GERD (Gastroesophageal reflux disease) atau penyakit asam lambung merupakan salah satu bentuk gangguan pada sistem saluran pencernaan yang diderita oleh banyak orang. Gejala yang ditimbulkannya seperti sensasi terbakar di ulu hati, tentu menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderita GERD. Agar rasa tidak nyaman bisa dihindari, simak cara mencegah GERD kambuh berikut ini. 

 

Apa Itu GERD?

GERD adalah kondisi yang terjadi saat asam lambung mengalir kembali (refluks asam) ke esofagus, yang merupakan saluran penghubung antara mulut dengan lambung. Refluks asam sebenarnya normal untuk terjadi, namun jika terjadi secara berulang-ulang, maka akan memicu terjadinya GERD. Akibat yang ditimbulkannya adalah terjadinya iritasi pada lapisan esofagus.

Penyakit asam lambung atau GERD ini bisa coba dideteksi sedini mungkin dari gejala yang ditimbulkannya. Saat seseorang menderita GERD, gejala yang umum timbul seperti sensasi terbakar di ulu hati atau heartburn khususnya setelah makan, nyeri pada dada atau perut bagian atas, kesulitan menelan atau disfagia, dan sensasi seperti gumpalan di tenggorokan.  

Gejala yang ditimbulkan oleh GERD yang membuat penderitanya merasa tidak nyaman bisa coba diatasi dengan pengonsumsian obat-obatan, serta dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Selain itu, hindari juga kebiasaan yang jadi penyebab kenapa GERD bisa kambuh, seperti merokok, makan dalam jumlah besar, mengonsumsi alkohol dan kopi, dan lainnya.  

 

Bentuk Self Care untuk Cegah Kambuhnya GERD 

Kunci untuk mencegah kambuhnya GERD atau penyakit asam lambung berada di tangan penderitanya. Penderita GERD bisa melakukan self care atau merawat diri sendiri, guna mencegah munculnya kembali gejala GERD yang membuat dirinya tidak nyaman. Bagi kamu yang menderita GERD, berikut beberapa bentuk self care yang direkomendasikan untuk dilakukan.  

1. Hindari Makanan Pemicu Gejala GERD

Sebagai penderita GERD, kamu harus tahu bahwa ada makanan dan minuman tertentu yang bisa memicu timbulnya gejala GERD. Maka dari itu, jika ingin mencegah munculnya gejala itu kembali, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan tidak mengonsumsi makanan dan minuman pemicu gejalanya tersebut. 

Adapun makanan dan minuman yang bisa memicu kambuhnya gejala GERD tersebut seperti minuman beralkohol, makanan mengandung asam seperti jeruk dan tomat, kopi, makanan pedas, makanan berlemak, dan gorengan. Mulailah kebiasaan menghindari makanan dan minuman pemicu GERD tersebut dengan perlahan, agar gaya hidup yang lebih sehat bisa diwujudkan.  

2. Konsumsi Makanan dalam Porsi Kecil 

Penderita GERD direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan dalam porsi yang kecil. Jika seseorang mengonsumsi makanan dalam porsi besar, maka akan butuh waktu lama untuk mengosongkan lambung. Lamanya waktu tersebut memicu lebih besarnya tekanan pada sfingter atau otot pengunci esofagus bagian bawah, serta bisa memicu timbulnya gejala GERD. 

Alih-alih mengonsumsi makanan dengan porsi besar, kamu bisa mengonsumsi makanan dalam porsi kecil dengan frekuensi yang lebih banyak. Dengan begini, asupan makanan yang kamu terima tetap sama dengan porsi makanan yang besar, namun tidak akan ada tekanan yang berat yang dibebankan pada sfingter esofagus. 

3. Makan dengan Rileks

Tahukah kamu kalau makan dalam kondisi stres atau tergesa-gesa bisa memicu munculnya gejala GERD? Maka dari itu, upayakan mulai dari sekarang untuk makan dalam kondisi yang rileks alias bertenang. Selain bisa membuatmu lebih menikmati makanan yang disantap, makan dengan santai juga akan mencegah menegangnya otot yang bisa memicu gejala GERD. 

4. Duduk Tegak Setelah Makan 

Kamu bisa cegah kambuhnya GERD dengan duduk tegak dan lurus setelah makanan. Mengingat gravitasi bisa mengontrol refluks, maka posisi tubuh duduk yang tegak selama beberapa jam setelah makan akan bisa mencegah munculnya sensasi terbakar di ulu hati atau heartburn. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa tidur atau berbaring setelah makan tidak dianjurkan.  

5. Hindari Aktivitas Tertentu Setelah Makan

Agar GERD tidak kambuh, kamu juga dianjurkan untuk menghindari aktivitas fisik setelah makan. Alasan dibalik anjuran ini adalah untuk menghindari kontraksi pada otot perut akibat aktivitas fisik tersebut. Kontraksi perut ini sendiri bisa memaksa makanan kembali ke esofagus dan memicu munculnya sensasi terbakar di ulu hati. 

6. Berhenti Merokok 

Cara mencegah GERD kambuh selanjutnya adalah dengan berhenti merokok. Berdasarkan penelitian, ditemukan kalau ada hubungan antara merokok dengan gejala GERD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gejala GERD mereda secara signifikan pada penderita GERD yang berhenti merokok. Oleh sebab itu, sangat direkomendasikan bagi penderita GERD untuk berhenti merokok.  

7. Hindari Memakai Pakaian yang Ketat 

Jika kamu menderita GERD, biasakan dari sekarang untuk menghindari memakai pakaian yang ketat. Pakaian yang ketat akan menimbulkan tekanan yang lebih tinggi pada perut, sehingga dengan menghindarinya perut akan terasa lebih lega. Pakaian yang longgar bisa menjadi pilihan bagi kamu yang menderita GERD. 

8. Hindari Olahraga yang Memberikan Tekanan pada Perut 

Self care untuk menghindari kambuhnya GERD juga bisa dilakukan dengan menghindari olahraga yang berpotensi untuk meningkatkan tekanan pada perut. Adapun olahraga yang bisa menimbulkan tekanan pada perut tersebut seperti sit up, leg lift, dan crunch perut. Pilih alternatif olahraga lain yang bisa meminimalisir tekanan pada perutmu. 

Gejala yang ditimbulkan oleh GERD atau penyakit asam lambung bisa memicu rasa tidak nyaman bagi para penderitanya. Agar gejalanya tersebut bisa mereda dan juga meminimalisir kambuhnya kembali gejala tersebut, kamu bisa ikuti beberapa bentuk self care bagi penderita GERD yang dibagikan di atas. 

 

Tracking Pentingnya Self Care bagi Penderita GERD, Simak Caranya di Artikel Ini!
Bagikan
suka artikel ini :