Tips Aman Main Kembang Api saat Perayaan Imlek

Healthy Protection 02 Februari 2019

Tradisi menyalakan kembang api saat merayakan sesuatu yang istimewa, sudah ada sejak lebih dari 1500 tahun yang lalu di seluruh dunia. Ketika Imlek tiba, bermain kembang api saat kumpul keluarga besar merupakan salah satu kegiatan favorit banyak orang. Nah, meskipun main kembang api memang sangat menyenangkan, kita sebaiknya selalu ingat dan waspada karena kembang api bisa menyebabkan kebakaran.

Ikuti tips main kembang api saat perayaan Imlek yang kami kumpulkan, supaya acara tetap lancar, aman dan berkesan!

Beli kembang api dari toko terpercaya

Dari jauh-jauh hari, pilih toko yang sudah terpercaya dan punya reputasi baik saat membeli kembang apimu. Mudah sekali tergoda harga murah, tapi, yang terlebih penting untuk diutamakan adalah keselamatan - jangan beli dari toko abal-abal, ya.

Simpan di tempat yang aman

Di rumah, simpan kembang api di tempat aman dan jauh dari jangkauan anak-anak. Jangan menyimpan di tempat yang lembab seperti di dalam lemari dekat kamar mandi, karena kembang api bisa tidak menyala lagi. Jangan pula simpan di dekat tempat rawan api seperti di dapur dekat kompor juga, ya.

Baca cara menyalakan kembang api sebelum mulai bermain

Sebelum hari mulai gelap, baca dulu cara menyalakan kembang api yang baik dan benar - daripada nanti bingung bagaimana menyalakannya setelah malam hari, ya kan? Baca instruksi dengan benar supaya kamu tahu bagaimana menyalakan kembang api dengan aman.

Apakah kembang api boleh dipegang anak?

Boleh-boleh saja sih, tapi ada syaratnya, ya. Pertama, usia anak sudah cukup besar, minimal 7-8 tahun, sehingga sudah dapat mengikuti instruksi. Kedua, harus selalu ada orang tua atau orang dewasa lain yang mendampingi si anak, dan ketiga, satu orang tua atau orang dewasa harus mengawasi satu anak saja supaya perhatian tidak teralihkan. Ingat, kembang api, juga merupakan bentuk api, meskipun kecil, tetap bisa menyebabkan kebakaran!

Setelah selesai bermain kembang api

Setelah selesai bermain kembang api, jangan lupa memastikan bahwa semua bekas kembang api sudah betul-betul dipadamkan, kemudian bersihkan atau siram air sekali lagi untuk memastikan bekas-bekas api sudah sirna sepenuhnya.

Bila ada sisa kembang api yang tidak terpakai, kembali simpan baik-baik di tempat yang aman, untuk digunakan di kesempatan berikutnya.

Tuntun anak-anak ke jalan hidup yang sukses dan bahagia lewat tips dan trik penting kami untuk semua umur:

Vitamin dan mineral terpenting bagi anak-anak dalam masa tumbuh kembang

Meal plan ideal: sehat, hemat dan bergizi