Atasi maag dan asam lambung dengan mudah setiap hari

Healthy Lifestyle Selasa, 2 Juni 2020
Cara mengatasi dan menyembuhkan maag dan asam lambung

5 dari 10 pekerja usia produktif di Indonesia sudah pernah terkena maag, baik itu hanya sesekali atau yang sudah menjadi penyakit kronis maupun akut. Penyakit maag tidak bisa dianggap sepele, karena bisa berakibat parah bila tidak ditangani dengan tepat.

Apa saja langkah pencegahan dan bagaimana mengatasi sakit maag?

Gejala penyakit maag

Penyakit maag disebabkan oleh asam lambung yang naik melalui saluran kerongkongan. Asam lambung manusia memiliki pH antara 1,5 sampai 3,5, sangat asam karena digunakan untuk mencerna makanan - sehingga asam lambung yang naik kembali akan menyebabkan rasa panas terbakar dan iritasi pada tenggorokan dan perut. Mulut pun terasa asam, tersedak, mual dan dada terasa sakit - gejala ini disebut "heartburn" dalam bahasa Inggris. Kondisi tak nyaman ini bisa berlangsung selama beberapa jam setiap terjadi.

Cara cepat mengatasi asam lambung

Banyak cara alami untuk mengatasi maag. Mulailah dengan berdiri, ambil postur tegak dan kendorkan ikat pinggang atau celana yang cukup ketat supaya tidak sesak. Campur segelas air putih dengan sesendok teh cuka apel, atau bila tidak punya cuka apel, gunakan campuran air putih hangat dengan soda kue (baking soda) untuk menetralkan keasaman lambung. Bila memungkinkan, sediakan selalu obat antasid generik yang bisa dibeli di mana saja.

Cara menyembuhkan asam lambung dalam jangka panjang

Masalah maag dan asam lambung seringkali disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tak sehat, sehingga merubah kebiasaan-kebiasaan ke arah yang lebih baik bisa berperan besar menyembuhkan asam lambung dalam jangka panjang.

Meski penyebab utama maag bisa berbeda-beda antara para penderita, ada beberapa jenis makanan dan minuman tertentu yang dapat menyebabkannya. Makanan yang tinggi lemak seperti makanan berkuah santan dan berbagai gorengan, yang notabene direndam dalam minyak panas, mengandung banyak lemak trans dan berisiko membuat gejala maag kembali kambuh karena naiknya asam lambung. Selain itu, makanan yang pedas seperti sambal dan minuman yang mengandung kafein dan soda juga dapat menyebabkan maag.

Sedangkan gaya hidup yang bisa membuat asam lambung kambuh di antaranya: terlalu sering terlambat makan, merokok dan minum alkohol berlebihan, terlalu banyak makan dan terlalu cepat tidur setelah makan (para ahli menyarankan untuk terakhir makan paling tidak dua sampai tiga jam sebelum tidur), kelebihan berat badan, kurang tidur dan terlalu banyak stres.

 

Di saat pandemi melanda dunia, sebaiknya kita semakin menjaga kondisi kesehatan dan memberikan perlindungan bagi seluruh keluarga lewat asuransi. Pilih Cristal, perlindungan risiko penyakit kritis dengan 110% Premi Kembali, atau iPlan, solusi lengkap pertanggungan jiwa dengan benefit proteksi kesehatan dari Generali Indonesia.

Mulai dari saran mengenai cara makan sampai dengan resep camilan sehat, semua yang kamu butuhkan untuk memulai gaya hidup sehat ada disini:

5 Menu Hangat, Praktis & Hemat untuk Musim Hujan

Makanan terbaik untuk pelari: sebelum dan sesudah latihan

5 Resep Smoothie enak, lezat dan penuh nutrisi

Temukan nutrisi dan vitamin yang sesuai dengan DNA-mu!