5 Manfaat Meditasi untuk Ketenangan Batin

02 Agustus 2019

Tahukah kamu, bahwa dalam sehari, ada lebih dari 50 ribu hal yang berseliweran di pikiran kita? Wah, banyak sekali ya. Tak heran kita kadang merasa mumet, lelah dan pusing, dengan sebegitu banyaknya lalu lintas di dalam batin dan otak yang hadir di benak kita setiap hari, sepanjang tahun. Memelihara kesehatan mental agar tidak terbebani dengan ribuan pikiran ini, serta merelaksasi batin, bisa dilakukan lewat meditasi.

Di Indonesia, meditasi belum termasuk hal yang dianggap penting - padahal, ketenangan batin dan kesehatan mental yang dapat terjaga lewat meditasi sangat penting, lho. Meditasi membantu merelaksasi otak, menghindari stres dan membuat kita jadi lebih bahagia. Semua orang bisa melakukan meditasi untuk kesehatan mental dan ketenangan batin, setiap hari, di rumah atau di kantor.

Apa saja lima manfaat utama meditasi?

1. Fokus lebih tajam

Perhatian kita sulit terfokus dengan banyaknya gangguan dunia modern - mulai dari email, percakapan lewat Whatsapp atau aplikasi pengirim pesan maupun media sosial lainnya, yang tak henti-henti berdenting setiap saat.

Meditasi dapat membantu kita untuk mengarahkan fokus agar lebih terkonsentrasi ke hal-hal yang penting. Dengan meditasi, kita diajarkan untuk memusatkan pikiran ke satu titik saja, sehingga dengan terbiasa melakukan meditasi, kita pun dengan lebih mudah memusatkan perhatian ke satu per satu hal yang utama dalam hidup sehari-hari.

Secara fisik, meditasi juga meningkatkan jumlah materi abu-abu di otak kita, terutama pada area yang mengontrol emosi dan respon, sehingga fokus dan ingatan semakin tajam, sementara kemampuan menyerap informasi dan belajar semakin baik. 

2. Menurunkan stres 

Stres memberi pengaruh buruk pada tubuh, baik secara fisik maupun psikis, membuat kita jadi kuatir, tekanan darah naik dan kepala pusing. Bila kita stres dalam waktu lama, kesehatan kita pun dapat terganggu.

Hindari stres dan jauhkan sumber penyakit lewat relaksasi meditasi. Meditasi yang dilakukan dengan teratur dapat membantu menurunkan ketegangan di tubuh, baik itu di otot maupun pembuluh darah, serta menurunkan detak jantung menjadi stabil dan membuat otak merasa damai, nyaman dan tentram.

3. Menghadirkan perasaan bahagia

Hasil pindai MRI di otak menyatakan bahwa otak dari individu yang bermeditasi secara teratur selama dua bulan, akan mengalami penurunan di bagian yang menandai adanya stres. Di saat yang bersamaan, bagian korteks depan otak yang dinyana berkaitan dengan sikap kita saat berinteraksi dengan orang lain dan membuat keputusan, semakin berkembang baik, sehingga meditasi pun dikaitkan dengan terapi pengendalian stres.

4. Kualitas tidur membaik

Sekitar 30% orang dewasa memiliki masalah mengenai kualitas tidur - gangguan dari layar ponsel yang masih saja digenggam dan dimainkan hingga larut malam, tingkat stres yang tinggi pada masyarakat modern, sampai dengan hiruk pikuknya kehidupan metropolitan, semua berpengaruh pada menurunnya kualitas tidur.

Meditasi memberikan rasa tenang pada pikiran kita yang membantu untuk membuat seluruh bagian tubuh merasa rileks, dan konsekuensinya, kualitas tidur kita pun akan membaik seiring berjalannya waktu, bila kita secara teratur bermeditasi.

5. Awet muda dengan meditasi

Sudah cukup banyak riset yang menghubungkan meditasi dengan perlambatan penuaan pada otak, karena penurunan tingkat stres dan kualitas tidur yang membaik lewat meditasi, dalam jangka panjang akan turut serta merawat otak untuk terus fokus, fleksibel dan rileks. Tentu saja, faktor gaya hidup lainnya seperti pola makan sehat, olahraga dan selalu melatih otak untuk berpikir juga sangat penting, tapi, meditasi bisa membantu menjembatani proses untuk selalu membuat pikiran kita tenang dan tentram.

Bagaimana caranya belajar meditasi? Langkah-langkah mudahnya bisa dibaca di tautan ini. Selamat mencoba bermeditasi!

Jangan lewatkan semua artikel menarik yang dapat membantumu selalu dalam kondisi fit dan tetap sehat saat perjalanan berikutnya menanti!

Tetap olahraga saat puasa: maksimalkan manfaatnya, minimalisir lelah dan cedera!

5 Resep Smoothie enak, lezat dan penuh nutrisi

Gerakan-gerakan yoga termudah untuk pemula (yang bisa dilakukan di mana saja!)