Video: Tips aman berjalan pulang sendirian di malam hari

Safety 11 September 2019
healthy living thumb

Apakah kamu merasa ngeri saat berjalan pulang sendirian di malam hari? Kamu tidak sendiri. Berjalan kaki sendirian saat pulang di malam hari, bisa saja rawan kriminalitas, perlu berhati-hati khususnya para wanita. Yuk, tonton dan share video berikut ini, yang membahas tips aman berjalan pulang sendirian di malam hari untuk para wanita.

Pertama-tama, pilih rute yang lebih aman: dalam arti, melewati jalanan ramai yang diterangi lampu. Jangan pernah mengambil jalan pintas yang melewati taman dengan pepohonan dan gang-gang gelap yang sepi, karena biarpun makan waktu lebih singkat, risiko bahayanya juga berlipat-lipat!

Bila memungkinkan, selalu cari teman yang rumahnya searah sehingga kamu tidak benar-benar sendirian. Jangan lupa untuk memberitahu orang di rumah bahwa kamu sedang dalam perjalanan pulang - lewat mana, bareng dengan siapa dan kira-kira sampai rumah jam berapa. Nyalakan GPS di HPmu sehingga keberadaanmu selalu terpantau oleh keluarga dan orang-orang terdekat.

Saat di perjalanan, tetap waspadai keadaan sekitarmu, termasuk orang-orang yang terlihat mencurigakan. Bila ada orang yang terus-menerus memperhatikanmu, jangan takut untuk melakukan kontak mata untuk menunjukkan kamu TAHU keberadaan dan juga memperhatikan tindakan orang tersebut. Hindari penggunaan headset karena musik membuat perhatian kita terpecah sehingga kewaspadaan menurun. Pastikan kedua tanganmu bebas.

Belajarlah untuk berjalan dengan tegak dan langkah-langkah yang pasti, kepala menghadap ke depan dan berjalan lurus. Jangan tundukkan kepala. Gestur ini membuatmu terlihat percaya diri dan berani. Simpan baik-baik HP dan barang berharga lain dalam tas tertutup, dan gunakan pakaian praktis yang membuatmu mudah bergerak atau lari bila diperlukan.

Yang terutama, selalu percayai instingmu - saat kamu merasa ada bahaya serius mengintai, jangan panik - cari bantuan terdekat seperti pos polisi, atau warung / kios terdekat. Bila perlu, panggil taksi - biarpun mahal sedikit, keselamatanmu jauh lebih berharga.

 

Tingkatkan kualitas hidup dengan berbagai tips praktis untuk kebiasaan keseharian yang sehat, kreatif dan bijaksana, lewat artikel-artikel menarik persembahan Generali Indonesia:

Tips Rajin Menabung Sejak Usia 20an

Penting! Ini cara mencegah paparan polusi udara

Tips untuk memulai hari dengan lebih enerjik

5 Tips Berkomuter Aman, Nyaman dan Tak Membosankan

Cara Tetap Semangat Jalani Resolusi Tahun Baru