Tips traveling aman dan nyaman untuk manula

12 Juni 2019

Traveling adalah sesuatu yang dapat memperkaya wawasan dan pengalaman pribadi - untuk semua usia! Saat kita sudah pensiun merupakan waktu yang tepat untuk bepergian dan mengunjungi destinasi liburan impian di seluruh dunia.

Liburan besar di pertengahan tahun adalah waktu yang tepat untuk bepergian bersama suami atau istri, anak dan menantu atau bahkan dengan cucu-cucu kesayangan. Bertepatan dengan cuti bersama Lebaran maupun akhir tahun ajaran sekolah, biasanya waktu liburan tengah tahun ini lebih panjang sehingga kita bisa lebih lama traveling.

Ini dia beberapa tips untuk para manula yang akan bepergian saat liburan panjang tengah tahun.

Cek medis dan siapkan obat-obatan

Sebelum merencanakan perjalanan, lakukan cek medis lengkap dengan rujukan dari klinik atau rumah sakit, dan beritahukan mengenai rencana perjalanan kepada sang dokter. Siapkan persediaan obat dan simpan resep bila sewaktu-waktu dibutuhkan saat obat habis di tengah perjalanan dan harus dibeli kembali.

Pelajari destinasi liburan terlebih dulu

Cuaca di pertengahan tahun bisa sangat berbeda tergantung destinasi tujuan: musim panas di Eropa dan Amerika Utara, dan musim dingin di Australia dan Selandia Baru. Siapkan perlengkapan dan pakaian yang sesuai dengan cuaca di destinasi liburan.

Berdasarkan usia dan kondisi fisik, realistislah menetapkan tujuan berlibur. Sanggupkah kita untuk berjalan jauh, atau mendaki bukit, atau menghadapi udara sangat dingin atau sangat panas? Tetapkan tujuan wisata sesuai dengan kemampuan dan kondisi fisik kita. 

Siap hadapi situasi darurat

Meski semua orang pasti mengharapkan liburan yang lancar-lancar saja, kita tetap harus mempersiapkan diri menghadapi situasi darurat. Sebelum berangkat, beritahu anggota keluarga terdekat, buat catatan lengkap mengenai jadwal penerbangan keberangkatan dan kepulangan, alamat hotel atau penginapan, dan nomor-nomor telepon penting yang dapat dihubungi. Buat fotokopi paspor dan tanda pengenal lainnya. Siapkan kopi resep obat dan nomor telepon dokter, klinik atau rumah sakit langganan.

Supaya liburan bebas ribet, Generali punya solusi lengkap iPlan dan iPlan Syariah yang salah satu benefitnya adalah Global Medical Plan, yang meng-cover semua risiko jatuh sakit atau mengalami kecelakaan saat sedang bepergian, dimanapun di seluruh dunia!

Santai saja

Karena usia kita tak semuda dulu, jangan membuat rencana yang terlalu padat, sisihkan waktu untuk selalu beristirahat dan melakukan segala sesuatu dengan santai tanpa terburu-buru. Inti dari liburan adalah bersantai dan melewatkan momen menyenangkan bersama orang-orang tercinta, kan?

Selamat berlibur, ya!

Perjalanan jauh? Siapa takut! Simak tips-tips penting untuk membuat perjalanan jauh dan packing jadi mudah dengan artikel-artikel khusus traveling kami:

Tips packing ringan untuk menghemat biaya bagasi saat mudik Lebaran

Hindari pusing dan mual saat bepergian dengan 8 tips ini

Yang harus dilakukan saat maskapai menghilangkan koper kita

 

Twitter: Berlibur bersama orang-orang tercinta di usia senja, lebih menyenangkan saat kita sudah persiapkan rencana liburan dengan matang. Ini tipsnya [insert url here]

Facebook: Siapa bilang manula nggak bisa traveling? Justru saat sudah pensiun, liburan jadi terasa lebih menyenangkan. Ini beberapa tips persiapan liburan yang penting dilakukan bagi para manula [insert url here] 

Agent: Enjoying your post-retirement freedom with an epic vacation? Check out our advice on safe senior travel: 

Meta description: Tips persiapkan liburan atau perjalanan yang aman dan berkesan untuk manula.