Dibandingkan dengan beberapa bulan yang lalu, tren Covid-19 memang sudah jauh menurun. Penurunan tren Covid-19 ini pun salah satunya ditandai dengan perubahan kebijakan PPKM yang sebelumnya begitu ketat, menjadi lebih longgar pada saat sekarang ini. Lantas, haruskah protokol kesehatan tetap diterapkan saat tren Covid-19 ini sudah mulai menurun seperti sekarang? 

Protokol Kesehatan Masih Tetap Harus Diterapkan 

Meskipun saat ini kasus Covid-19 sudah menurun dan aktivitas masyarakat mulai berangsur pulih, protokol kesehatan masih tetap harus diterapkan. Anjuran untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ini disampaikan sendiri oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-58 pada tanggal 12 November 2022 lalu. 

Meskipun kini situasi Covid-19 sudah terkendali, masyarakat tetap diminta untuk waspada dan menerapkan protokol kesehatan seperti sebelumnya. Pasalnya, penularan virus yang masih terus meluas, menyebabkan munculnya berbagai mutasi virus Covid-19, yang mana pergerakan virus hasil mutasi tersebut belum bisa diprediksi. 

Jika protokol kesehatan diabaikan karena menganggap tren Covid-19 sudah menurun, maka ada potensi terjadi kenaikan kasus Covid-19 kembali. Oleh sebab itu, selain dengan tetap menerapkan protokol kesehatan menuju transisi dari pandemic ke endemic Covid-19, masyarakat juga dihimbau untuk melakukan vaksinasi dosis lengkap beserta dengan booster.      

Tips Menjaga Diri Saat Tren Covid-19 Turun dan Pelonggaran PPKM 

Turunnya tren Covid-19 dan pelonggaran PPKM, memang membuat banyak orang abai untuk menerapkan protokol kesehatan. Namun, jangan sampai hal tersebut juga kamu lakukan. Tetaplah jaga kesehatan dan proteksi diri agar tubuh bisa tetap sehat dalam kondisi transisi dari pandemi menjadi endemi ini. Simak berikut ini tips untuk melakukannya. 

1. Tetap Jalankan Protokol Kesehatan 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tetaplah berpegang teguh untuk menerapkan protokol kesehatan, meskipun tren Covid-19 sudah menurun. Tetaplah memakai masker, terutama jika kamu beraktivitas di keramaian, cuci tangan dengan sabun, jaga jarak, hindari kerumunan, dan juga tetap batasi mobilitas. 

2. Lengkapi Vaksin Covid-19 

Ancaman Covid-19 masih ada, apalagi sekarang sudah muncul pula mutasi baru dari virus tersebut. Salah satu cara untuk melindungi kesehatan diri pada saat situasi ini adalah dengan melengkapi vaksin Covid-19. Pastikan kamu sudah menerima 2 dosis vaksin Covid-19, ditambah dengan vaksin booster

3. Konsumsi Makanan yang Bernutrisi dan Bergizi 

Asupan nutrisi dan gizi yang cukup akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, sekaligus membuat daya tahan tubuh meningkat. Dengan begini, maka kamu gak akan mudah jatuh sakit. Kamu bisa ikuti pola makan 4 sehat 5 sempurna untuk membantu mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi tubuh. Jangan lupa, perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan segar, karena kaya akan vitamin. 

4. Perbanyak Minum Air Putih 

Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan membuatnya terasa segar. Maka dari itu, pastikan kamu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan memperbanyak minum air putih. Banyaknya air putih yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh orang dewasa setiap harinya adalah sebanyak 2 liter. Kamu juga bisa tambah asupan cairan tubuh dengan mengonsumsi buah yang kaya akan air. 

Jika tubuh mengalami dehidrasi alias kekurangan cairan, maka tubuh akan terasa lemas dan gak berenergi. Pada saat inilah, kesehatan tubuh pun bisa mengalami penurunan. Kalau tubuh sudah gak lagi sehat, maka virus atau bakteri akan mudah untuk menginfeksi, termasuk virus Covid-19. Kamu tentu gak mau lagi kan merasakan sakitnya infeksi virus Covid-19 ini?  

5. Olahraga Secara Rutin 

Selain dengan mengonsumsi makanan yang bergizi dan minum air putih yang cukup, kesehatan tubuh juga bisa dijaga dengan berolahraga secara rutin. Kamu bisa lakukan olahraga ringan secara rutin setiap harinya, misalnya dengan jalan kaki, jogging, bersepeda, atau bahkan dengan naik turun tangga di tempatmu bekerja. 

Olahraga gak hanya akan menyehatkan tubuh, namun juga membuat tubuhmu menjadi terasa lebih segar dan bugar. Jangan sampai nanti karena menganggap berat badanmu sudah ideal, kamu merasa gak perlu lagi melakukan olahraga. Padahal, olahraga ini dianjurkan bahkan untuk yang berat badannya sudah ideal sekali pun. 

6. Cukupi Waktu Tidur 

Begadang akan bisa memicu tubuh menjadi gak bersemangat keesokan harinya, serta menjaga daya tahan tubuh agar bisa tetap fit. Kamu mungkin pernah mengalami sebelumnya, saat tubuh terasa rentan sakit karena kebiasaan begadang yang sering kamu lakukan. Maka dari itu, hilangkan kebiasaan ini mulai dari sekarang, lalu pastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup. 

Bagi orang dewasa, waktu tidur di malam hari yang direkomendasikan adalah selama 7 hingga 8 jam. Jika kamu memiliki waktu tidur yang cukup, maka tubuh akan terasa segar, bugar, dan berenergi saat bangun tidur nanti. Jauhkan benda-benda yang berkemungkinan mendistraksimu saat akan tidur, agar tidurmu jadi lebih nyenyak. 

7. Proteksi Diri dengan Asuransi Kesehatan 

Terakhir, jangan lupa proteksi diri dengan menggunakan asuransi kesehatan. Dengan adanya asuransi kesehatan, kamu akan memperoleh kemudahan dalam mengakses layanan kesehatan, khususnya saat transisi dari pandemi menjadi endemi ini. Asuransi kesehatan akan menjamin biaya pengobatan, sehingga kamu juga gak perlu memusingkan hal tersebut jika misalnya nanti jatuh sakit. 

Meskipun tren Covid-19 sudah mengalami penurunan, kamu tetap harus menerapkan protokol kesehatan agar kesehatan tubuhmu bisa terjaga dengan baik. Jangan sampai ikut-ikutan mengabaikan protokol kesehatan, karena bisa meningkatkan risiko terserang penyakit. Tak lupa, sempurnakan proteksi atas diri dengan memiliki asuransi kesehatan bagi keluarga.

Bagikan
suka artikel ini :