Dari finance manager menjadi agen asuransi: kisah sukses Desi Susanti di Generali

Healthy Wealth 14 Agustus 2019

Masuk di jajaran agen-agen paling hebat Generali se-Indonesia, anggota Lions Elite Circle Generali yang sangat bergengsi, Ibu Desi Susanti awalnya meniti karir sebagai manajer keuangan dan akunting di sebuah perusahaan Indo-Jerman. Ia memutuskan untuk berganti haluan karir sepenuhnya dan meninggalkan pekerjaan tetap di kantor untuk menjadi agen asuransi. Saat ini, setelah melalui beberapa tahun yang penuh kesuksesan, Ibu Desi memegang posisi sebagai Financial Consulting Agent di Generali Indonesia.

“Empat tahun lalu, saya pilih untuk meninggalkan pekerjaan kantoran dan langsung full menjadi agen Generali. Kenapa saya bisa putuskan untuk langsung terjun total seperti itu? Karena saya melihat adanya peluang besar dan masa depan yang lebih baik di Generali, baik secara materiil maupun moril,” tutur Ibu Desi. Kini, Ibu Desi merupakan salah satu agen full-time paling aktif di Indonesia, dengan berbagai penghargaan yang sudah ia dapat, termasuk Double Premiere Centurion 2014-2015, Top Agent of the Year 2015, dan Maestro Centurion 2016-2017.

Lahir dan besar di Jakarta, Ibu Desi punya passion tersendiri mengenai berbagai hal yang menyangkut finansial – pengalaman yang ia peroleh saat menjadi manajer keuangan membuat Ibu Desi menjadi advisor finansial yang dapat diandalkan oleh nasabah.

“Sebagai agen, tugas kita adalah mengarahkan nasabah untuk memilih opsi terbaik yang bisa mereka dapatkan. Sangat penting untuk kita membantu mereka memilih proteksi terbaik yang bisa mereka dapatkan, karena investasi dan alokasi dana adalah dua faktor penting dalam pengaturan finansial yang sukses di kemudian hari. Sebagai agen, kita harus selalu memastikan bahwa dana klien sudah terinvestasikan di tempat yang tepat,” ujar Ibu Desi.

Saat ada nasabah yang tertimpa kecelakaan atau jatuh sakit, Ibu Desi selalu berusaha memberikan support terbaik, secara finansial maupun secara emosional, termasuk membantu dalam proses klaim, memastikan keseluruhan proses klaim dan pencairan dana tanggungan berjalan lancar – sekaligus juga memotivasi klien agar tetap optimis. “Proteksi kesehatan Generali ada untuk nasabahnya, kapanpun mereka membutuhkan perlindungan ini,” tutur Ibu Desi.

Ibu Desi percaya bahwa hal terpenting yang dapat diberikan oleh asuransi adalah ketenangan batin, artinya, nasabah bisa fokus 100% untuk menjalani perawatan agar cepat sehat kembali, tanpa harus mengkhawatirkan beban finansial yang semua sudah di-cover oleh asuransi mereka.

Tantangan yang sering ia hadapi adalah nasabah yang tidak menganggap penting asuransi – nasabah-nasabah ini hanya akan memilih rencana proteksi minimum dan tidak bersedia membayar lebih, karena menganggap bahwa perlindungan asuransi hanya membuang-buang uang dan tidak akan mereka gunakan. Ketika menghadapi klien seperti ini, Ibu Desi selalu berusaha untuk mengedukasi mereka, mencoba memberikan pengertian bagaimana asuransi bisa membantu mereka dalam segala situasi, sekaligus tabungan masa depan bagi seluruh keluarga.

Empat tahun setelah berpindah karir, Ibu Desi tak pernah menyesal – ia sangat menikmati rutinitas hariannya sebagai agen Generali, menikmati penghargaan demi penghargaan yang ia raih, kesuksesan finansial dan kebebasan mengatur waktu, sambil berkeliling dunia, bersama Generali, ia telah mendatangi berbagai kota dan tempat-tempat terindah di dunia seperti Sydney, Selandia Baru, Jerman, Norwegia, Kanada, Milan, Praha, dan Los Angeles.

Yang paling Ibu Desi sukai dari pekerjaannya? “Saat saya sukses mengedukasi nasabah akan pentingnya melindungi diri mereka sendiri beserta seluruh keluarga mereka lewat proteksi komprehensif Generali. Saat-saat seperti ini adalah kemenangan kecil bagi saya pribadi.”