Selagi muda banyak-banyaklah menabung dan mempersiapkan dana pensiun. Mungkin banyak yang sudah menyadarinya namun ternyata tidak mudah untuk dipraktikkan. Masih banyak yang menunda dan memilih menggunakan uangnya hanya untuk memenuhi kebutuhan saat ini.

 

Fungsi Persiapan Dana Masa Pensiun

Ada banyak anak muda yang masih belum mempersiapkan uang pensiun karena mungkin tidak sadar apa fungsinya. Jadi masih seolah-olah menganggap hal tersebut sebagai urusan sepele. Berikut ini beberapa fungsi persiapan uang pensiun yang perlu kamu ketahui.

1. Memberi Kebebasan Finansial di Masa Tua

Dana yang kamu kumpulkan untuk masa pensiun nanti akan memberikan kebebasan finansial di masa tua. Saat ini kamu mungkin sudah merasakan kebebasan finansial, namun apakah hal tersebut juga berlaku di masa tua nanti? Apakah sudah ada jaminan kalau di masa tua nanti kamu akan merasakan kebebasan finansial seperti yang kamu dapatkan saat ini? 

Uang pensiun nanti bisa kamu andalkan untuk merasakan kebebasan finansial di masa tua. Semakin banyak kamu mengumpulkannya di masa produktif maka akan semakin besar juga peluang untuk merasa bebas secara finansial. 

2. Memenuhi Kebutuhan Hidup setelah Pensiun

Tentu saja fungsi utama dari uang pensiun ini adalah untuk memenuhi kebutuhan hidupmu kalau nanti sudah saatnya berhenti bekerja dan tidak produktif. Meskipun sudah tidak produktif, namun kebutuhan hidup akan terus ada bahkan bisa jadi bertambah banyak dan mahal. Bahaya kalau kamu tidak mempersiapkan dan menabung sejak dini, bisa jadi di masa tua kamu akan mengalami masa-masa sulit. 

3. Mencukupi Kebutuhan Dana untuk Kesehatan

Salah satu masalah yang bisa muncul saat hari tua tiba adalah gangguan kesehatan atau penyakit. Bisa saja suatu hari kondisi kesehatanmu menurun dan butuh pelayanan kesehatan. Jika kamu sudah mempersiapkan uang pensiun maka fasilitas kesehatan bisa kamu akses dengan mudah dan tidak perlu bingung masalah biaya. 

4. Memberi Kesempatan Beristirahat di Masa Tua

Fungsi lain dari uang pensiun ini adalah untuk memberikan kamu waktu istirahat di masa tua. Jadi kamu tidak perlu lagi menguras waktu dan tenaga agar bisa bekerja menghasilkan uang. Setelah bekerja keras di masa muda, kamu bisa punya waktu istirahat di masa tua. Ini akan memberikan kamu kebahagiaan dan kedamaian karena bisa punya waktu lebih untuk bersantai. 

 

Manfaat Memiliki Uang Pensiun Sejak Dini

Bukankah dana pensiun bisa kita pikirkan nanti-nanti saja? Sepertinya banyak yang masih berpikir seperti ini. Padahal ada banyak manfaat jika kamu sudah memiliki uang pensiun sejak dini. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa dirasakan.

1. Bisa Lebih Tenang

Pertama-tama, kamu sudah pasti akan lebih tenang kalau sudah mengumpulkan uang pensiun sejak dini. Rasanya pasti jauh lebih lega karena kamu setidaknya sudah memiliki pegangan untuk digunakan sebagai bekal hidup di masa tua nanti. Semakin banyak nilai tabungan untuk masa tua nanti, maka kamu akan merasa semakin tenang. 

2. Lebih Fokus Mencapai Target Lain

Jika kamu sudah mempersiapkan diri untuk masa pensiun, maka kamu bisa lebih fokus mencapai target lain. Setiap orang pasti punya target finansial yang berbeda-beda. Selain itu target finansial ini pasti sangat beragam dan sulit jika dicapai bersamaan. Kamu bisa mencapainya satu per satu dan akan lebih mudah jika kamu sudah menyisihkan uang pensiun terlebih dahulu. 

3. Bisa Mulai Menyusun Rencana di Masa Tua

Setelah mempersiapkan uang pensiun sejak dini, maka kamu bisa mulai menyusun rencana di masa tua nanti. Setiap orang pasti punya rencana masa depan dan dalam menyusun rencana tersebut kamu pasti membutuhkan persiapan biaya. Kalau sudah ada dananya, maka akan lebih mudah untuk menyusun rencana apapun sesuka hatimu. 

4. Lebih Mudah untuk Mempersiapkan Dana Hiburan

Sebagai manusia biasa, kita pasti butuh uang untuk memenuhi kebutuhan pokok. Tapi lebih dari itu akan lebih baik lagi jika kamu juga punya dana untuk keperluan hiburan. Jika kamu sudah mempersiapkan dana pensiun sejak dini, maka akan lebih mudah untuk mempersiapkan dana hiburan tadi. Kamu bisa merencanakan liburan setelah pensiun atau menekuni hobi yang membuat kamu senang. 

 

Tips Persiapan Uang Pensiun Sejak Dini

Lalu apa saja yang bisa dilakukan agar bisa mempersiapkan uang pensiun sejak dini? Manajemen uang yang bagus adalah kuncinya. Pastikan kamu mengelola dan menggunakan uang dengan bijak. Buatlah rencana anggaran bulanan secara rinci dan pastikan kamu memiliki alokasi dana khusus untuk setiap tujuan finansialmu.

Uang pensiun tidak akan bisa terkumpul kalau kamu tidak menyediakan alokasi khusus. Jadi kamu bisa menghitung, dari total penghasilan yang kamu miliki ada berapa persen yang bisa masuk ke alokasi uang pensiun. Buat target juga berapa banyak uang pensiun yang ingin kamu kumpulkan dan butuh berapa lama agar bisa tercapai sesuai target. 

Asuransi juga bisa kamu jadikan salah satu metode untuk menjaga kestabilan finansial. Asuransi bisa memberikan kamu rasa aman dan perlindungan. Namun jangan lupa, pastikan untuk memilih asuransi yang tepat agar persiapan dana pensiun bisa berjalan dengan lancar. 

Bagikan
suka artikel ini :