Olahraga terbaik untuk manula di atas 60 tahun...yang bisa dilakukan bersama teman-teman seangkatan!

Healthy Wealth 16 September 2019

Kita semua pasti pernah dengar pepatah tua-tua keladi, makin tua makin menjadi. Sebagai manula di masa kini, saat kita semakin menua, sebaiknya juga tak lantas jadi malas bergerak, karena olahraga rutin merupakan salah satu hal penting yang bisa menjaga kita agar selalu sehat dan awet muda, bahkan saat umur bertambah!

Untuk kita semua yang berada di "usia emas" di atas 60 tahun, ini beberapa olahraga yang pas untuk kita, dan bisa dilakukan bersama teman-teman seangkatan, sehingga terasa lebih menyenangkan!

Senam Air

Senam aerobik dalam kolam renang yang airnya hangat, selain menyenangkan, juga melatih seluruh bagian tubuh, tanpa membuat terlalu capek dan ngos-ngosan bagi kita yang sudah sepuh ini. Selain memberikan seluruh manfaat dari aerobik biasa, gerakan-gerakan yang dilakukan di dalam air meminimalisir risiko keseleo dan cedera otot, sekaligus memberikan latihan kardio yang cukup untuk melatih jantung lebih kuat dan sehat.

Tai Chi

Senam Tai Chi berasal dari negeri Tiongkok pada abad ke-13. Kelebihan senam ini bagi para manula sudah jelas: gerakannya yang kalem tapi mengena, menggabungkan latihan pernafasan, relaksasi dan meditasi dengan berbagai pose yang melatih keseimbangan badan dan kelenturan sendi-sendi otot. Tai Chi cocok sekali bagi para senior usia lanjut yang mempunyai kondisi osteoporosis atau rematik. 

Kelas Dansa 

Dansa-dansi, selain melatih keluwesan gerakan, juga menyenangkan! Kelas menari tradisional, Zumba, atau Salsa santai, juga merupakan ajang kumpul-kumpul serta mencari teman dan bertemu kenalan baru. Manfaatnya? Banyak! Menjaga kesehatan tulang, mencegah stres, memperbaiki postur tubuh, menyehatkan jantung dan melatih keseimbangan serta koordinasi badan, sehingga gerakan kita sehari-hari juga lebih stabil dan terhindar dari cedera.

Jalan Sehat

Jalan sehat setiap hari sebelum fajar terbit, banyak gunanya untuk kita manula di atas usia 60an - selain menikmati udara segar di pagi hari, kita pun bisa mendapat sinar matahari pertama untuk tambahan asupan Vitamin D!

Saran kami? Gunakan baju olahraga yang praktis dan longgar agar gerakan nyaman, sepatu kets khusus untuk berjalan, bawa botol minum dari rumah, dan yang terpenting: sesuaikan ritme jalan dengan kemampuan kita. Ingatlah bahwa ini bukan perlombaan jalan cepat, tapi olahraga yang rutin dilakukan supaya semakin sehat!

Berenang

Selain senam air, berenang juga bisa dilakukan dua-tiga kali seminggu untuk melatih kesehatan jantung di dalam air yang lebih menyenangkan! Sama seperti senam air, berenang juga meminimalisir risiko keseleo atau cedera otot. Sebaiknya, pilih kolam renang yang airnya hangat, dan jangan lupa untuk minum minuman hangat seperti teh hijau atau seduhan air jahe setelah selesai berenang, supaya tidak masuk angin.

Yang paling penting, selain rutin berolahraga, rajin-rajinlah bergerak sepanjang hari - usahakan untuk berdiri dan berjalan beberapa langkah setiap jamnya. Kombinasi rajin bergerak sepanjang hari dan rutin olahraga akan membantu menjaga metabolisme tetap baik, kondisi tubuh tetap fit dan stamina tetap prima, sehingga kita bisa menikmati waktu yang berharga lebih lama bersama pasangan, anak, cucu, keluarga dan semua orang terdekat.

Bercita-cita untuk terus awet muda? Pelajari segalanya tentang bagaimana tetap sehat di usia lanjut dan tips untuk selalu awet muda disini:

Tips bagi manula untuk selalu fit saat musim hujan

Tetap sehat, eksis dan hits usia tua

3 Rahasia Bahagia dan Sejahtera di Masa Tua

Rahasia sehat dan awet muda ada di tulang kita!

Ingin sehat di usia lanjut? Rawat pencernaanmu