Kerja dari rumah: apa keuntungannya dan kenapa kamu harus mempertimbangkannya?

Healthy Wealth 22 April 2019

Kerja dari rumah teorinya mudah dan menyenangkan: bisa bangun dan sarapan lebih siang, tidak perlu dandan maksimal, bisa bekerja di kamar, depan TV atau di mana saja yang nyaman. Selain itu, apa lagi sih benefit dari kerja di rumah sendiri?

Menghemat waktu komuter

Berkomuter alias perjalanan pergi ngantor salah satu hal yang makan waktu - apalagi bila rumahmu jauh dari kantor. Sering kita dengar cerita kawan-kawan yang tinggal jauh dari pusat kota menghabiskan waktu 1-2 jam di perjalanan pergi dan sampai 2-3 jam di perjalanan pulang kantor karena sore hari jalanan biasanya lebih macet. Bila rata-rata kamu menghabiskan 2 hingga 4 jam sehari berkomuter, dalam sebulan yaitu 20 hari kerja, waktu yang kamu habiskan di perjalanan bisa mencapai 40 hingga 80 jam per bulan! Wow!

Nah, dengan bekerja dari rumah, kamu bisa menggunakan waktu yang cukup banyak ini untuk melakukan hal lainnya - menghabiskan waktu dengan keluarga, anak dan pasangan, serta melakukan hobi yang kamu suka.

Melakukan apa saja di luar waktu kantor

Berbelanja ke supermarket, nonton atau nongkrong di mal saat weekend, atau nge-gym sore hari setelah pulang kantor, biasanya semua tempat ini ramai sekali karena semua orang melakukan hal yang sama pada waktu yang bersamaan pula. Begitupun halnya bila berlibur di saat liburan besar atau jalan-jalan ke tempat wisata, semua orang yang punya waktu luang yang sama karena sebagian besar juga bekerja kantoran pun melakukan aktivitas di waktu-waktu yang sama sehingga tingkat keramaian pun jauh lebih padat daripada saat kita melakukan kegiatan-kegiatan tersebut pada jam kantor.

Saat kamu memilih meninggalkan pekerjaan kantoran, baik itu sebagai freelancer atau sebagai entrepreneur alias pengusaha dari bisnismu sendiri, fleksibilitas waktu pun datang bersama dengan kebebasan bekerja dari rumah.

Kamu bisa nge-gym, belanja ke supermarket, nonton, nongkrong di mal ataupun pergi liburan kapan saja, asalkan laptop dan gadget penunjang pekerjaan bisa kamu bawa kemanapun kamu pergi.

Produktivitas dan kesehatan

Bekerja dari rumah bisa membuat kamu lebih sehat dan merasa lebih tenang. Sebuah riset baru-baru ini memaparkan bahwa saat tes ujicoba dilakukan, 50% dari pegawai sebuah kantor yang bekerja dari rumah memiliki tingkat efisiensi dan produktivitas yang baik sebanyak 22%!

Tentu saja kebanyakan pekerjaan dan profesi masih membutuhkan interaksi temu muka dengan bos atau klien, dan banyak komunikasi. Penting untuk mendapatkan keseimbangan antara santai bekerja di rumah dengan keseriusan dan komitmen menyelesaikan semua tugas dengan baik serta menepati deadline, yang merupakan kiat supaya tetap lancar bekerja dari rumah.

Siapa saja yang bisa bekerja dari rumah?

Kebanyakan profesi yang mengizinkan karyawan bekerja dari rumah, biasanya merupakan profesi terkait dunia kreatif seperti freelancer desainer grafis, videografer atau penulis. Beberapa perusahaan seperti Google atau Facebook juga mengizinkan karyawan bekerja dari rumah tapi tidak sepenuhnya, melainkan hanya di hari-hari tertentu dalam seminggu.

Selain profesi dunia kreatif tersebut, sekarang ini mulai bermunculan profesi baru yang juga menunjang dan membangun kultur kebebasan bekerja dari mana saja - baik itu di rumah atau di kafe (bahkan saat liburan keluar kota atau keluar negeri), asal berbekalkan perangkat komputer dan sambungan internet yang memadai. Salah satunya adalah profesi sebagai agen asuransi Generali.

Agen-agen Generali dibekali dengan teknologi canggih dari iConnect yang memungkinkan bekerja dari manapun bisa lebih mudah, praktis dan melakukan berbagai kegiatan follow up, mengatur jadwal meeting maupun mengurus klaim para nasabah bisa dilakukan dengan beberapa klik saja. Ini yang dinamakan terobosan teknologi, dan inilah yang akan menjadi salah satu kunci kesuksesan para agen di era teknologi ini.

Apakah kamu juga termasuk millenial yang sedang mempertimbangkan meniti karir yang tidak terikat jam kantoran? Semoga artikel ini bisa membantu kamu menentukan pilihan, ya!

Hari kerja yang produktif dimulai dari rumah. Ikuti cara-cara pintar untuk menyiasati rutinitasmu di pagi dan malam hari dengan artikel-artikel kami seputar hidup sehat setiap hari:

Tips tetap produktif saat bekerja dari luar kantor

Tips untuk memulai hari dengan lebih enerjik