Bagaimana mengajari anak prinsip dasar keuangan dan penghematan

Healthy Wealth 15 Juli 2019

Mengajari anak mengenai prinsip dasar keuangan dan penghematan memang gampang-gampang susah. Tapi dengan sedikit kesabaran dan beberapa permainan mudah, kamu bisa mengajari si kecil untuk mulai mengenal soal uang dan mempersiapkannya menghadapi dunia!

Kapan harus mulai mengajari anak soal uang?

Para psikolog dan ahli anak berpendapat, saat si kecil sudah berusia lima tahun adalah saat yang tepat untuk mulai mengajarinya soal keuangan. Karena di usia yang sudah tak lagi balita, anak biasanya sudah membangun apa yang disebut dengan "teori perbedaan", dimana mereka tahu bahwa masing-masing orang punya perbedaan pikiran dan kebiasaan, baik si anak sendiri, orang tua, kakak-adik maupun orang-orang di sekitar anak. Karena uang merupakan alat tukar universal, usia lima tahun merupakan saat yang tepat untuk mulai menerapkan kebiasaan baik seputar perencanaan keuangan.

Supaya anak tahu bagaimana menghargai uang, pertama-tama mereka harus paham bahwa uang tidak muncul dengan mudah dan muncul dengan sendirinya secara ajaib - melainkan didapatkan melalui usaha dan perjuangan. Jadi, alih-alih memberi uang jajan secara cuma-cuma, ajari anak untuk mendapatkan uang jajan melalui hal-hal simpel seperti: bersikap baik, membantu membereskan mainan dan kamar mereka, memberi makan hewan peliharaan atau pekerjaan-pekerjaan kecil lainnya yang mudah dilakukan anak di rumah.

Bagaimana supaya anak rajin menabung?

Saat mulai "menggaji" anak dengan uang jajan setelah melakukan pekerjaan-pekerjaan kecil tersebut, ajari mereka untuk menyimpan uang di tabungan - wadah transparan yang bisa ditutup lebih baik, agar anak bisa melihat bahwa setiap mereka menyimpan uang, maka jumlah tabungan bertambah.

Lalu, ajari anak untuk menabung demi tujuan - misalnya, bila mereka ingin membeli mainan, jelaskan bahwa mereka harus menabung terlebih dulu sampai uang tabungan mencapai jumlah yang cukup, alih-alih membelikan anak mainan setiap saat!

Ajari anak lewat permainan mudah

Saat anak sudah lebih besar, sudah dapat membaca dan mulai mengerti prinsip dasar "bekerja" untuk mendapatkan uang dan "menabung" uang saku mereka, kita juga bisa mengajari mereka lewat beberapa permainan mudah, contohnya:

1. Membaca label harga

Saat berbelanja, ajak anak untuk turut serta membaca label-label harga dan membandingkannya. Beri pertanyaan sederhana seperti, "barang mana yang lebih murah / yang lebih mahal?" dan mengajari mereka untuk tahu bahwa tidak semua barang memiliki harga yang sama.

2. Main Monopoli

Monopoli merupakan mainan klasik yang mengajari kita bagaimana cara berinvestasi. Saat anak sudah lebih besar, di usia 8 atau 9 tahun, ajak mereka untuk bermain Monopoli untuk mengajari pentingnya berinvestasi...terutama di dunia properti!

3. Bermain Toko dan Restoran

Ajak anak untuk bermain sebagai penjual dan pembeli di toko, atau pemilik dan pelanggan di restoran, menggunakan uang kertas dan koin mainan. Ajari anak untuk menentukan harga jual barang dan makanan, supaya mereka lebih mudah mengerti konsep jual-beli dan penerimaan uang.

4. Budget belanja sungguhan

Ketika celengan anak sudah penuh, ajak anak untuk menghitung jumlah uang dalam celengan bersama-sama. Kemudian, ajak anak untuk membuat budget belanja sungguhan, dengan membuat daftar barang-barang yang ia inginkan - mulai dari camilan hingga mainan. Kemudian, beri pengertian pada anak, seberapa cukup uang yang telah terkumpul di celengan untuk membeli apa saja - bila ternyata anak ingin membeli barang dengan jumlah harga lebih besar dari uang tabungannya, beritahu bahwa uangnya belum cukup dan beri pilihan, apakah mereka akan menunda membeli barang tersebut dan menabung lebih banyak, atau membeli sekarang tapi mendapatkan barang lain yang lebih murah.

Nah, dengan mengikuti beberapa petunjuk sederhana di atas, mudah-mudahan kita pun akan sukses mengajari generasi selanjutnya mengenai prinsip uang dan bagaimana belajar berhemat sejak dini.

 

Raih masa depan cerah ke dalam genggamanmu, dengan persiapan matang dan investasi secara finansial maupun secara pengalaman. Menabung untuk persiapan sekolah anak bisa kamu mulai dari sekarang, lewat berbagai solusi investasi praktis dari Generali yang bisa ditemukan disini.

 

Sedang menabung untuk membeli rumah, atau merencanakan masa pensiun? Kami punya tips pintar untuk bijaksana mengatur pengeluaran bagi setiap keluarga:

Punya anak pertama kali di Tahun Babi Tanah? Simak tips seputar finansialnya!

Tabungan Terbaik untuk Anak: Kenali Fitur-fiturnya

Penting dibaca: Asuransi untuk kamu yang baru punya anak!

Vitamin dan mineral terpenting bagi anak-anak dalam masa tumbuh kembang

Langkah Lindungi Anak Dari Bahaya Saat Bermain Internet