Penting untuk orangtua! Tips simpel untuk aman berkendaraan bersama bayi dan balita

Healthy Lifestyle 17 April 2019

Bepergian dengan kendaraan roda empat bersama bayi bukan hal mudah. Selain harus konsentrasi saat mengemudi, bayi juga butuh perhatian. Ini beberapa tips dan trik supaya acara jalan-jalan bersama si kecil bisa lancar dan bebas keribetan!

Gunakan car seat / tempat duduk khusus bayi

Penggunaan car seat alias tempat duduk khusus bayi dan balita di mobil merupakan kewajiban di negara-negara maju Amerika Utara, Eropa, Jepang dan Australia. Supaya bayi lebih terlindungi, aman terikat dengan baik dengan sabuk pengaman di jok belakang mobil, gunakan car seat yang sesuai dengan umur bayi - biasanya, car seat untuk bayi usia 0-12 bulan sedikit berbeda dengan yang diperuntukkan khusus balita 12 bulan hingga 5 tahun.

Pilih waktu yang pas

Waktu adalah faktor penting. Saat bepergian, usahakan waktu di jalan raya bertepatan dengan jam tidur si bayi. Pastikan juga bayi sudah cukup kenyang. Susui atau beri makan dulu si kecil sebelum keluar rumah. Untuk perjalanan jauh yang memakan waktu lama, atur waktu dan jadwal perhentian untuk menyusui, memberi makan atau mengganti popok.

Bawa persediaan ekstra

Bawa perlengkapan bayi lebih banyak dari perkiraan kebutuhan, apalagi saat bepergian jarak jauh. Jangan lupakan diaper, tisu basah dan kering, alas ganti popok, botol dan susu ekstra, termos air panas, selimut, baju ganti dan obat-obatan standar seperti obat panas, obat batuk-pilek dan anti diare.

Buat daftar rencana perjalanan

Buat rencana perjalanan yang rapi, daftar hal-hal yang dibutuhkan dan persiapan titik-titik perhentian, sehingga tidak ada yang terlupakan. Apalagi daftar barang bawaan saat bepergian bersama bayi memang luar biasa banyaknya.

Teman di perjalanan

Bila memungkinkan, ajak satu orang (kakek, nenek, ayah, ibu, pasangan, saudara atau teman) untuk menemani di perjalanan, supaya kamu pun bisa berkonsentrasi mengemudi tanpa harus mengkuatirkan si bayi di bangku belakang mobil.

Mainan atau hiburan

Biasanya, bayi baru lahir akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur, termasuk saat bepergian. Mulai usia 3 bulan ke atas, dengan seiring berkurangnya waktu tidur si kecil, bayi pun bisa mulai merasa bosan saat bepergian. Siapkan mainan seperti boneka, buku khusus bayi atau lagu anak-anak yang bsia menghibur si bayi dan mencegah bayi rewel karena bosan. 

Yang terakhir, selalu perkirakan waktu perjalanan yang lebih lama saat bepergian dengan bayi. Selain harus mengemudi lebih pelan dan lebih berhati-hati, keharusan berhenti setiap beberapa jam untuk memberi bayi makan atau mengganti popoknya juga merupakan hal yang harus diperhitungkan. Selamat berjalan-jalan bersama si kecil!

Bagaimana caranya untuk selalu aman berkendara, baik itu untuk yang baru belajar menyetir ataupun untuk pengemudi yang sudah berpengalaman? Simak saran-saran kami agar kamu selalu aman berkendara, apapun level kemampuanmu dalam mengemudi:

Panduan aman berkendara dengan anak-anak

Aman dan nyaman berkendara saat musim hujan melanda