Video: Lagi liburan? Lupakan dulu pekerjaan! Ini alasan pentingnya

Healthy Lifestyle 06 November 2019

Off dari tugas kantor, baru beberapa jam saja rasanya kita sudah nggak tahan mau kembali mengecek email dan ponsel kantor, takut ada pekerjaan yang urgent diselesaikan. Apalagi diskoneksi total beberapa hari saat sedang liburan!

Tapi, penting untuk diketahui bahwa saat sedang berlibur, betul-betul off dari soal pekerjaan kantor itu amat penting untuk kesehatan fisik sekaligus keseimbangan mental - alasannya bisa kamu simak di video berikut ini.

Psst...penting juga untuk diketahui: liburan secara teratur mengurangi risiko terkena serangan jantung sebanyak 50% bagi wanita, dan 30% bagi pria, lho!

Masalah generasi digital masa kini yang dialami tak kurang dari 70% para pekerja usia produktif adalah masalah yang sangat familiar dengan kita sendiri: susah untuk betul-betul meninggalkan pekerjaan dan melupakan semua tugas kantor saat sedang pergi liburan. Hasilnya? Tenaga kerja yang selalu lelah dan kurang produktif.

Memberikan waktu istirahat kepada otak dan pikiran yang selalu sibuk melalui diskoneksi total dari pekerjaan saat sedang cuti, berkontribusi untuk membangun emosi dan mood yang positif, menurunkan risiko terkena depresi serta meningkatkan kebahagiaan hidup sekaligus kemampuan mengatasi stres.

Tentu saja kita semua mengerti, sulit sekali untuk mematikan HP dan tidak menjawab email - jadi perlu niat yang cukup besar untuk melakukannya. Pertama-tama, yang bisa kita lakukan adalah menentukan dengan jelas mengenai batasan komunikasi saat sedang cuti. Bicaralah kepada atasan dan teman-teman sekerja, dan infokan sebatas mana dan kapan saja kita bisa dikontak. Setelah itu, buatlah pemberitahuan minimal satu minggu sebelum cuti - lewat email atau pesan singkat - kepada para klien, partner dan rekan bisnis, serta kawan-kawan sekantor.

Sehari sebelum mulai cuti, nyalakan fungsi setelan pesan otomatis di email yang menginfokan bahwa "Saya sedang cuti dari tanggal sekian sampai dengan tanggal sekian, kembali aktif di kantor tanggal sekian, bila ada keperluan mendesak silakan kontak A, B atau C" (A, B atau C = anggota tim / divisi kita atau atasan langsung), sehingga siapapun yang mengirim email tahu harus beralih mengontak siapa di kantor - supaya tidak mengganggu liburan kita.

Diskoneksi total, lupakan pekerjaan sejenak - berikan otak dan pikiran waktu untuk beristirahat dengan optimal. Sehingga saat kembali ngantor usai liburan kita pun akan merasa lebih rileks, berenergi dan kembali termotivasi untuk bekerja keras...sambil menunggu saat liburan berikutnya!

Selalu sehat dan fit bisa berperan besar atas kesuksesanmu di pekerjaan. Baca artikel-artikel kami mengenai gaya hidup sehat untuk tahu lebih banyak lagi!

Tips makan lebih sehat di kantor (tanpa harus hindari acara makan-makan!)

Video: Atasi kejenuhan di kantor dengan beberapa tips ampuh ini

Tips untuk memulai hari dengan lebih enerjik