Wedding Checklist: Daftar Penting untuk Rencana Pernikahan dan Resepsinya

Minggu, 3 Maret 2019
Daftar Penting untuk Rencana Akad Nikah & Resepsi

Berencana menikah? Wah, selamat ya! Pernikahan adalah salah satu jenjang penting dalam hidup. Merencanakan acara pernikahan, mulai dari akad hingga resepsi, merupakan saat-saat yang menyenangkan, sekaligus juga satu hal yang bisa menyebabkan calon pengantin wanita mendapat kesibukan tambahan selama menjalani prosesnya.

Supaya tidak perlu pusing, apalagi sampai stres, kami kumpulkan daftar praktis dan penting untuk merencanakan pernikahan dan resepsinya serapi mungkin, yang bisa kamu print dan masukkan agenda.

1 tahun sebelum Hari H

Setelah lamaran dan bertunangan, saatnya untuk memulai hal-hal di bawah ini secepat mungkin!

Akad atau pemberkatan nikah

Mau melaksanakan upacara akad atau pemberkatan nikah dimana? Apakah mau di rumah saja, atau sekaligus sebelum resepsi dilangsungkan? Ini merupakan hal paling utama dan berada di posisi teratas checklist kamu.

Tempat resepsi

Mencari tempat resepsi yang sesuai kemauan dan cocok di budget tidak mudah. Makanya, survei harus dimulai dari jauh-jauh hari, setahun sebelum Hari H, sehingga ketersediaan gedung resepsi masih cukup longgar dan pilihan masih banyak.

Akomodasi

Apakah lokasi akad dan resepsi jauh dari rumahmu maupun rumah orangtua? Ataukah kamu menikah di luar kota, seperti di Bali misalnya? Bila jawaban dari salah satu atau kedua pertanyaan tersebut adalah YA, maka penting untuk menyewa akomodasi terdekat dari tempat akad dan resepsi pada saat yang bersamaan ketika membuat reservasi tempat acara.

6 bulan sebelum Hari H

Setengah tahun sebelum hari pernikahan tiba, inilah yang harus kamu siapkan.

Baju pengantin

Pesan baju pengantin jauh-jauh hari supaya kamu masih punya cukup waktu untuk mengepas baju dan memastikan seluruh kelengkapan baju dan asesoris sudah sesuai keinginanmu, jauh sebelum Hari H tiba.

Katering

Biasanya, gedung tempat resepsi punya rekanan katering sendiri. Sesuaikan jumlah pesanan katering dengan tamu yang akan datang, dan bila memungkinkan, tambah sekitar 20% porsi dan sediakan pondokan, untuk mengantisipasi bila tamu yang datang lebih banyak dari perkiraan sebelumnya.

Dokumentasi Pre-Wedding dan saat Hari H

Supaya praktis, sekalian saja reservasi fotografer prewed sekalian untuk dokumentasi saat Hari H, untuk mendapatkan harga paket lebih hemat, apalagi bila kamu cocok dengan gaya foto sang fotografer.

Musik

Band akustik, penyanyi solo atau DJ? Pilih musik yang sesuai dengan seleramu dan pasangan, dan tentukan daftar lagu kesukaan kalian berdua untuk dimasukkan ke dalam playlist saat acara nanti. Untuk minimalisir anggaran, kamu bisa buat playlist di Deezer atau Spotify yang bisa dimainkan saat acara nanti.

Bunga

Cari inspirasi rangkaian bunga pernikahan di Instagram yang bisa kamu share ke tukang bunga langganan, dan sesuaikan dengan ketersediaan bunga yang sedang musim di pasaran saat tanggal pernikahan tiba.

Make up dan tata rambut pengantin

Kamu mau mengenakan gaun modern atau baju pengantin tradisional? Kamu bisa mulai mencari MUA alias make up artist di internet atau berdasarkan rekomendasi teman, lalu tes make up untuk menentukan gaya yang kamu inginkan.

Bila memakai baju adat, lazimnya saat menyewa dekorasi, di tempat yang sama pula kamu bisa menyewa MUA tradisional yang khusus sesuai baju pengantun tradisional pilihan.

 

3 bulan sebelum Hari H

Undangan dan Souvenir

Mulai cari bentuk dan desain undangan serta souvenir pernikahan yang kamu inginkan. Kumpulkan sampel dari beberapa vendor dan lihat-lihat jenis undangan serta souvenir yang kamu suka, bandingkan harganya, sebelum memesan.

Selain undangan yang dikirim lewat pos, seminggu menjelang Hari H kamu bisa kirim pesan lewat medsos atau ponsel kepada semua tamu.

Bahan baju untuk keluarga

Biasanya pernikahan punya warna tema sendiri. Tentukan warna favoritmu yang sesuai dengan dekorasi, dan mintalah bantuan keluarga terdekat untuk mendaftar siapa saja yang akan diberi bahan baju sesuai warna tema pernikahan.

Cincin dan mas kawin

Pesan cincin sekaligus mas kawin minimal 3 bulan sebelum tanggal pernikahan, supaya kamu bisa mendapatkan model cincin dan mas kawin yang paling kamu sukai dan ukurannya pas jauh sebelum Hari H.

Wedding Organizer: profesional atau keluarga sendiri?

Yang terakhir, bila kamu dan pasangan kebetulan sama-sama bekerja dan tidak punya banyak waktu, kamu bisa pertimbangkan minta bantuan Wedding Organizer / WO - cari WO yang banyak rekomendasi bagus dari internet atau dari teman yang sudah pernah menggunakan jasanya.

Selamat merencanakan pernikahan! Untuk kamu yang masih belum ingin menikah, simpan daftar ini untuk rencana pernikahan kelak dan mulailah menabung dari sekarang.

 

Mulai dari membentuk keluarga sendiri hingga merayakan setiap pencapaian, artikel-artikel kami akan memandumu dalam setiap langkah hidup:

Budget minimalis untuk pernikahan yang tetap meriah dan maksimal berkesannya

Pengaturan finansial yang tepat bagi pasangan muda atau kamu yang berencana menikah

Memilih gaun pengantin terbaik sesuai bentuk tubuh

Kiat jitu menyewa tempat tinggal terbaik