Maksimalkan produktivitas di kantor dengan rutinitas harian efektif ini!

Healthy Wealth Minggu, 22 September 2019
Rutinitas efektif untuk maksimalkan produktivitas

Mengoptimalkan produktivitas di kantor merupakan salah satu topik pembahasan yang sedang marak dibicarakan saat ini, baik oleh pemilik perusahaan maupun karyawan. Riset membuktikan bahwa yang terpenting sebetulnya BAGAIMANA cara kamu bekerja, bukan BERAPA LAMA waktu yang dihabiskan untuk bekerja. Selain itu, produktivitas juga tidak semata-mata soal pekerjaan di kantor saja, banyak faktor lain yang bisa membuat kinerja semakin maksimal dan efisien: mulai dari waktu bangun pagi, sampai dengan bagaimana kita menata ruang kantor, semua ini bisa membuat perbedaan, lho!

Bagaimana kita bisa membawa perubahan yang dibutuhkan untuk membuat produktivitas di kantor jadi maksimal? Sebetulnya, banyak cara mudah yang bisa langsung kita terapkan mulai hari ini. Yuk, baca artikel ini selengkapnya supaya kamu bisa memaksimalkan aktivitasmu dan menyelesaikan semua pekerjaan dalam waktu lebih singkat

Jam 6 pagi

Tidur dalam waktu yang cukup, kurang lebih 7 sampai 9 jam setiap hari, sangat penting untuk memberimu energi untuk menghadapi seluruh kesibukan sepanjang hari. Usahakan untuk tidur tidak terlalu malam, jam 10 misalnya, di hari-hari kerja dan bangun pukul 6 pagi supaya kamu punya cukup waktu untuk mempersiapkan diri tanpa terburu-buru. 

Jam 6:30-7:30 pagi

Pastikan sarapanmu selalu sehat, dan usahakan untuk memasukkan 20 menit olahraga ringan ke dalam rutinitas pagimu seperti stretching, sebelum mandi dan bersiap-siap untuk bekerja. Secara klinis, ini terbukti mendorong produksi zat endorfin dan membuat metabolisme meningkat, sehingga semangat pagi pun semakin baik!

Jam 7:30 pagi

Berangkat lebih awal ke kantor supaya kamu punya cukup waktu, tidak tergesa-gesa dan stres karena takut terlambat untuk absen.

Jam 8:30 pagi

Saat sampai di kantor, pastikan meja kerja dan kubikel pribadimu sudah rapih dan siap untuk sehari penuh bekerja yang produktif. Pastikan tidak ada kertas yang tercecer, semua perlengkapan kerja tersusun rapih, termasuk arsip, catatan penting, daftar tugas, alat-alat tulis dan komputer semua ada pada tempatnya, AC kantor cukup sejuk tapi tidak kelewat dingin (awas masuk angin!) dan penerangan di meja cukup untuk bekerja dengan nyaman.

Jam 10 pagi

Buat perencanaan mendetail mengenai pekerjaan hari ini, mana yang harus diprioritaskan lebih dulu, dan tentukan langkah-langkah simpel yang bisa dikerjakan dalam tenggat waktu singkat kira-kira setengah jam. Setiap setengah jam, kamu bisa istirahat sebentar selama kurang lebih 5 menit. Gunakan aplikasi yang bisa diakses lewat ponsel maupun komputer seperti Google G Suite atau Taskworld.

Jam 11 pagi

Selama bekerja, matikan semua notifikasi di HP: termasuk medsos, chat Whatsapp dengan teman-teman (apalagi group chat yang bisa sangat mengganggu) - email atau pesan penting dari kantor biasanya masuk ke kotak pesan di komputer kerjamu, jadi tidak akan terlewatkan. Infokan soal bahwa kamu tidak akan membaca pesan apapun selama bekerja, ke keluarga dan orang-orang terdekat, sehingga mereka sudah paham bahwa saat kamu di kantor, kamu tidak akan membalas pesan apapun, kecuali saat waktu istirahat.

Jam 12: waktu makan siang!

Jangan lupa istirahat untuk makan siang yang cukup lama, satu jam penuh misalnya, dan gunakan waktu istirahat panjang ini untuk makan TIDAK di meja kerjamu tapi di tempat lain, sehingga kejenuhan bisa teratasi dan saat kembali ke meja kerja, kamu sudah siap bekerja lagi dengan semangat ekstra.

Hindari makan siang yang terlalu berkarbohidrat seperti nasi dan berlemak tinggi seperti gorengan, pilih menu yang lebih sehat dan berprotein seperti yang berkuah: bakso atau soto ayam, salad (gado-gado dan pecel juga termasuk salad tradisional dan merupakan pilihan lebih sehat, lho) dengan lauk ikan atau ayam bakar. Sebab, makan karbo dan lemak sekaligus saat makan siang, berpotensi membuat kamu ngantuk setelah makan - padahal, masih ada sisa hari kerja yang harus dihadapi, kan.

Jam 1 siang

Gunakan waktu 20-30 menit saat kembali ke meja kerja untuk berbicara sebentar dengan rekan kerja atau bos, update progres pekerjaan dan tentukan tugas yang harus diselesaikan setelahnya.

Jam 2 siang hingga jam 4 sore

Satu-dua jam setelah makan siang, antara jam 2 siang hingga jam 4 sore, merupakan waktu rawan ngantuk di kantor. Perangi kelesuan di siang menjelang sore hari dengan mendengarkan musik klasik, yang terbukti bisa menaikkan produktivitas dengan merangsang kinerja otak (yang disebut dengan "Efek Mozart"). Pilih lagu klasik dengan nada riang untuk meningkatkan semangat.  

Jam 5 sore

Selesaikan harimu dengan mengecek progres kerja, tugas mana saja yang sudah kamu selesaikan, dan buat catatan tentang apa saja yang harus diselesaikan besok dan mana yang mesti diprioritaskan. 

Jam 6 sore

Akhirnya waktu pulang kantor tiba! Biasakan untuk tidak pernah membawa pekerjaan yang tidak selesai ke rumah - kecuali, yang betul-betul urgent - dan gunakan waktu pulang kantor untuk hal yang kamu sukai: nge-gym, makan malam yang sehat dan bergizi, bertemu teman-teman untuk hangout atau langsung pulang dan beristirahat di rumah.

Jam 10 malam

Jangan tidur terlalu malam, dan singkirkan semua gadget dari dekatmu, supaya tidur malam lebih nyenyak dan kamu siap menyongsong hari esok yang semakin produktif!

 

Jadikan tahun ini tahun yang sukses di karirmu dengan segala tips penting kami untuk berkembang di kantor dan di pekerjaan:

Cara meningkatkan keberhasilan presentasi di kantor

Tips tetap produktif saat bekerja dari luar kantor

Kerja dari rumah: apa keuntungannya dan kenapa kamu harus mempertimbangkannya?

Tingkatkan produktivitas kerja dengan manajemen waktu di kantor yang efisien!

Metode efektif untuk selalu produktif di kantor: yuk, coba hari ini juga!