Kebakaran di rumah paling sering terjadi karena keteledoran orang, bukan karena kesalahan mesin, seperti ditunjukkan oleh statistik dari berbagai negara di dunia. Meskipun banyak faktor yang bisa menyebabkan kebakaran, di Amerika Serikat, statistik juga membuktikan bahwa faktor penyebab kebakaran yang tertinggi adalah memasak, terutama menggoreng.

Sejauh apakah pengetahuanmu mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencegah kebakaran? Ikuti kuis berikut ini untuk mengetahui sejauh manakah persiapanmu untuk mencegah kebakaran, dan bagaimana melindungi orang-orang yang kamu sayangi dari bahaya ini.

Apakah kamu punya alarm atau detektor asap?

Jawaban yang benar: YA. Meskipun di Indonesia, penggunaan detektor asap masih tidak terlalu umum, sebaiknya kamu melengkapi rumah dengan alarm asap dan mengeceknya secara berkala.

Apakah kamu rajin membersihkan kompor?

Jawaban yang benar: YA. Kompor harus selalu dibersihkan, minimal seminggu sekali, untuk menghindari ada sumbatan di tungku kompor - sumbatan bisa menyebabkan keluarnya api jadi tak merata (ini bisa jadi salah satu penyebab kebakaran).

Apakah kamu rajin mengecek tabung gas, regulator dan sambungannya?

Jawaban yang benar: YA. Lakukan pengecekan tabung gas, regulator dan sambungannya secara berkala. Mintalah teknisi khusus kompor gas untuk mengeceknya saat kamu mengganti tabung gas setiap bulan.

Apakah kamu menaruh cermin atau kaca pembesar di dekat jendela?

Jawaban yang benar: TIDAK. Sebaiknya kamu tidak meletakkan cermin atau kaca pembesar di dekat jendela, karena cahaya matahari yang memantul atau melewati cermin / kaca pembesar bisa menyebabkan terjadinya percikan api.

Apakah kamu sering meninggalkan ponsel dan power bank yang sedang di-charge dalam waktu lama?

Jawaban yang benar: TIDAK. Kamu disarankan untuk tidak meninggalkan ponsel dan power bank yang sedang di-charge dalam waktu lama. Segera cabut ponsel dan power bank setelah baterai penuh. Selain untuk menghemat energi, juga untuk menghindari kemungkinan terjadinya korslet.

Apakah kamu mengecek mesin pemanas air dan tangkinya secara berkala?

Jawaban yang benar: YA. Bila kamu memiliki pemanas air, lakukan pengecekan secara berkala dengan memanggil teknisi untuk datang ke rumah. Cek kondisi mesin dan tangkinya apakah masih dalam keadaan baik, karena tangki yang bocor bisa mengakibatkan korslet dan kebakaran pada mesin pemanas air.

Berapa banyakkah jawabanmu yang tepat saat menjawab kuis ini?

 

Cara terbaik untuk menjaga diri dan kesehatanmu adalah dengan memastikan kamu terlindungi dalam setiap situasi. Cari tahu bagaimana iPlan, solusi proteksi lengkap kami dapat menjaga agar kamu dan keluarga selalu sehat dan bahagia, saat ini dan di masa depan nanti.

 

Ikuti berbagai tips pengamanan berbagai aspek rumah dan kehidupan lewat artikel-artikel menarik dari Generali:

Inilah sistem keamanan rumah tercanggih masa kini

Tips Aman Main Kembang Api saat Perayaan Imlek

Seaman apakah helm motormu?

Amankan mobilmu dari pencurian dengan beberapa GPS harga terjangkau ini

3 cara mengamankan tempat usahamu dari incaran maling

Bagikan
suka artikel ini :