Image

4 Makanan ala "Jajanan" Sehat & Praktis untuk Anak

Lebih dari 91 juta anak di seluruh dunia mengalami kegemukan yang sudah cukup parah karena masuk ke tingkat obesitas, bukan sekedar kelebihan berat badan saja. Karena itu, penting untuk menanamkan kesadaran untuk selalu makan makanan yang sehat untuk menunjang tumbuh kembang anak-anak, di saat mereka begitu membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang baik.

Sebagai orangtua, tentu Moms semua ingin anak kita makan makanan yang empat sehat lima sempurna. Akan tetapi, keterbatasan waktu biasanya membuat kita sulit untuk berkreasi secara leluasa mempersiapkan makanan sehat untuk seluruh keluarga. Apalagi, anak-anak juga banyak yang suka pilih-pilih makanan, sulit makan sayur dan lebih suka jajanan.

Untuk menyiasatinya, di artikel berikut ini Generali akan berbagi 4 jenis makanan ala "jajanan" yang selain sehat, juga praktis, mudah dibuat serta tak makan waktu lama bagi Moms, dan anak-anak pun pasti suka!

Roti lapis isi / sandwich berbagai rasa

Roti tawar dengan berbagai isian, populer disebut sebagai "sandwich" - selain mudah dibuat, kita pun bisa memasukkan berbagai elemen yang sehat di dalamnya, dengan menyesuaikan makanan yang tersedia dan sesuai selera kesukaan anak.

Untuk sandwich asin, Moms bisa isikan roti dengan telur ceplok atau rebus, potongan ayam goreng atau ikan tuna, lengkapi dengan saus mayones, irisan mentimun, tomat dan daun selada.

Untuk yang manis, buat sandwich dengan olesan berbagai selai: selai kacang, selai coklat atau selai buah - stroberi, nanas atau srikaya - atau sekaligus saja masukkan potongan buah segar ke dalamnya. Contoh yang umum adalah campuran selai kacang dan potongan buah pisang, atau selai coklat dengan potongan buah stroberi. 

Pizza dengan berbagai topping

Selain dibuat roti lapis, roti tawar juga bisa dijadikan kreasi pizza mini yang mudah dibuat.

Blender tomat, sedikit minyak sayur dan bawang putih sebagai sausnya, tambahkan topping apa saja yang disukai anak: potongan sosis, daging sapi asap, tumis ayam cincang, jamur, brokoli, paprika, bahkan nanas! Taburi keju dan panggang di oven sampai keju meleleh dan siap disantap.

Supaya anak mau makan sayur sebagai topping pizza, Moms bisa mengajak si kecil untuk kreasikan sendiri pizza buatannya: ajak ia untuk mengoles saus tomat homemade dan menyusun topping di atas pizza, dijamin ia pun akan semakin senang melahap pizza buatannya sendiri.

Stik naget ikan

Stik naget ikan mudah untuk dibuat. Aduk rata daging ikan, bawang putih, kaldu jamur dan tepung terigu sampai kalis menggunakan food processor atau blender, lalu gulingkan di tepung roti dan telur sebelum menggorengnya. Selain lebih fresh, stik naget ikan homemade juga lebih sehat karena dibuat dari bahan pilihan. Alternatif lebih rendah lemak: Moms bisa panggang stik naget ikan di oven alih-alih digoreng.

Ajak anak untuk membentuk stik naget ikan kreasinya, dengan menggunakan cetakan kue kering dalam berbagai bentuk: bintang, bulan sabit, ataupun bentuk hati, sehingga bentuk yang lucu-lucu ini juga bisa membuat anak bersemangat menyantapnya.

Mie ayam

Sebagai alternatif mie instan, mie ayam yang diracik dari mie telur dan diberi berbagai topping sayuran dan jamur selain ayam cincang tumis kecap, merupakan makanan khas Indonesia yang juga banyak disukai anak-anak. Lengkapi dengan kaldu ceker ayam yang penuh vitamin dan mineral yang baik, serta penuh kolagen yang tak hanya baik untuk anak-anak tapi juga banyak manfaat untuk kehalusan kulit Moms!

Bagaimana Moms? Mau mencoba jenis jajanan yang mana terlebih dulu? Selamat berkreasi, ya!

 

Mulai dari saran mengenai cara makan sampai dengan resep camilan sehat, semua yang kamu butuhkan untuk memulai gaya hidup sehat ada disini:

Belajar membuat kue bersama anak: ini tipsnya!

5 Resep Smoothie enak, lezat dan penuh nutrisi

5 Menu Hangat, Praktis & Hemat untuk Musim Hujan

Makanan-makanan yang secara ilmiah terbukti bikin happy

Produk Terkait

icon
Asuransi Kesehatan Kumpulan
Perlindungan untuk perawatan kesehatan di Rumah Sakit selama 24 jam per hari, 365 hari per tahun untuk karyawan Anda. Selengkapnya
icon
Asuransi Jiwa Berjangka Kumpulan
Perlindungan jiwa 100% jika pihak yang diasuransikan meninggal oleh sebab apapun, seperti sakit dan kecelakaan. Uang Pertanggungan yang dapat diberikan disesuaikan berdasarkan perkalian gaji atau jumlah tetap yang ditentukan oleh perusahaan. Selengkapnya
icon
Asuransi Group Personal Accident
Proteksi finansial kepada karyawan yang diasuransikan dan keluarganya jika terjadi tutup usia atau cedera tubuh akibat kecelakaan. Selengkapnya
icon
DPLK Group
Corporate Solution juga akan membantu memfasilitasi kebutuhan perusahaan Anda terkait dengan persiapan finansial untuk masa pensiun karyawan Anda melalui produk PPUKP (Program Pensiun Untuk Kompensasi Pesangon) atau PPIP (Program Pensiun Iuran Pasti) ataupun iPension. Selengkapnya