Jaga kesehatan mental dengan bantuan teknologi terkini

Healthy Lifestyle 30 September 2019

Menurut Kementerian Kesehatan Indonesia, kesehatan mental dan jiwa merupakan isu penting yang sering terabaikan di negara kita karena berbagai stigma negatif yang melekat dan konotasi tak baik dari kata "sakit jiwa" dan "gila". Padahal, semakin banyak orang yang terkena depresi akibat stres berkepanjangan. Lebih parahnya lagi, banyak dari mereka-mereka yang menderita masalah mental bahkan menolak perawatan karena alasan malu.

Karena problem kejiwaan bukan sesuatu yang terlihat secara fisik dan mudah didiagnosa untuk diobati layaknya sakit pada bagian tubuh lainnya, kita semua harus selalu waspada dan menyayangi diri kita sendiri untuk menjaga kesehatan mental kita. Ini beberapa pilihan teknologi terkini yang bisa membantu menjaga kesehatan mental, dalam bentuk aplikasi ponsel dan situs komunitas.

Gadget teknologi kekinian yang bisa dipakai

Tidur yang cukup dan nyenyak adalah salah satu faktor terpenting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental. Bila kamu memiliki ponsel Apple yang dipasangkan dengan Apple Watch, ada aplikasi bernama Pillow yang bisa memantau kualitas tidurmu saat mengenakan Apple Watch. Pillow membantu memberikan analisa lengkap mengenai kualitas tidurmu, membangunkan kamu dengan alarm lembut di waktu yang dianggap terbaik untuk kamu bangun pagi hari, sekaligus menganalisa mood setelah bangun tidur. Sayangnya, Pillow baru tersedia di iOS saja.

Aplikasi meditasi dan relaksasi

Meditasi dan relaksasi erat kaitannya dengan kesehatan jiwa, keseimbangan perasaan dan membuat mood jadi lebih damai. Kamu bisa gunakan aplikasi di ponsel yang membantu memandu kita untuk melakukan meditasi dan relaksasi, seperti Calm dan Headspace.

Aplikasi terapi dan bantuan online

Bila kamu merasa stres, depresi dan sedih, kamu bisa gunakan aplikasi Moodpath di ponselmu, yang membantu untuk menganalisa tingkat kebahagiaanmu, sambil mempelajari penyebab mengapa kamu stres. Dalam waktu dua minggu, aplikasi ini akan memberitahukan kamu hasil analisis, apakah kamu butuh bantuan psikolog profesional untuk mengatasi depresimu ataukah kamu hanya perlu lebih sabar dan mencari dukungan dari orang-orang terdekatmu saja.

Bila merasa butuh bantuan, aplikasi Sehat Jiwa yang diluncurkan oleh pemerintah Indonesia lewat kerjasama Kemenkes dengan WHO, bisa jadi langkah pertama yang tepat saat kamu merasa butuh bantuan.

Terapi diri dan bangkitkan optimisme lewat podcast positif

Tahu bahwa orang lain juga punya pengalaman dan masalah seperti yang kamu alami, merupakan salah satu jalan keluar untuk menjalankan terapi diri sendiri. Cari tahu soal masalah-masalah seputar kehidupan dan solusinya, untuk bangkitkan optimisme bahwa kamu juga bisa survive, lewat podcast dengan nilai-nilai pembahasan yang ringan, humoris dan positif seperti So Mad About Life. Dengan mendengarkan podcast yang menyenangkan seperti So Mad About Life, kamu jadi bisa dapatkan solusi realistis mengenai permasalahan yang sedang dihadapi saat ini dari perspektif orang lain yang sudah pernah mengalami masalah serupa.

Jangan segan minta bantuan

Jangan segan-segan minta bantuan bila kamu merasa sudah tidak kuat lagi menghadapi masalah. Bantuan selalu ada bila kita butuhkan, baik itu dari teman, maupun tanya jawab dengan psikolog profesional.

Pijar Psikologi, media non-profit yang khusus didirikan untuk membahas masalah-masalah seputar kesehatan mental, punya rubrik konseling khusus yaitu Luminar Konseling bagi yang membutuhkannya. 

Yang terakhir...jangan lupakan kontak langsung dengan sesama manusia, ya. Ceritakan masalahmu kepada sahabat, keluarga dekat, pasangan atau orangtua, dan bila memungkinkan minta bantuan mereka terlebih dulu untuk mendengarkan dan membantu mencari solusi. Selalu sayangi dan jaga kesehatan mental kita, dengan membuka hati dan membagi perasaan kita kepada orang-orang tersayang, dan jangan pernah hanya menyimpan keluh kesah sendiri sampai terkena depresi. Sayangilah diri kita sendiri, ini hal yang terpenting dilakukan setiap hari!

Jangan lewatkan semua artikel menarik yang dapat membantumu selalu dalam kondisi fit dan tetap sehat saat perjalanan berikutnya menanti!

Bye-bye kram & keseleo: Ini caranya pemanasan sebelum lari marathon

Makanan-makanan yang secara ilmiah terbukti bikin happy

6 trend baru olahraga untuk kembali fit

Apa itu mindfulness dan manfaatnya?