Cara membuat website & toko online, gratis dan mudah!

Healthy Wealth 25 Juni 2019

Di era digital masa kini, kehadiran website bagi penggiat UKM dan UMKM amatlah penting. Info mengenai bisnis atau usaha, atau toko online, adanya situs web yang mewakili bisnismu di internet merupakan sesuatu yang wajib dijalankan demi kesuksesan bisnis.

Banyak orang menganggap bahwa membuat website biasanya memakan waktu dan biaya yang tak sedikit. Nah, kali ini, kami punya tips penting untuk kamu-kamu pemilik UKM dan UMKM yang ingin mempunyai website atau toko online dengan cara yang sangat mudah dan bebas biaya alias gratis!

Pertama-tama, kamu harus tentukan dulu tipe website yang ingin kamu buat. Portfolio hasil pekerjaan? Blog atau media digital? Toko online, atau situs representatif dari bisnismu? Apakah website ini akan lebih bermain di banyak foto dan visual cantik, atau lebih terfokus pada kualitas tulisan?

Berdasarkan jenis website yang ingin kamu buat, kamu bisa memilih situs pembuat website gratis yang cocok untuk situsmu. Beberapa jenis situs pembuat website gratis yang populer di Indonesia di antaranya:

- Squarespace dan Weebly, yang cocok untuk e-commerce / toko online

- Wix, yang cocok untuk display portfolio atau presentasi restoran / kafe / unit bisnismu

- Wordpress, yang cocok untuk blog dan media online

Supaya kamu punya referensi, sebelum mulai membuat website, sebaiknya kamu cari dan lihat dulu beberapa situs dalam dan luar negeri dari bisnis yang serupa dengan yang kamu lakukan, dan catat apa saja yang kamu suka dari fitur-fitur website referensi tersebut.

Semua situs jasa pembuat website gratis biasanya menawarkan template dengan berbagai model navigasi, warna dan tema yang bisa kamu pilih untuk dikustomisasi.

Setelah kamu menemukan jenis website yang kamu inginkan, mulailah membuat websitemu sendiri dengan bantuan situs pembuat website gratis yang sudah kami sebutkan di atas. Pilih nama domain yang paling cocok dan paling representatif untuk bisnismu, tentukan tema mulai dari warna dan huruf sampai dengan desain logo yang sesuai. Tentukan apakah kamu akan menggunakan foto-foto milik sendiri atau membeli hak untuk menggunakan foto milik orang lain, dan jangan lupa untuk menambahkan halaman kontak dengan informasi lengkap supaya para pengunjung situs (yang sekaligus merupakan calon pelanggan atau klien potensial untuk bisnismu) nantinya bisa langsung menghubungimu.

Setelah websitemu sudah selesai dan berjalan dengan sempurna, jangan lupa untuk juga membuat akun media sosial di Instagram atau Facebook yang merepresentasikan unit usahamu, serta akan membantu situs yang baru saja kamu buat untuk mendapat pengunjung lebih banyak, dan tentunya mendatangkan calon klien atau pelanggan potensial untuk kelancaran bisnismu.

Selamat belajar membuat website sendiri!

Kuatir mengenai keamanan pribadi saat menggunakan internet? Jaga agar bisnismu tetap aman dengan saran-saran kami seputar dunia online:

Lindungi privasi data dan informasi rahasiamu

Tips pengamanan kata sandi online