Ada banyak sumber untuk kamu bisa belajar tentang kesehatan mental, salah satunya adalah dari film. Meningkatnya kesadaran akan pentingnya kesehatan mental, membuat banyak sineas perfilman yang mengangkat isu ini di film besutannya. Film yang bertemakan kesehatan mental ini pun tidak hanya berasal dari luar negeri, melainkan juga film buatan bangsa sendiri. 

Dengan menonton film bertemakan kesehatan mental tersebut, kamu bisa tahu bagaimana pentingnya kesehatan mental, serta bagaimana kondisi kesehatan mental bisa begitu memengaruhi kehidupan seseorang. Bagi kamu yang penasaran, yuk intip 6 rekomendasi film tentang kesehatan mental berikut ini. 

1. Kukira Kau Rumah 

Kukira Kau Rumah bisa dibilang sebagai salah satu film bertemakan kesehatan mental yang populer di kalangan penikmat film tanah air. Film yang rilis tahun 2022 lalu ini dibintangi oleh Prilly Latuconsina dan Jourdy Pranata. Film ini secara garis besar bercerita tentang sosok Niskala yang diperankan oleh Prilly Latuconsina, seorang gadis penderita gangguan bipolar. 

Niskala yang didiagnosis menderita penyakit bipolar sejak remaja, membuatnya tidak bisa menjalankan kehidupan normal sebagaimana gadis seusianya. Ayahnya yang protektif membatasi setiap aktivitasnya. Hingga akhirnya suatu hari Niskala memutuskan untuk diam-diam kuliah, lalu bertemu dengan sosok Pram yang diperankan oleh Jourdy Pranata. 

2. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini 

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini merupakan film bertemakan kesehatan mental yang disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko. Film yang dirilis pada tahun 2019 lalu ini, menceritakan tentang kehidupan 3 orang kakak beradik yang punya masalah hidupnya masing-masing. Adapun pemeran utama film ini adalah Rachel Amanda, Sheila Dara, dan Rio Dewanto. 

Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini atau lebih populer dengan singkatan NKCTHI ini mengangkat isu soal trauma dalam keluarga, yang kemudian memengaruhi masing-masing anggota keluarga tersebut. Keluarga yang dari luar terkesan hangat, padahal di dirinya masing-masing ada trauma mendalam yang masih membekas hingga sekarang.    

NKCTHI sejatinya menjadi cerminan dari realitas yang saat ini banyak terjadi dalam keluarga di Indonesia. Bagaimana isu dan trauma di masa lalu lebih dipilih untuk dipendam daripada diobati dengan tepat, hanya untuk terlihat baik di tengah masyarakat. Namun, tanpa disadari, trauma tersebut membentuk karakter tersembunyi yang malah menyakiti diri para anggota keluarga.  

3. Kim Ji Young Born 1982 

Rekomendasi film tentang kesehatan mental selanjutnya adalah film produksi Negeri Ginseng, yakni Kim Ji Young Born 1982. Film rilisan tahun 2019 yang mengusung Gong Yoo dan Jung Yumi sebagai pemeran utamanya ini, mengangkat cerita bagaimana efek sistem patriarki pada kesehatan mental para wanita di Korea Selatan sana. 

Kim Ji Young yang diperankan oleh Jung Yumi merupakan seorang wanita karier pada awal mulanya, kemudian memutuskan untuk berhenti bekerja setelah melahirkan anaknya. Sejak saat itulah perubahan terjadi dalam dirinya. Tuntutan sebagai seorang wanita yang sudah menikah di tengah kultur patriarki, membuat Kim Ji Young kehilangan identitasnya sebagai dirinya sendiri. 

4. 27 Steps of May 

27 Steps of May merupakan rilisan tahun 2019 yang mengangkat tema trauma dan gangguan kesehatan mental yang dialami oleh seorang penyintas kekerasan seksual bernama May, yang diperankan oleh Raihaanun. Kekerasan seksual yang diterima oleh May pada saat dirinya masih duduk di bangku SMP, membuatnya melanjutkan hidup dengan trauma yang tak kunjung usai. 

Tidak hanya kesehatan mental May yang hancur lebur karena peristiwa tersebut, melainkan juga orang terdekatnya. Sang Ayah menjalani hidup dengan perasaan bersalah sepanjang waktu, serta terus-menerus menyalahkan dirinya sendiri atas peristiwa tersebut. 27 Steps of May bisa dibilang mengangkat banyak jenis gangguan mental di alur ceritanya. 

5. Joker 

Film Joker yang rilis tahun 2019 merupakan film yang membuka mata banyak orang kalau dalam diri seorang villain, ada kesehatan mental yang terlebih dahulu hancur lebur. Film Hollywood populer yang dibintangi oleh Joaquin Rafael Phoenix ini menceritakan bagaimana gagalnya kehidupan sosial si comedian Arthur Fleck, yang akhirnya membuatnya menjadi villain dalam sosok Joker.   

Intimidasi dan isolasi yang diterima oleh Arthur Fleck dari orang-orang di sekitarnya, mencederai kesehatan mentalnya. Salah satu bentuk terganggunya kesehatan mental Fleck adalah kebiasaannya tertawa yang tidak terkendali dan tidak di waktu yang tepat. Padahal, dibalik tawanya tersebut ada perasaan yang sifatnya kebalikan dari hal tersebut.   

6. The Last Melody 

The Last Melody merupakan film yang dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Helen Gumanti, yang berperan sebagai pasangan suami istri di film ini. Film yang dirilis pada tahun 2021 lalu ini, mengangkat cerita tentang hubungan suami istri yang tidak sehat atau toxic relationship. Tema yang faktanya kerap terjadi dalam hubungan suami istri di luar sana.   

Hubungan rumah tangga yang seharusnya manis dan harmonis, malah berubah menjadi hal yang menakutkan bagi sang istri. Suami yang alih-alih memberikan kasih sayang, malah menjadi sosok antagonis yang ingin menguasai sang istri. Akibatnya, kesehatan mental sang istri pun jadi terganggu, karena intimidasi, ancaman, dan manipulasi yang diperoleh dari sang suami. 

Itulah tadi 6 rekomendasi film kesehatan mental yang bisa kamu tonton untuk membuatmu sadar akan pentingnya kesehatan mental. Terlihat baik di luar, bukan berarti seseorang itu baik-baik saja di dalamnya. Kamu bisa ajak orang terdekatmu untuk menonton bersama, agar sama-sama tahu cara untuk bisa healing dari trauma dan memelihara kesehatan mental bersama-sama.

Bagikan
suka artikel ini :