Penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Jenis penyakit yang satu ini sangat berbahaya dan bisa terjadi kepada siapa saja. Mari cari tahu apa sebenarnya penyakit jantung itu dan bagaimana cara efektif untuk mencegah serta mengobatinya.

Apa Itu Penyakit Jantung dan Mengapa Bisa Membunuh?

Penyakit jantung merupakan kondisi dimana ada gangguan pada bagian-bagian jantung. Bagian yang dimaksud adalah pembuluh darah, otot jantung, selaput jantung, serta katup jantung. Gangguan ini kemudian bisa menyebabkan hambatan peredaran darah karena jantung itu sendiri adalah organ yang berfungsi memompa darah ke seluruh organ tubuh.

Sampai saat ini, penyakit jantung dikenal sebagai penyebab kematian paling banyak di dunia. Penyakit jantung bisa disebut sebagai salah satu pembunuh yang cukup mengerikan dan wajib kita waspadai. Jantung adalah pusat kehidupan manusia dan kerja jantung adalah sumber kehidupan bagi tubuh manusia.

Saat terjadi gangguan, maka organ-organ di dalam tubuh bisa ikut terganggu. Pasokan darah jadi terganggu dan akhirnya terjadi kematian. Bahayanya lagi, penyakit jantung bisa terjadi tiba-tiba dan membunuh secara perlahan.

Baca Juga: Kenali Gejala Tipes dengan Cara Berikut

Mengapa Beberapa Orang Berisiko Lebih Tinggi Terkena Penyakit Jantung?

Setiap orang memiliki risiko terkena penyakit jantung. Namun ada kelompok orang tertentu yang punya risiko lebih tinggi. Berikut adalah kelompok orang yang punya risiko lebih besar terserang penyakit jantung.

  • Orang yang merokok secara aktif.
  • Penderita obesitas atau berat badan berlebih.
  • Penderita hipertensi yang tidak terkontrol.
  • Orang dengan kondisi penyakit kronis lain seperti diabetes.
  • Orang yang terbiasa mengonsumsi alkohol.
  • Penderita kolesterol tinggi.
  • Penderita gangguan kesehatan mental atau stres.

Dari sini kamu bisa lihat apakah kamu masuk kelompok orang dengan risiko penyakit jantung lebih tinggi atau tidak. Jika iya, maka kamu wajib waspada dan harus berhati-hati menjaga kesehatan.

Gaya Hidup Sehat untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Pada dasarnya penyakit jantung bisa kamu cegah dengan penerapan gaya hidup yang sehat. Dokter pun menyarankan kita semua untuk selalu membiasakan diri hidup sehat demi terhindar dari berbagai penyakit. Berikut adalah gaya hidup sehat yang bisa bantu cegah penyakit jantung.

1. Biasakan Makan Sehat

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah membiasakan makan makanan sehat. Pola makan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuhmu, termasuk kesehatan jantung. Pastikan kamu selalu mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan yang mengandung gula, garam, maupun lemak tinggi. Perbanyak konsumsi sayur dan buah serta perhitungkan asupan gizi lengkap.

2. Rutin Berolahraga

Semakin aktif bergerak maka akan semakin bagus bagi tubuhmu. Usahakan untuk rutin berolahraga setiap hari paling tidak selama 30 menit. Kamu bisa memilih aktivitas olahraga yang menyenangkan. Jalani aktivitas ini sebagai sebuah hobi sehingga kamu tidak akan merasa berat untuk melakukannya setiap hari.

3. Berhenti Merokok dan Konsumsi Alkohol

Orang yang terbiasa merokok dan mengonsumsi alkohol bisa punya risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung. Oleh sebab itu, usahakan kamu berhenti merokok dan tidak mengonsumsi alkohol lagi. Dua kebiasaan buruk ini harus segera dihentikan demi tubuh dan jantung yang lebih sehat.

4. Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Obesitas akan membuat tubuhmu lebih rentan terserang penyakit jantung. Pahami berapa berat badan idealmu dan pertahankan di posisi tersebut. Menjaga berat badan ideal bisa kamu lakukan dengan berbagai cara. Mulai dari menjaga pola makan, olahraga rutin, istirahat yang cukup, dan hindari stres.

5. Lakukan Pemeriksaan Rutin

Sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan rutin karena penyakit jantung ini bisa muncul kapan saja tanpa gejala yang jelas. Melalui pemeriksaan rutin, kamu bisa tahu bagaimana kondisi jantungmu. Selain itu kamu juga bisa langsung berkonsultasi dengan dokter mengenai cara terbaik untuk menjaga jantung agar selalu sehat.

Baca Juga: Tips Melakukan dan Menghitung Defisit Kalori

Pengobatan Penyakit Jantung

Perlu diketahui bahwa pengobatan atau penanganan penyakit jantung akan dilakukan sesuai jenisnya. Dokter akan melakukan pemeriksaan lengkap terlebih dahulu untuk mengetahui jenis gangguan jantung yang kamu alami. Selain itu dokter juga akan menilai seberapa parah gangguan jantung yang terjadi.

Dari sini, dokter akan menentukan langkah pengobatan dan perawatan seperti apa yang bisa dilakukan. Biasanya dokter akan menyarankan perubahan pola hidup. Ini merupakan hal utama yang harus dilakukan demi memelihara kesehatan jantung. Setelah itu dokter akan memberi resep obat dan menyarankan tindakan operasi jika memang diperlukan.

Penanganan penyakit jantung memang cukup kompleks. Ada banyak opsi yang mungkin akan dilakukan dokter tergantung kondisi jantung. Ikuti saja apa saran dokter dan pastikan kamu menjaga pola hidup tetap sehat karena ini sangat membantu selama proses pengobatan.

Apa Saja Makanan yang Dapat Membantu Menjaga Kesehatan Jantung dan Mencegah Penyakit Jantung?

Pola makan merupakan faktor penting yang akan berpengaruh pada kondisi kesehatan jantung. Ada beberapa jenis makanan yang ternyata sangat disarankan untuk dikonsumsi demi memelihara kesehatan jantung dan mencegah penyakit jantung. Salah satunya ada sayuran hijau yang kaya vitamin C, kalsium, kalium, asam folat, serta serat yang bisa membantu jantung bekerja dengan normal.

Selain itu kamu juga disarankan untuk makan ikan salmon atau ikan tuna yang kaya omega 3. Omega 3 diketahui bisa mengurangi tekanan darah dan menormalkan detak jantung. Oatmeal juga bisa kamu konsumsi secara rutin karena bisa membantu membatasi kolesterol dalam tubuh.

Buah-buahan juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin. Ada buah alpukat dan aneka buah beri yang bagus untuk jantung. Apel dan anggur juga bisa kamu jadikan pilihan karena diketahui punya manfaat bagus bagi kesehatan jantung.

Menjaga kesehatan jantung adalah kewajiban kita semua. Pastikan kamu berusaha seoptimal mungkin untuk hidup sehat demi jantung normal dan terhindar dari penyakit. Jangan lupa, persiapkan juga dirimu dengan produk asuransi kesehatan terbaik dari Generali yang dapat memberikan perlindungan kesehatan maksimal.

Tracking Inilah Cara Efektif Mencegah dan Mengobati Penyakit Jantung!
Bagikan
suka artikel ini :