Cintai Diri Sendiri dan Keluarga: Cara Perawatan Diri untuk Ibu Sibuk

Healthy Lifestyle 12 Agustus 2019

Saat kita menjadi ibu, sejuta kesibukan yang melanda membuat kita sering kekurangan waktu untuk diri sendiri. Padahal, "self-care" alias merawat diri sendiri, bukan hal yang bisa diabaikan.

Tidak melupakan cinta bagi diri sendiri sangat penting bagi kesehatan fisik dan mental, karena menjaga kebahagiaan kita sebagai orangtua sangatlah penting supaya kita selalu bisa membuat anak dan pasangan kita juga bahagia. Bila kita sendiri tidak merasa happy, bagaimana kita bisa membuat keluarga juga happy?

Ini beberapa tips "self-care" / perawatan diri untuk orangtua sibuk masa kini.

Sisihkan waktu untuk "me-time"

Rata-rata ibu di Indonesia tidak hanya menjalankan tugas sebagai ibu, tapi juga mengerjakan berbagai pekerjaan lain mulai dari membereskan rumah, memasak, mengurus keuangan keluarga, antar-jemput anak, mencuci baju dan lain-lain sebagainya. Dengan begitu banyaknya pekerjaan sehari-hari, kapan dong, kita sebagai ibu bisa "me-time"?

Jawabannya ada di tangan kita sendiri. Untuk bisa menyisihkan "me-time" alias waktu untuk diri kita sendiri secara teratur, mulailah dengan mencatat pekerjaan apa saja yang harus kita lakukan setiap hari. Setelah jelas, bagi tugas dengan suami dan kalau keuangan memungkinkan, bantuan ART / asisten rumah tangga dan sopir bisa sangat membantu kita mengambil alih beberapa tugas dari jadwal harian.

Bila keuangan tidak memungkinkan untuk memiliki ART atau sopir, minta bantuan kepada orangtua kita sendiri atau keluarga dekat lainnya untuk sesekali menjaga anak-anak - di akhir pekan misalnya - selama 2-3 jam sementara kita "me-time" bersantai dan memanjakan diri sendiri, bisa jadi alternatif.

Lakukan hal yang bikin kita paling "happy"

Definisi "self-care" alias merawat diri sendiri, bukan hanya "me-time" saja, tapi apapun yang bisa bikin kita happy - apakah itu berolahraga, luluran / pijat dan mani-pedi sambil ke salon, bahkan nonton film di bioskop bersama pasangan, ke restoran atau ngafe, arisan atau liburan bersama teman-teman pun bisa dikategorikan "self-care" - asalkan kegiatan tersebut membuat kita merasa senang, rileks dan bahagia tentunya.

Nah, kegiatan yang bikin mood jadi bagus ini sebaiknya dijadwalkan - jadi, selain bisa mengatur hal-hal seperti "siapa yang akan menjaga / menjemput anak sekolah", "memasak makan untuk orang rumah", dan lain-lain sebagainya,  kita pun selalu punya rencana menyenangkan yang bisa kita pikirkan. Ini akan sangat membantu kita melewati hari-hari yang padat penuh kesibukan, dengan secercah harapan ketidaksabaran menunggu waktu "self-care" berikutnya!

Hidup lebih sehat dan makan lebih baik

Selain melakukan hal-hal yang menyenangkan dan bikin happy, menerapkan pola hidup sehat lewat olahraga dan konsumsi makanan yang lebih baik juga merupakan salah satu faktor penting. Mens sana in corpore sano, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula.

Perbanyak makan buah dan sayuran organik, kurangi konsumsi kafein dan hindari merokok - olahraga singkat di rumah setiap hari juga bisa membantu kamu lebih fit, lebih sehat dan memperbaiki mood selama menjalani kesibukan dan rutinitas sebagai ibu. 

Ketenangan batin lewat persiapan masa depan

Karena kebahagiaan anak kita adalah yang terpenting, sebagai ibu, sudah seharusnya kita berikan yang terbaik untuk si buah hati. Tidak hanya lewat kasih sayang, tapi juga lewat persiapan masa depan. Ketenangan batin yang merupakan bagian dari "self-care" ini bisa kamu dapatkan lewat program iPlan dari Generali, yang merupakan solusi lengkap asuransi dan investasi masa depan untuk kamu dan anak-anak.

Tak lupa mencintai diri sendiri berarti mencintai keluarga dan anak-anak. Sudahkah kamu menyisihkan waktu untuk "self-care" atau "me-time" hari ini?

Bahagiakan keluargamu, jaga agar orang-orang tersayang selalu dalam keadaan sehat dengan mengikuti saran-saran expert kami seputar gaya hidup sehat. Mulai dari resep-resep sarapan sehat hingga cara untuk dapat tidur lebih nyenyak, semua ada disini!

Vitamin dan mineral terpenting bagi anak-anak dalam masa tumbuh kembang

Pentingnya tidur dengan cukup