Menu makan-makan Imlek yang sehat, lezat dan bergizi

Healthy Lifestyle 27 September 2018

Setiap hari, jutaan ibu di Indonesia dihadapkan pada satu masalah yang sama: bagaimana memenuhi asupan gizi seluruh keluarga. Persiapan untuk memasak dalam jumlah besar untuk disantap seluruh keluarga, baik itu untuk makan pagi, siang dan malam, bisa jadi terasa begitu merepotkan, dengan segala kegiatan memasak yang makan waktu - selain itu, anggaran belanja pun bisa dengan cepat membengkak.

Kami punya tips bagaimana menyiapkan masakan sehari-hari untuk seluruh keluarga, yang selain mudah, tak makan banyak waktu, sehat, lezat bergizi dan juga tidak membuat anggaran belanja lantas jadi membengkak!

Bahan utama dengan harga terjangkau

Pilihlah bahan makanan yang harganya ramah di kantong, namun dapat diolah sedemikian rupa agar rasanya tetap pas di mulut. Misalkan dengan menggunakan bahan pokok yang praktis, seperti nasi yang dapat dipersiapkan malam sebelumnya dengan cukup mudah menggunakan penanak nasi otomatis, dan dapat disantap saat sarapan, makan siang maupun makan malam.

Nasi goreng dengan telur mata sapi bisa jadi pilihan praktis di pagi hari yang cukup bergizi - tambahkan irisan tomat dan ketimun untuk pelengkap. Untuk siang dan malam hari, nasi putih dapat selalu dipadu-padankan dengan lauk apapun.

Contoh lain penggunaan bahan makanan yang harganya bersahabat adalah sajian khas Nusantara, yaitu rendang atau semur daging sapi - gunakan bagian-bagian daging sapi lokal yang lebih murah seperti sandun

Saatnya Imlek alias Tahun Baru Tionghoa, para ibu, nenek dan keluarga di Indonesia dihadapkan pada satu masalah yang sama: apa saja menu santap bersama saat Imlek yang sehat, lezat dan bergizi. Persiapan untuk memasak dalam jumlah besar untuk disantap seluruh keluarga, apalagi untuk hari spesial Tahun Baru Cina, bisa jadi terasa begitu merepotkan, dengan segala kegiatan memasak yang makan waktu - selain itu, anggaran belanja pun bisa dengan cepat membengkak.

Kami punya tips bagaimana menyiapkan menu santap Imlek untuk seluruh keluarga, yang selain mudah, tak makan banyak waktu, sehat, lezat bergizi dan juga tidak membuat anggaran belanja lantas jadi membengkak!

Bahan utama dengan harga terjangkau

Pilihlah bahan makanan yang harganya ramah di kantong, namun dapat diolah sedemikian rupa agar rasanya tetap pas di mulut. Gunakan bahan pokok yang praktis, seperti nasi goreng ala resto Cina yang dapat dipersiapkan malam sebelumnya dengan cukup mudah, dan tinggal dihangatkan sebelum bersantap.

Untuk lauk, sapi lada hitam merupakan salah satu sajian ala Cina yang mudah dibuat - gunakan bagian-bagian daging sapi lokal yang lebih murah seperti sandung lamur atau sengkel alih-alih menggunakan bagian lebih mahal seperti sirloin dan has dalam dari sapi impor. Karena proses memasak sapi lada hitam yang cukup lama, daging yang awalnya lebih keras pun dapat menjadi empuk dan lumer di mulut.

Memasak dalam satu panci

Supaya lebih praktis dan tidak perlu mencuci terlalu banyak piring dan peralatan masak, kamu bisa mencari resep masakan yang hanya membutuhkan satu panci saja, praktis dan langsung dapat disajikan di atas meja. Contohnya, sop ikan patin ala resto Chinese atau mie panjang umur yang lezat. Bahan-bahannya mudah didapat, penuh gizi, dan memasaknya pun tidak ribet.

Lengkapi dengan jeruk, kue keranjang dan kue lapis

Imlek tentu kurang lengkap dengan sajian jeruk Mandarin, kue keranjang dan kue lapis legit yang khas perayaan ini. Bila tak ingin ribet, membeli kue keranjang dan kue lapis dari toko kue terdekat merupakan solusi - kamu tinggal masak hidangan utama, sedangkan tiga jenis makanan penutup ini pun sudah siap disantap ketika sudah selesai makan besar!

Jangan memasak berlebihan

Yang terakhir, selalu ingat bahwa biasanya sanak saudara juga datang dengan membawa berbagai makanan saat Imlek. Tak perlu memasak berlebihan, sehingga tidak ada makanan yang terbuang (membuang makanan pamali, apalagi saat perayaan Imlek!).

Selamat merayakan Imlek bersama seluruh keluarga besar!

 

Bahagiakan keluargamu, jaga agar orang-orang tersayang selalu dalam keadaan sehat dengan mengikuti saran-saran expert kami seputar gaya hidup sehat. Mulai dari resep-resep sarapan sehat hingga cara untuk dapat tidur lebih nyenyak, semua ada disini!

Lupakan minuman manis penuh gula! 9 trik agar anak banyak minum air putih

Cara mudah lebih sehat dengan nutrisi super setiap hari