Menu Brunch sehat dan lezat di rumah sendiri

Healthy Lifestyle 26 April 2019

Siapa yang suka brunch? Sepertinya semakin banyak orang Indonesia yang punya ritual brunch bareng teman dan keluarga di hari Sabtu dan Minggu, sekalian arisan dan kumpul-kumpul bersama.

Daripada menghabiskan cukup banyak uang sekaligus berdiri di antrian yang tidak manusiawi saking penuhnya tempat-tempat brunch hits di kotamu, alternatif yang lebih santai, menyenangkan dan ramah di kantong adalah membuat brunch sendiri di rumah. Lebih sehat pula, lho, karena dibuat sendiri!

Apa saja sih alternatif brunch yang bisa kamu coba weekend mendatang?

Citarasa tradisional

Liwetan yuk! Sejak beberapa tahun belakangan, nge-liwet sekaligus nge-riung bersama-sama dengan sahabat dan keluarga, kembali populer. Untuk membuat liwetan yang Instagrammable, hamparkan daun pisang segar yang sudah dicuci bersih di lantai sebagai pengganti piring atau kertas alas makanan, lalu cetak nasi dalam bentuk-bentuk lucu seperti bentuk bunga atau bintang, sebelum dihias dengan pelengkap liwetan tradisional seperti urap sayur, ikan teri goreng, kering tempe, telur dadar iris, perkedel, ayam goreng dan tentunya sambal khas Indonesia.

Supaya praktis, saat kamu jadi tuan rumah liwetan, cicil persiapan memasak dari beberapa hari sebelumnya - misalnya, mulai mengungkep ayam, mengiris-iris sayur untuk urapan dan membumbui kentang perkedel satu atau dua hari sebelumnya, sehingga kamu tinggal menggoreng semua perlengkapan di Hari H.

Karena liwetan cukup tinggi kalorinya, sebaiknya hidangkan buah-buahan segar untuk pencuci mulut, ketimbang menyajikan kue basah tradisional yang juga cukup "berat". Dan karena biasanya saat liwetan kita makan menggunakan tangan, sediakan buah yang juga mudah dipegang, seperti semangka, jeruk dan rambutan. Hmm, nikmat!

Selera internasional

Kalau kamu sedang lebih ingin makan hidangan internasional, sarapan Continental ala Amerika dan Eropa bisa disajikan dengan mudah dan praktis. Pilihannya ada pancake, roti panggang, wafel atau croissant, yang mudah dipadu-padankan dan bisa disantap dengan pelengkap manis atau asin.

Supaya lebih sehat, buat pancake dan wafel dari tepung almond atau campuran oat alih-alih terigu putih, lalu pilih roti berbahan gandum dan sajikan dengan buah-buahan seperti stroberi, alpukat dan pisang ketimbang selai atau olesan coklat yang kandungan gulanya sangat tinggi. Lengkapi dengan kacang almond, biji chia dan flax yang kaya serat dan merupakan superfood.

Bila kamu lebih suka topping asin, telur ceplok setengah matang, keju atau ikan tuna bisa jadi pilihan yang mengandung banyak lemak baik Omega 3. Lengkapi dengan tumis bawang bombay, irisan tomat, bayam atau paprika merah untuk ekstra vitamin dari sayur-mayur.

Minuman segar dan penuh vitamin

Untuk pilihan minuman, sesuaikan dengan citarasa pilihanmu. Bila liwetan tradisional-lah yang kamu sajikan, hidangkan teh hangat atau es teh dengan pelengkap seiris lemon di setiap gelasnya.

Bila brunch internasional adalah menu yang kamu pilih kali ini, kamu bisa sajikan kopi susu (panas atau dingin), atau air es dengan potongan ketimun, lemon dan daun mint yang segar.

Supaya konsumsi gula saat brunch tidak over, ganti gula dengan pemanis alami seperti Stevia atau Lakanto, yang selain aman untuk kesehatan juga bebas kalori.

Coba lakukan sesuatu yang baru hari ini, dengan tips-tips menarik seputar DIY, resep masakan dan tren olahraga baru yang bisa dilakukan dari rumah: 

Praktis & hemat: tips renovasi rumah sendiri

Cara-cara mudah untuk mulai ramah lingkungan (sekaligus penghematan!)