Zaman yang semakin dekat dengan teknologi sejatinya membuat kehidupan milenial menjadi penuh kemudahan. Sayangnya, tidak semua itu mendatangkan kesehatan, malah tidak jarang akan cenderung membuat mereka mengalami beragam penyakit. Lantas, apa saja list penyakit kronis tersebut?

 

5 Penyebab Penyakit Kronis yang Mengintai Milenial

Kebiasaan hidup yang kurang baik rentan dialami oleh banyak kaum milenial saat ini. Padahal, dengan gaya hidup yang sehat tentunya akan menurunkan risiko mengalami sakit parah bahkan kematian lebih awal. Berikut sejumlah penyebab yang membuat banyak milenial mengalami penyakit kronis.

1. Begadang

Kebiasaan begadang seakan tidak dapat terpisahkan dari kehidupan milenial maupun gen z. Tugas dan pekerjaan yang menumpuk tidak jarang membuat mereka begitu sibuk sehingga harus mengorbankan waktu tidur normal. Padahal, kebiasaan ini akan memicu berbagai penyakit, termasuk merusak sistem imun dan melemahkan kinerja organ dalam tubuh.

2. Merokok

Siapa nih yang tidak afdol rasanya kalau tidak menghisap rokok? Faktanya, WHO mencatat kalau tembakau dalam rokok menyebabkan setidaknya 6 juta kematian setiap tahunnya. Hal ini disebabkan karena asap rokok yang dihirup dari berbagai tempat mengandung sedikitnya 250 bahan kimia berbahaya dan bersifat karsinogenik.

3. Jarang bergerak

Aktivitas fisik yang minim terjadi juga banyak dialami oleh generasi milenial dan gen z. Kemudahan teknologi seperti toko online, makanan delivery, hingga transportasi online membuat mereka malas bergerak dan mengurangi berbagai aktivitas fisik. Padahal, aktivitas fisik tidak jarang menjadi salah satu faktor utama yang membuat risiko kematian dini meningkat tajam.

4. Pola makan tidak sehat

Junk food dan minuman manis tentu juga tidak terlepas dari kehidupan milenial saat ini. Padahal, makanan yang banyak mengandung lemak jenis, gula, hingga garam (natrium) sangat berbahaya bagi tubuh dan dapat menimbulkan efek negatif jangka panjang. Pola makan yang tidak sehat ini juga dapat menjadi penyebab obesitas dan berbagai penyakit kronis lain.

5. Alkohol

Minuman alkohol, baik dalam kadar kecil maupun tinggi pada dasarnya juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Jika perilaku konsumsi dilakukan secara berlebihan, tentu akan menyebabkan ratusan penyakit hingga cedera berbahaya.

 

Daftar Penyakit Berbahaya yang Mengintai Kaum Milenial

Terdapat sejumlah penelitian dan survey yang mengungkapkan fakta bahwa ada banyak orang di usia produktif alias milenial cenderung mempunyai berbagai masalah kesehatan. Dilansir dari sejumlah sumber dan referensi, berikut beberapa masalah kesehatan yang dialami oleh banyak generasi milenial maupun gen z saat ini.

1. Hipertensi

Hipertensi alias tekanan darah tinggi merupakan suatu kondisi kronis di mana tekanan darah dalam tubuh meningkat. Kondisi ini membuat risiko stroke dan serangan jantung dapat terjadi. Adapun penyebab utamanya adalah obesitas hingga konsumsi makanan yang tidak sehat.

Kendati terlihat dialami oleh pasien generasi tua, nyatanya saat ini sudah banyak anak muda yang didiagnosis mengalami hipertensi. Hal tersebut dikarenakan generasi milenial dan gen z gemar mengonsumsi makanan cepat saji yang mengandung banyak garam (natrium).

2. Gangguan psikotik

Ternyata, gangguan psikotik pada generasi milenial dan gen z meningkat 15% dari generasi sebelumnya. Hal ini terjadi karena adanya gangguan mental yang membuat pemikiran dan persepsi menjadi tidak normal.

Gangguan mental seperti depresi juga banyak teridentifikasi di kalangan milenial karena berbagai tekanan. Entah karena pekerjaan, lingkungan, termasuk akibat penggunaan media sosial yang berlebih sehingga menyebabkan mereka dengan mudah mengalami kecemasan.

3. Penyakit Crohn

Generasi milenial juga banyak yang mengalami Crohn alias radang usus. Penyakit ini termasuk dalam peradangan kronis dalam saluran pencernaan. Adapun penyebabnya banyak dipengaruhi oleh gaya hidup tidak sehat seperti asap rokok, makanan tidak sehat, bahkan tidak teraturnya asupan makanan akibat begadang atau terlalu banyak minum kopi.

4. Kolesterol dan Diabetes

Kolesterol tinggi juga banyak muncul di kalangan milenial. Kondisi seperti ini nantinya juga akan membuat berbagai masalah kesehatan lain seperti jantung dan penyakit stroke. Kolesterol banyak diakibatkan oleh pengaruh gaya hidup yang tidak sehat seperti konsumsi makanan cepat saji dan gorengan yang terlalu berlebihan.

Selain kolesterol, risiko diabetes tipe 2 juga menjadi momok penyakit yang banyak menyerang kaum muda. Meskipun penyakit ini umumnya dialami oleh orang berusia lanjut, namun saat ini ada banyak anak muda dan generasi milenial yang mengidap penyakit ini karena senangnya mengkonsumsi makanan dan minuman manis.

5. Sakit kepala dan punggung

Sakit kepala juga menjadi salah satu masalah kesehatan yang banyak dilaporkan oleh kaum muda saat ini. Jenis sakit kepala yang spesifik seperti migrain, vertigo, dan sebagainya juga banyak menyebabkan nyeri hebat disertai mual dan muntah.

Kebiasaan duduk terlalu lama juga seringkali menyebabkan generasi milenial dan gen z mengalami nyeri punggung hingga penyakit sendi. Hal ini karena berbagai penyebab seperti kelelahan atau aktivitas yang banyak dihabiskan di depan komputer.

Itulah beberapa list penyakit kronis yang banyak menyerang kaum milenial maupun gen z beserta dengan beberapa penyebabnya. Segera atur pola hidupmu menjadi lebih sehat supaya penyakit kronis di atas dapat dihindari sejak dini, ya!

Tracking Catat, Ini 6 Penyakit Kronis yang Rentan Dialami Milenial dan Gen Z!
Bagikan
suka artikel ini :