.

Untuk memudahkan membagi waktu - tetap menepati deadline pekerjaan WFH tapi tetap bisa membereskan urusan sekolah dan mengajari anak - tentukan jadwal setiap hari. Misalnya, tetap bangun jam 6 pagi, membereskan rumah dan menyiapkan sarapan, kemudian jam 7 pagi mandi dan bersiap bekerja atau mengatur jadwal homeschool anak-anak lewat Zoom sampai jam 11 siang, lalu siapkan makan siang. Setelah makan siang, tentukan waktu bekerja mulai dari jam 13 sampai jam 16:30, misalnya, dan cobalah untuk menepati jadwal ini setiap hari supaya rutinitas yang baru pun terbangun. Menentukan jadwal harian dan menepatinya adalah salah satu cara terbaik untuk tidak merasa bingung, baik itu bagi kita sendiri maupun bagi anak-anak.

Butuh saran untuk efektif mengerjakan pekerjaan? Klik tautan ini untuk baca tipsnya.

4. Membersihkan rumah secara menyeluruh

Selain rajin mencuci tangan, rajin mensanitasi seluruh rumah dengan produk desinfektan juga salah satu cara mencegah penularan virus. Bonusnya? Rumah yang tertata rapi dan bersih, memberi sebuah rasa lega dan kedamaian di hati. Untuk cara mudahnya, kamu bisa ikuti metode KonMari dari Marie Kondo, ahli menata rumah kenamaan asal Jepang yang terkenal dengan inspirasi pengaturan barang-barang dan decluttering alias pemilahan. Sisihkan barang yang sudah tak terpakai dan sudah tidak membuatmu bahagia, dan cukup simpan barang yang diperlukan - ini membantu agar rumah selalu tersusun rapi bebas berantakan.

5. Tulis Rasa Bersyukur di buku harian

Menurut para peneliti di Universitas Harvard, mensyukuri apa yang kita miliki adalah salah satu sumber ketenangan batin dan kebahagiaan. Alih-alih selalu memandang ke atas, lihatlah ke sekeliling kita, syukurilah apa yang kita punya. Anak yang sehat, rumah yang asri, kehidupan yang bahagia dan situasi finansial kecukupan - tak hanya itu saja, sekecil apapun rasa syukur yang kita punya, sebaiknya mulai dituliskan dalam sebuah buku harian. Sehingga ketika kita sedang merasa down, kita bisa membuka dan membaca kembali lembaran-lembaran penuh rasa syukur yang sudah kita tuliskan selama ini.

6. Perbanyak dan perbaiki kualitas tidur

Sering begadang menyelesaikan deadline pekerjaan kantor maupun karena keasikan nonton serial TV atau main gadget? Saat #DiRumahAja, waktunya untuk "menebus" waktu tidur yang selama ini selalu defisit. Perbanyak dan perbaiki kualitas tidur supaya kesehatan semakin baik, daya tahan tubuh meningkat dan mood juga jadi positif sepanjang hari. Ini sudah dibuktikan oleh para ahli, lho! Tonton video selengkapnya di tautan ini, supaya kamu mengerti betapa pentingnya tidur dengan cukup. Kalau mau tahu bagaimana memperbaiki kualitas tidur, kamu bisa klik tautan ini.

7. Olahraga, yuk!

Olahraga tak perlu harus ke gym - banyak olahraga yang bisa dilakukan di rumah sendiri, selain itu kamu juga bisa praktekkan pose-pose yoga mudah yang bisa dilakukan di mana saja - dari kamar tidur sekalipun! Mulai harimu dengan rutinitas workout yang bisa bikin kamu semakin sehat dan bersemangat!

8. Belajar kemampuan baru

Selain hobi yang bersifat personal, belajar kemampuan baru juga merupakan sesuatu yang bisa dilakukan untuk memperbagus CV. Melatih otak sekaligus upgrade diri sendiri, why not?

Contoh kemampuan baru yang bisa dipelajari, misalnya latihan menggunakan Excel, mengedit video atau belajar bahasa pemrograman komputer. Semuanya bisa dilakukan otodidak dengan bantuan berbagai video dan blog tutorial di internet. Jadi, nanti setelah wabah berakhir, kita bisa kembali ke kantor dengan berbagai kemampuan baru yang mengesankan!

9. Nonton film dan serial TV bergenre komedi

Kata orang, tertawa adalah salah satu obat hati yang paling manjur. Manfaatkan waktu luang di rumah untuk nonton film-film favorit dan serial TV bergenre komedi, supaya hati riang gembira. Di YouTube juga banyak sekali acara-acara stand up comedy yang sanggup membuat kita tertawa terbahak-bahak. Yuk, dicoba!

10. Makan makanan kesukaan

Tahukah kamu, bahwa 95% dari zat serotonin, neurotransmiter yang berfungsi mengatur waktu tidur, mengontrol nafsu makan dan mempengaruhi mood, diproduksi di dalam saluran pencernaan kita? Ada makanan yang terbukti secara klinis langsung membuat kita happy, jadi silakan masak sendiri makanan favoritmu atau beli lewat pesan antar, supaya perut kenyang, hati pun senang! Psst, jangan lupa olahraga dan tetap jaga kalori total harian ya...jangan sampai nanti selesai masa isolasi #DiRumahAja, timbangan pun ikut gerak ke kanan.

11. Mendengarkan musik

Musik adalah salah satu makanan bagi jiwa. Mendengarkan musik punya segudang benefit, antara lain membuat suasana hati jadi rileks. Gunakan musik untuk menemani kegiatan-kegiatan sehari-hari, mulai dari saat olahraga pagi, bekerja, sampai saat duduk-duduk santai sambil ngopi di sore hari. Kalau malas mencari playlist, putar saja radio online - rata-rata radio Indonesia sekarang sudah bisa didengarkan secara online, tak perlu menggunakan radio konvensional.

12. Berjemur matahari

Selain membuat mood jadi bagus, sinar matahari yang merangsang produksi Vitamin D pada tubuh kita juga punya manfaat cegah kanker serta meningkatkan daya tahan tubuh. Sistem imunitas kita semakin memerlukan bantuan booster ini di saat wabah pandemi, kan? Maka, sisihkan waktu mulai dari jam 9-10 pagi hari untuk berjemur. Tak perlu lama-lama, bagi yang berusia di bawah 50 tahun, cukup 10-15 menit saja sehari - dan bagi para manula, 20-30 menit di bawah sinar matahari sudah cukup untuk membuat tubuh memproduksi Vitamin D.

13. Mager? Sah-sah saja!

Mager? Ya nggak masalah. Sah-sah aja untuk memberikan waktu bagi diri kita bersantai selama masa isolasi mandiri di rumah. Istirahat yang cukup, menikmati waktu luang untuk sekedar membaca, duduk-duduk di sofa atau leyeh-leyeh di tempat tidur. Relaksasi, mengistirahatkan otak kita, terbukti secara klinis mampu memperbaiki kesehatan mental.

14. Rencanakan liburan berikutnya

Beberapa riset menyatakan bahwa merencanakan liburan berikutnya adalah salah satu hal yang membawa kepuasan dan kebahagiaan pada seseorang. Mudah-mudahan wabah Coronavirus COVID-19 segera berakhir, sehingga kita bisa kembali traveling - berencana dari sekarang, tak ada salahnya kan? Kamu bisa manfaatkan waktu luang ini untuk sekaligus hunting tiket dan hotel murah di berbagai aplikasi perjalanan.

Jaga kondisi tubuh agar selalu fit lewat gaya hidup sehat. Tambahkan jaring proteksi ekstra supaya selalu aman dimanapun kamu berada, lewat berbagai solusi perlindungan kesehatan dari Generali Indonesia.

#DiRumahAja, tak perlu mati gaya! Simak berbagai saran menarik untuk tetap jaga kesehatan dan kebahagiaan keluarga saat isolasi mandiri Coronavirus COVID-19:

Fakta dan info penting seputar Coronavirus COVID-19

Ini cara tingkatkan sistem imunitas kekebalan tubuh kita untuk tangkal Coronavirus COVID-19!

Tetap Happy dan Semangat saat #DiRumahAja

Khawatir terjangkit Covid-19? Lakukanlah 3 hal berikut ini

Tracking Ini 14 cara supaya mood selalu positif saat #DiRumahAja
Share
love this article :