Automasi dan Profesi Masa Depan

Healthy Wealth 13 April 2019

Seiring dengan berkembangnya teknologi, ada kekhawatiran bahwa kecerdasan komputer dan semakin canggihnya kemampuan mesin untuk melakukan berbagai jenis pekerjaan akan menggantikan fungsi manusia sepenuhnya. Apa saja profesi masa depan, dan kemampuan apa yang harus kita pelajari supaya bisa meraih kesempatan baru dan tidak khawatir akan persaingan dengan robot?

Apa itu automasi

Automasi adalah implementasi teknologi kendali dalam produksi barang dan jasa yang mengambil alih pekerjaan yang biasa dilakukan oleh manusia. Contohnya, Amazon yang mengandalkan lebih dari seratus ribu tenaga robot untuk mengatur barang di gudang mereka.

Dua istilah yang lazim terkait dengan automasi adalah AI (Artificial Intelligence, dari bahasa Inggris yang berarti kecerdasan komputer), serta Machine Learning, dari bahasa Inggris yang berarti kemampuan robot untuk mempelajari sesuatu lewat kebiasaan manusia yang menggunakannya. Contoh termudah adalah Siri, si robot pintar yang ada di semua perangkat Apple, dan Cortana, kecerdasan komputer yang diciptakan oleh Microsoft. 

Apakah profesi manusia terancam?

Banyak yang khawatir mengenai ini. Dengan semakin cerdasnya komputer, apakah profesi manusia semakin terancam? Contohnya, dengan maraknya mobil otomatis yang bisa berjalan sendiri, apakah profesi sopir akan menghilang di kemudian hari? Juga apakah profesi seperti akuntan juga terancam dengan adanya perangkat lunak yang bisa menggantikan fungsi seorang akuntan dalam melakukan pembukuan laporan keuangan?

Memang ada benarnya, tapi jangan khawatir - hanya 5% dari profesi saat ini yang dapat tergantikan seratus persen oleh pekerjaan mesin. Profesi yang paling terancam kemungkinan adalah berbagai profesi yang terkait produksi barang (yang bisa sepenuhnya dilakukan oleh mesin) dan pemrosesan data (yang dapat dilakukan oleh komputer).

Bagaimana dengan kesempatan yang ada?

Salah satu keuntungan dari automasi adalah mempersingkat waktu kerja dan meminimalisir kesalahan, sehingga pekerjaan lebih efektif dan produktivitas pun meningkat.

Akan tetapi, saat ini kecerdasan mesin masih terbatas dan tenaga manusia masih sangat dibutuhkan untuk sebagian besar pekerjaan yang melibatkan pengambilan keputusan. Bagaimanapun juga, kecerdasan manusia tetap dibutuhkan untuk mengawasi jalannya pekerjaan maupun membuat keputusan penting.

Apa saja profesi baru yang akan lahir dari automasi?

Saat satu pintu kesempatan tertutup, pintu lainnya terbuka. Meski automasi menggantikan beberapa jenis pekerjaan, kecerdasan mesin juga melahirkan banyak profesi baru. Yang sudah jelas adalah pekerjaan dalam bidang Teknologi Informasi dan Pemrograman Komputer. Contohnya, pekerjaan sebagai programmer aplikasi ponsel yang kini mempekerjakan 12 juta orang - 10 tahun lalu, pekerjaan ini belum ada. Perusahaan survey McKinsey memprediksikan bahwa 10% dari pekerjaan di tahun 2030 adalah profesi baru yang saat ini belum ada sama sekali.

Yang juga penting diingat, tidak ada mesin yang dapat menggantikan komunikasi dan interaksi langsung dengan sesama manusia. Kemampuan ini akan semakin dihargai di masa depan, sehingga pekerjaan yang semakin marak di masa depan akan berkaitan dengan aktivitas interaksi dan komunikasi dengan sesama manusia. 

Kemampuan apa yang wajib dimiliki?

Segala sesuatu di dunia ini memang selalu punya dua sisi: positif dan negatif, pro dan kontra masing-masing. Jadi, jangan terlalu kuatir bahwa robot akan merebut semua pekerjaan manusia: yang terpenting adalah selalu meningkatkan kemampuanmu dan selalu up-to-date dengan teknologi.

Hari gini, sudah tidak jaman lagi kalau masih ngaku "gaptek" alias "gagap teknologi". Mulailah mengenali teknologi dan mempelajari berbagai terobosan teknologi baru di dunia maya, sehingga kamu pun semakin "melek" teknologi dan bisa dengan mudah menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Jago berkomunikasi dan berinteraksi yang baik dengan orang lain juga merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki di masa kini, serta pengetahuan yang luas mengenai segala trend di masyarakat.

Investasi bebas risiko dengan ROBO ARMS dari Generali

Selalu jadi yang terdepan dan yang paling awal berinovasi, Generali kini menghadirkan fitur ROBO ARMS (Auto Risks Management System), yang memberikan pengalaman unik seperti layaknya robot asisten bagi kamu yang sibuk, dimana kamu cukup menyerahkan perubahan setting parameter ARMS kepada manajer investasi kami yang profesional, sehingga investasi semakin berjalan optimal dan bebas risiko. Sebagai nasabah, kamu tinggal menikmati hasilnya bersama keluarga! Lebih lengkap mengenai ROBO ARMS bisa kamu baca disini.

Selalu update dengan jenis-jenis bisnis baru dan berita seputar teknologi lewat artikel-artikel dari expert kami: 

3 cara mengamankan tempat usahamu dari incaran maling

Tips pengamanan kata sandi online