Ini 10 Maraton paling KEREN di dunia!

Healthy Lifestyle 30 Juli 2019

Sebagai pelari, mengikuti marathon itu penting dan bisa membuat bangga! Nah, ini 10 Marathon paling KEREN di seluruh dunia.

1. Borobudur Marathon, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia

Yang pertama, lomba lari maraton dari negeri kita sendiri. Tak kurang dari 14.500 runner turut berpartisipasi di acara lari akbar yang melintasi trek menyegarkan mata yaitu pemandangan persawahan serta alam perbukitan Magelang yang ijo royo-royo, dengan latar belakang Candi Borobudur, salah satu keajaiban dunia berupa peninggalan sejarah berharga yang merupakan tempat ibadah umat Buddha yang terbesar di dunia. Wah, spektakuler!

Sederet penghargaan diberikan kepada ajang lomba lari ini, salah satunya sebagai "The Best Marathon of The Year 2018" dari Runhood. terpilih juga menjadi "Marathon Terfavorit 2018" versi Indorunners, dan Runner's Choice Award 2018 sebagai "The Best Marathon" dari Sport Activa. Wow!

Ajang lomba lari Borobudur Marathon ternyata juga meningkatkan pendapatan perekonomian di Propinsi Jawa Tengah, khususnya warga Magelang. Para pelari bisa memilih bermalam di penginapan yang tersedia baik dari pihak hotel, homestay, losmen, maupun rumah-rumah warga. Tentu hal ini akan menjadi suatu pengalaman baru yang dapat memperkenalkan lebih jauh budaya Jawa oleh masyarakat sekitar. Yang lebih penting juga, untuk kedua kalinya, Generali Indonesia berpartisipasi sebagai partner asuransi resmi di Borobudur Marathon 2019 tanggal 17 November 2019 nanti. Bagaimana, kamu sudah daftar belum?

2. Extraterrestrial Full Moon Midnight Marathon, Area 51, Nevada, Amerika Serikat

Yang ini, khusus untuk pecinta kisah-kisah luar angkasa: alien, UFO dan Star Wars tentunya! Berlari di salah satu tempat paling misterius di bumi yaitu Area 51, gurun pasir Nevada yang merupakan salah satu pusat penelitian Angkatan Udara Amerika Serikat dan dikabarkan menjadi tempat pendaratan UFO, lomba maraton ini dimulai di sore hari saat udara mulai sejuk, berlanjut hingga matahari terbenam dan bulan purnama naik. Pemandangan luar biasa yang membuat para pelari serasa berada di planet luar angkasa lain menemani peserta sepanjang trek. Di akhir lomba, para pelari akan menikmati sarapan di restoran Little A'Le'Inn.

3. Jungfrau Marathon, Swiss

Disebut sebagai "maraton terindah di seluruh Eropa," Jungfrau Marathon merupakan salah satu lomba maraton lintas gunung yang paling top di dunia - dengan latar belakang pegunungan Eiger, Moench dan Jungfrau di Swiss Alpen, maraton yang biasa diadakan pada awal September ini menghadirkan pemandangan akhir musim panas penuh bunga yang berudara sejuk dengan sinar matahari yang bersahabat.

Tapi, jangan salah! Jungfrau Marathon juga merupakan salah satu maraton tersulit di dunia, karena treknya yang melintasi pegunungan memiliki perbedaan 1.829 meter dari titik terendah dan titik tertinggi di trek - sehingga stamina yang prima dan persiapan maksimal sangat dibutuhkan untuk bisa sampai ke garis finish.

4. Surabaya Marathon, Surabaya, Indonesia

Mengalahkan puluhan ribu kota lainnya untuk dinobatkan menjadi Kota Terindah di Dunia pada Guangzhou International Award Desember 2018 lalu, kota pahlawan Surabaya juga punya ajang marathon sendiri, untuk menarik perhatian para pecinta olahraga lari dari dalam dan luar negeri.

Surabaya Marathon akan melintasi jalan-jalan perkotaan di Surabaya sekaligus para pelari dihibur oleh performer-performer lokal yang ramah dan kreatif di ibukota Jawa Timur ini. Bersiap-siap melihat penampilan pemusik khas Surabaya, atapun anak-anak yang menyemangati di perlintasan berlari. Diikuti oleh 6 ribu partisipan, Generali memberikan dukungan bagi para peserta lari sebagai 'Official Insurance Partner' Surabaya Marathon 2019.

5. Inca Trail Marathon, Peru

Reruntuhan peninggalan bersejarah suku Inca di Peru menawarkan maraton dengan trek luar biasa mengagumkan - baik dari segi keindahannya, maupun dari segi kesulitannya! Hanya untuk pelari profesional, trek yang berkelok-kelok naik turun menanjak tajam di antara pegunungan dan sisa-sisa benteng kuno suku Inca ini mempunyai perbedaan di titik terendah dan tertinggi trek sebanyak 3 ribu meter - wow, luar biasa! Garis finish ada di tengah istana Macchu Picchu yang misterius sekaligus eksotis.

6. Walt Disney World Marathon, Florida, Amerika Serikat

"The happiest place on earth" alias "tempat yang bikin paling bahagia di dunia", merupakan semboyan dari masing-masing Disneyland di seluruh dunia. Termasuk Walt Disney World di Florida, Amerika Serikat, yang juga memiliki lomba maraton sendiri. Lebih bersifat menghibur dan tingkat kesulitan cukup mudah sekalipun untuk pemula, trek lari di lomba ini melintasi kesemua dari empat taman hiburan tematik di Walt Disney World, dan pelari pun dianjurkan menggunakan kostum tokoh-tokoh Disney! Wah, seru nih kalau bisa mengajak anak-anak sekalian!

7. Rock ’n’ Roll New Orleans Marathon, Louisiana, Amerika Serikat

Maraton sekaligus menikmati pesta musik dan perayaan Mardi Gras, para pelari bisa menikmati trek lari yang cukup mudah dan relatif bebas tanjakan, sambil mendengarkan grup band khas Louisiana sepanjang perjalanan. Treknya melintasi berbagai area historis di New Orleans, termasuk French Quarter yang terkenal - maraton ini juga sekaligus menyajikan hiburan kebudayaan selain olahraga lari, tentunya.

8. The Great Wall Marathon, Tianjin, China

Ini juga salah satu maraton tersulit di dunia - 3 kilometer di Tembok Cina yang luar biasa berat dengan tak kurang dari 5.164 anak tangga, setelahnya kamu akan dijamu dengan pemandangan alam dan pedesaan Cina yang indah - dan saat mencapai garis finish, memandang cantiknya benteng kuno Huangyaguan bisa menjadi obat supaya rasa lelah di kakimu bisa terobati!

9. Midnight Sun Marathon, Norwegia

Berpetualang melintasi batas-batas Kutub Utara ke kota Tromsø, dan menyaksikan sendiri pengalaman unik matahari di tengah malam saat perlombaan. Ya, lomba maraton yang terletak pada salah satu titik paling utara di bumi, memiliki keunikan dimana saat musim panas, matahari tak pernah terbenam. Sebuah pengalaman lari yang sangat luar biasa tentunya!

10. The Big Five Marathon, Cagar Alam Etenabi Safari, Afrika Selatan

Maraton ini, khusus untuk para pecinta alam bebas. Selain pemandangan safari yang begitu indah khas Afrika, para pelari akan berlari di tengah-tengah habitat natural dari binatang-binatang liar seperti gajah, badak, banteng, singa dan macan tutul - oh ya, trek larinya unik karena tanpa pagar pembatas, lho! Maraton di alam liar ini adalah satu-satunya lomba lari di dunia dimana para pelari bisa dengan bangga mengatakan, "Saya berhasil jadi finisher dengan selamat tanpa dimakan oleh singa!"

Jangan lewatkan semua artikel menarik yang dapat membantumu selalu dalam kondisi fit dan tetap sehat saat perjalanan berikutnya menanti!

Tips aman berlari saat musim hujan

5 Resep Smoothie enak, lezat dan penuh nutrisi