Tips mencari pendanaan startup

Safety 03 Desember 2018

Tak mudah mencari pendanaan awal untuk mendirikan perusahaan - tapi, bila kamu tahu bagaimana cara yang tepat untuk mendekati investor, kamu bisa mendapatkan pendanaan awal yang kamu butuhkan.

Pertama-tama, buatlah rencana bisnis yang bagus - ini sangat penting, tidak hanya untuk investor potensial tapi juga untukmu sendiri. Dengan membuat rencana bisnis, kamu dapat memikirkan dengan seksama bagaimana mengubah idemu menjadi kenyataan, dan bagaimana mencari keuntungan lewat startup yang akan kamu dirikan! Bila kamu yakin idemu memang bagus, maka kamupun akan bisa meyakinkan investor dengan lebih mudah.

Nah, setelah selesai membuat rencana bisnis, kamupun siap untuk mencari pendanaan. Bagaimana caranya? Yuk, baca artikel ini.

Carilah inkubator startup

Inkubator merupakan salah satu jalan pendanaan dan bantuan mentoring yang penting bagi startup, terutama yang bergerak di bidang teknologi dan digital.

Saat ini, ada cukup banyak inkubator di Indonesia. Kamu bisa lihat daftarnya dan pilih sendiri yang mana yang cocok untuk startup milikmu.

Kredit di bank

Memang pinjaman uang di bank lebih beresiko, tapi kelebihannya adalah, kamu tak perlu memberikan saham sebagai ganti pendanaan. Nah, persiapkan dulu aset yang bisa kamu jaminkan, atau pastikan kamu punya skor kredit yang bagus sebelum mengajukan pinjaman ke bank.

Pinjaman uang di muka dari calon klien atau partner

Bila kamu bisa mendapatkan satu-dua calon klien atau partner besar, cobalah kemungkinan mereka bisa memberimu pinjaman uang di muka - memang kamu harus berkomitmen dengan mereka, tapi kamupun mendapatkan komitmen di awal dari mereka, bukan?

Cari "angel investor"

Selain pendanaan, mendapatkan bantuan dari "angel investor" yang secara personal memberikan kamu kepercayaan, juga dapat membuat kamu lebih percaya diri. Karena "angel investor" biasanya merupakan pengusaha yang sudah sukses, keuntungannya adalah kamupun bisa mendapat akses ke network dan kenalan-kenalan sang "angel investor". Solusi win-win, kan? Daftar "angel investor" bisa kamu lihat disini.

Crowdfunding

"Crowdfunding" adalah permintaan pendanaan dari masyarakat umum. Bila kamu sudah punya prototipe produk yang bisa digunakan untuk demo dan rencana marketing yang bagus, cobalah untuk mendaftarkan ide bisnismu di situs-situs crowdfunding seperti Indiegogo atau Kickstarter supaya kamu bisa mendapatkan dana investasi untuk mulai memproduksi produkmu!

Mintalah kepada keluarga dan teman terdekat

Meminta bantuan pendanaan paling awal bisa dimulai dari keluarga dan teman terdekat. Meskipun biasanya dana mereka terbatas, sedikit saja investasi awal untuk mendirikan perusahaan bisa jadi sangat berarti, lho!

Bahkan seorang Elon Musk, pendiri perusahaan roket ternama SpaceX dan mobil elektrik Tesla, dan Jeff Bezos, pendiri Amazon dan orang terkaya di dunia, mendapatkan pendanaan pertama dari ayah masing-masing untuk mendirikan startup mereka, yang saat ini sudah menjadi perusahaan raksasa!

Dana pribadi

Saat ini, kemajuan teknologi memungkinkan kamu untuk membuat bisnis dengan investasi minimal dan keuntungan maksimal. Membiayai pendirian usaha dengan dana pribadimu sendiri memang rasanya riskan, tapi kontrol dan keuntungan sepenuhnya akan jadi milikmu!

Selalu update dengan jenis-jenis bisnis baru dan berita seputar teknologi lewat artikel-artikel dari expert kami:

Bisnis jaman now: Era entrepreneur digital

Trend perubahan cara belanja masyarakat ke arah online shopping

Memulai usaha sendiri: susah nggaj sih?