10 hal pertama yang harus dilakukan saat kemalingan

Healthy Protection 04 November 2019

Rumah digasak maling? Duh, pasti luarbiasa campur aduk rasanya. Panik, kesal, sekaligus jadi paranoid pula—sayangnya, nasi sudah jadi bubur, hal tak mengenakkan ini sudah terlanjur kejadian. Ini 10 langkah darurat yang harus kamu lakukan saat rumah kemalingan.

1. 110: Telpon polisi!

Segera telpon polisi ke nomor 110—lebih cepat, lebih baik! Bila maling masih berada di dalam rumah, langsung minta polisi untuk kirimkan unit patroli terdekat denganmu dan JANGAN masuk rumah, sebab maling yang nekad bisa melakukan tindak kekerasan kepadamu. Ungsikan diri ke rumah tetangga, dan usahakan ada kemungkinan bisa mengintai rumah dari jarak jauh. Ingat, nyawamu jauh lebih berharga dibanding harta benda—meski pasti sungguh kesal rasanya.

2. Jangan sentuh apapun

Rumahmu kini menjadi tempat kejadian perkara kejahatan, jadi sebaiknya hindari menyentuh apapun sebelum tim patroli polisi selesai mengusut dan mengumpulkan bukti-bukti seperti sidik jari dan berkas perkara lainnya yang bisa membantu menangkap si maling.

3. Buat daftar barang yang hilang atau rusak

Sambil menunggu unit patroli polisi datang, penting untuk membuat inventaris barang yang hilang atau rusak. Sertakan foto barang dan ciri-cirinya bila memungkinkan. Inventaris ini akan mempermudah pihak yang berwajib untuk mengenali barang curian bila ditemukan, dan tentu saja untuk keperluan klaim asuransi.

4. Lindungi akun-akun penting dan data pribadi

Jangan beri kesempatan si maling untuk sekaligus menggasak akun-akun bank lewat dokumen penting dan data pribadimu. Jadi, bila kartu debit atau kartu kreditmu juga termasuk dalam daftar barang yang dicuri, segera hubungi bank untuk memblokir kartu-kartu tersebut. Bila si maling juga ikut mencuri ponsel atau gadget lain dengan aplikasi email, mobile banking atau aplikasi apapun yang mengandung informasi sensitif, blokir dan hapus data di ponsel atau gadget dari jarak jauh (sekalian supaya si maling tidak bisa menggunakan ponsel dan gadget-mu).

Hal yang sama berlaku pada KTP, KK, paspor, SIM atau surat-surat penting lainnya—segera hubungi pihak yang berwenang untuk mulai memproses penggantian semua tanda pengenal pribadi ini.

5. Minta surat laporan kemalingan dari polisi

Surat ini akan kamu butuhkan untuk membuat klaim asuransi nantinya.

6. Hubungi pihak asuransi

Sesuai dengan polis yang kamu miliki, pihak asuransi biasanya akan mengganti barang-barang yang dicuri dan menanggung biaya perbaikan rumah. Untuk mempermudah proses klaim asuransi, lengkapi dokumen pendukung sebaik mungkin, mulai dari inventaris hingga foto-foto barang yang hilang sampai dengan surat laporan kemalingan dari polisi.

7. Beri rumah pengamanan ekstra

Supaya kejadian kemalingan tidak berulang, sangat penting untuk memberikan pengamanan ekstra pada rumah—sedapat mungkin, maksimalkan perlindungan ini. Mulai dengan membetulkan kunci-kunci pintu yang dijebol atau mengganti set kunci, menambahkan alarm anti maling dan gembok ekstra, serta meminta saran dari polisi bagaimana untuk membuat pengamanan rumah lebih baik di kemudian hari.

8. Tambahkan asuransi ekstra

Menambahkan perlindungan asuransi ekstra adalah langkah terbaik. Hubungi agen asuransimu untuk tahu opsi apa yang terbaik untuk melindungi rumah dan harta benda di dalamnya.

9. Beritahu keluarga dan teman-teman terdekat

Kemalingan tentunya bisa bikin stres dan paranoid juga. Perasaan was-was yang akan hadir selama beberapa waktu setelah kejadian pun bisa jadi pemicu masalah kesehatan, mulai dari rasa panik, ketakutan dan cemas berlebihan saat harus meninggalkan rumah, sampai insomnia alias susah tidur. Ini semua hal yang manusiawi, jadi jangan segan minta dukungan moral dari keluarga dan teman-teman terdekat supaya bisa sedikit berbagi beban pikiran.

10. Lakukan klaim kompensasi

Bila kawanan maling tertangkap, kamu bisa mengajukan permohonan minta ganti rugi lewat pengadilan. Beritahukan ini kepada polisi yang mengurus kasusmu, supaya mereka bisa mencatatnya di laporan penyidikan.

Yang terutama, selalu tenangkan diri dulu sebelum bertindak, gunakan kepala dingin, jangan sampai panik terbawa situasi dan malah tidak bisa berpikir jernih. Stay calm dan ikuti langkah-langkah dari kami di atas, ya.

Lindungi orang-orang yang paling kamu cintai dalam setiap langkah hidup dengan tips penting kami seputar keamanan dalam rumah tangga:

Video: Awas copet! Cara jitu menghindari pencopetan

Apa yang harus dilakukan saat kamu jadi korban penipuan?

Infografis: mengapa punya dana pensiun pribadi sangat penting

Twitter: Kemalingan? Jangan panik duluan, ini dia 10 langkah darurat yang wajib segera dilakukan saat rumah digasak maling [insert url here]

Facebook: Rumah digasak maling? Panik, kesal, sekaligus jadi paranoid pula! Ini 10 langkah darurat yang harus kamu lakukan saat rumah kemalingan [insert url here]

LinkedIn: Following a burglary, it’s important to fix and upgrade your home security to ward off repeat visits. Ask the police for advice on security improvements for your specific property.