Hindari kecelakaan saat merakit mebel di rumah

Healthy Protection 09 Maret 2019

Sekarang ini, banyak orang memilih untuk membeli dari gerai mebel yang menjual mebel belum dirakit seperti Ikea atau Informa, atau melakukan pekerjaan perbaikan sendiri tanpa bantuan tukang. Saat merakit mebel sendiri atau melakukan pekerjaan perbaikan sendiri di rumah, penting untuk selalu berhati-hati agar kecelakaan tidak terjadi. Berikut ini beberapa tips supaya terhindar dari kecelakaan saat melakukan pekerjaan bertukang di rumah.

Pakai peralatan yang tepat

  • Gunakan topi atau helm pelindung dan sepatu bot berujung besi supaya tidak tertimpa sesuatu yang berat
  • Gunakan penyumpal telinga saat menangani pekerjaan yang menimbulkan suara bising
  • Saat mengelas, gunakan kacamata khusus
  • Selalu gunakan sarung tangan khusus supaya tangan tidak terluka
  • Bila mengecat dengan cat bahan kimia yang bisa membuat pusing, gunakan masker dan buka lebar-lebar jendela rumah

Gunakan alat pertukangan sesuai manual

Gunakan mesin dan alat pertukangan sesuai manual yang tercantum saat membeli. Selalu cek apakah alat-alat dalam kondisi baik sebelum menggunakannya. Jauhi api, minyak dan benda tajam saat menggunakan alat-alat mekanik pertukangan seperti bor, las atau alat pemasang baut.

Rapikan peralatan setelah digunakan

Sapu bersih lantai setelah selesai merakit barang untuk menghindari kaki terluka dari bekas-bekas kaca, baut, paku atau serpihan kayu yang tajam.

Simpan tangga di gudang

Simpan tangga di tempat yang tertutup jauh dari jangkauan anak-anak. Selalu lipat tangga dengan baik dan benar saat menyimpannya.

Tahu batas kemampuan

Selalu ketahui batas kemampuanmu. Bila kamu tak yakin bisa kerjakan sesuatu, sebaiknya panggil jasa tukang profesional yang bisa mengerjakan perbaikan atau merakit mebel dengan baik.

Mulai dari kerajinan tangan sampai dengan resep-resep masakan yang mudah dan lezat, temukan segala hal penting untuk hidup kreatif dan bahagia disini:

Praktis & hemat: tips renovasi rumah sendiri

Tips rumah yang aman bagi bayi dan balita