Vitamin dan mineral yang penting saat musim hujan

Healthy Lifestyle Rabu, 12 Desember 2018
Vitamin dan mineral penting saat musim hujan

Akhir tahun tiba, bersamaan dengan kembali datangnya musim penghujan. Cuaca yang tak menentu, ditambah lagi kesibukan di kantor yang biasanya meningkat menjelang libur Natal dan Tahun Baru, bisa membuat badan jadi tidak fit.

Supaya tidak jatuh sakit saat sedang sibuk-sibuknya - atau lebih parah lagi, jelang liburan - tubuh kita harus diberi asupan nutrisi dan gizi yang cukup. Selain makan makanan yang sehat, rajin berolahraga dan cukup tidur, berikan tubuh tambahan vitamin dan mineral yang sangat penting untuk kesehatan. Badan semakin fit, kinerja semakin baik, penyakit-penyakit khas musim hujan seperti flu, batuk, pilek dan demam pun dapat ditangkis sekaligus.

Apa saja vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh supaya tetap dalam kondisi prima, dan bagaimana memasukkannya dengan mudah ke dalam menu makanan sehari-hari?

Vitamin D: Vitamin D adalah vitamin yang diproduksi oleh tubuh saat kita mendapatkan cukup sinar matahari (utamakan matahari pagi di bawah jam 10 yang masih tidak terlalu terik, ya! Sinar matahari yang terlalu kuat - antara jam 10 pagi hingga 4 sore hari, berpotensi memberi efek negatif pada kulit). Saat musim hujan tiba, kekurangan sinar matahari bisa disiasati dengan menambahkan sayuran berdaun hijau seperti bayam dan ikan berlemak sehat seperti salmon dan tongkol.

Magnesium: Merupakan mineral penting yang mendukung kekuatan tulang dan menjaga otot. Selain itu, magnesium juga dibutuhkan untuk produksi antioksidan dalam tubuh serta memperbaiki kerja sistem pencernaan. Contoh makanan yang mengandung banyak magnesium adalah alpukat, kacang-kacangan seperti almond, kacang mede dan kacang brazil, kacang soya, serta biji-bijian, misalnya gandum, oat, atau jagung.

Vitamin B lengkap: Kamu dan pasangan sedang program hamil? Vitamin B lengkap penting untuk perkembangan calon janin, sekaligus membantu fungsi otak. Kamu bisa minum suplemen Vitamin B kompleks, atau mendapatkannya lewat telur, biji-bijian dan keluarga buah sitrus seperti jeruk mandarin, jeruk nipis, atau jeruk bali.

Vitamin C: Vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan ini, meningkatkan daya tahan tubuh dan sangat efektif menangkal serangan pilek, batuk dan flu. Selain itu, salah satu fungsi penting dari asupan Vitamin C yang cukup adalah memperbanyak produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen sendiri merupakan protein yang dibutuhkan untuk membantu mencegah keriput, mempercepat proses penyembuhan luka, menjaga keremajaan kulit dan secara keseluruhan mencegah proses penuaan dini. Vitamin C bisa didapatkan tidak hanya dari jeruk dan keluarga buah sitrus lainnya saja, tapi juga dari buah-buahan seperti misalnya jambu klutuk merah, kiwi, leci, stroberi, pepaya, tomat, tapi juga dari berbagai sayur-mayur yang mudah ditemui dalam menu sehari-hari, contohnya cabe (kabar baik untuk penggemar sambal pedas), paprika, kembang kol serta kale - yang saat ini sedang populer sebagai salah satu makanan sehat.

Zat besi: Kurang zat besi dapat mengakibatkan kelelahan dan sakit kepala. Cukupi asupan zat besi dengan mengonsumsi daging sapi dan hati ayam, makanan laut seperti kerang, udang dan kepiting. Untuk para vegetarian, zat besi dapat diperoleh dari sayuran seperti bayam, tahu (yang sekaligus mengandung protein), kacang polong, kacang panjang dan buncis, kuaci dari biji labu, jamur dan kentang.

Probiotik: Kesehatan dan jumlah bakteri baik dalam usus juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, membuat kondisi kita semakin fit dan terhindar dari berbagai masalah pencernaan. Contoh makanan probiotik yang baik dikonsumsi adalah yogurt. Selain yogurt, makanan probiotik lain yang baik untuk perut dan lambung di antaranya adalah kimchi, tempe, keju parmesan, dan coklat hitam (pilih yang mengandung kakao 70% atau lebih tinggi dan sedikit gulanya).

Yuk, hadapi musim hujan bebas batuk-pilek dan flu dengan mencukupi asupan vitamin dan mineral penting di atas!

 

Jaga kondisi tubuh agar selalu fit lewat gaya hidup sehat. Tambahkan jaring proteksi ekstra supaya selalu aman dimanapun kamu berada, lewat berbagai solusi perlindungan kesehatan dari Generali Indonesia.

 

Jangan tunda lagi untuk memulai gaya hidup sehat sedini mungkin dengan bantuan konten kami yang membahas seputar hidup yang sehat:

Musim Hujan? Siapa takut! Ini cara untuk tetap sehat dan fit

5 Menu Hangat, Praktis & Hemat untuk Musim Hujan

Cegah Kanker dan Perbaiki Mood dengan Vitamin D

Apa itu mindfulness dan manfaatnya?

Temukan nutrisi dan vitamin yang sesuai dengan DNA-mu!