Tips khusus bumil: tidur lebih nyenyak supaya semakin sehat

Healthy Protection 29 November 2019

Saat sedang hamil, tidur yang cukup dengan kualitas tidur yang baik sangat penting—baik untuk bumil maupun si calon bayi. Ini beberapa tips penting supaya tidur moms bisa nyenyak saat sedang mengandung si kecil.

Makan yang tepat

Saat hamil, ukuran rahim yang semakin membesar seiring pertumbuhan si bayi di dalamnya, akan menekan kantung kemih sehingga moms akan lebih sering buang air kecil. Supaya tidur nyenyak, perbanyak minum di pagi dan siang hari, dan kurangi minum terlalu banyak di atas jam 6 sore.

Pasti moms tahu bila makan empat sehat lima sempurna semakin penting saat sedang hamil. Nah, kurangi makan yang terlalu banyak mengandung gula, pilih asupan yang lebih sehat dan bergizi seperti karbohidrat kompleks dari nasi merah, umbi-umbian, sayuran dan buah-buahan dengan lauk protein yang cukup. Asupan gizi yang baik membuat pencernaan pun jadi lebih baik, sehingga tidak kuatir masalah diare atau sakit perut di malam hari.

Bila moms mengalami mual-mual, cobalah untuk makan dalam porsi kecil tapi lebih sering, dan konsumsi makanan yang tidak tajam rasanya—seperti biskuit atau roti tawar, untuk menghindari rasa mual bertambah.

Tidur di ruangan sejuk

Saat sedang hamil, perubahan hormon membuat kita selalu merasa kegerahan. Jadi, sebaiknya moms tidur dalam ruangan dengan pendingin AC kira-kira 18-20 derajat ya...supaya tidak kepanasan dan tidur lebih lelap. 

Pijat

Pijat refleksi selain bisa membuat lebih rileks, juga ternyata membuat tidur lebih nyenyak—khusus bumil, refleksi kaki juga bisa membuat peredaran darah lebih lancar sehingga bengkak yang umum terjadi saat hamil bisa diatasi.

Oh ya, batasi refleksi sekedar pada kaki dan pundak ya moms, supaya lebih aman. Bila moms ingin pijat seluruh badan, sebaiknya cari terapis yang berpengalaman menangani bumil, seperti Mom n Jo atau Kaizen Mobile Spa.

Ngantuk di siang hari? Tidur saja!

Di trimester pertama, hormon progesteron melonjak, sehingga moms akan sering sekali merasa ngantuk di siang hari - dan sebaliknya, malah tidak ingin tidur saat malam tiba. Tidak apa-apa, saat ngantuk di siang hari, tidur saja, moms, sehingga waktu tidur yang kurang di malam hari pun tercukupi dengan tidur siang. 

Tetap aktif

Moms jangan mager juga, ya. Olahraga ringan seperti jalan kaki 20 menit setiap hari sangat membantu peredaran darah semakin lancar dan membantu mengurangi kram kaki. Usahakan olahraganya di pagi hari ya moms, jangan kesorean—karena nanti malah semakin sulit tidur.

Tidur dengan posisi yang tepat

Setelah menginjak usia kehamilan 20 minggu, para ahli menganjurkan untuk tidur bertopang pada tubuh sebelah kiri, supaya peredaran darah ke rahim dan ginjal lancar. Bila perlu, gunakan bantal untuk menyangga tubuh supaya posisi tidur lebih nyaman.

Latihan pernafasan

Sering-seringlah berlatih pernafasan—lewat video di YouTubemoms bisa berlatih pernafasan dari rumah, kapan saja moms ada waktu. Efek positif latihan pernafasan di antaranya selain membantu tidur lebih nyenyak, juga persiapan untuk menarik nafas saat mengejan dalam proses persalinan nanti.

Mulai dari membentuk keluarga sendiri hingga merayakan setiap pencapaian, artikel-artikel kami akan memandumu dalam setiap langkah hidup:

Tips rumah yang aman bagi bayi dan balita

Penting dibaca: Asuransi untuk kamu yang baru punya anak!

Aman dan nyaman bermain bersama anak di bawah terik matahari