Musim Hujan? Siapa takut! Ini cara untuk tetap sehat dan fit

Healthy Lifestyle 01 Desember 2019

Musim hujan kembali tiba, beserta dengan udara yang memburuk, datang pula musim sakit flu, batuk dan pilek. Apalagi, kita tidak bisa sering-sering beraktivitas di luar ruangan. Saat musim hujan tiba, ini yang harus kita lakukan supaya tetap fit dan sehat.

Gunakan aplikasi untuk olahraga di rumah

Supaya tetap semangat meski kegiatan nge-gym terhalang hujan deras, gunakan aplikasi ponsel untuk berolahraga dari rumah sendiri. Beberapa contoh dari aplikasi yang gratis tapi sangat lengkap dan fungsional adalah Daily Workouts, MyTraining dan Asana Rebel Yoga. Selain itu, kamu juga bisa ikuti video latihan dari beberapa seleb Instagram seperti The Body Coach, Mari Llewelyn dan Angoswede, yang banyak memberikan tips-tips olahraga sendiri di rumah tanpa alat khusus, hanya perabotan rumah biasa seperti bantal kursi, sofa atau meja. Mudah, murah meriah, dan tak perlu menerjang derasnya hujan demi ke gym.

Tetap penuhi target 10 ribu langkah per hari

Gunakan smartwatch yang dipasangkan dengan ponselmu, seperti Apple Watch, Fitbit atau Garmin, untuk tetap memenuhi target 10 ribu langkah per hari. Saat hujan deras di luar, manfaatkan waktu untuk jalan-jalan menjelajah mal, dan cobalah untuk menaiki tangga alih-alih mengambil jalan pintas naik lift atau eskalator. Dengan memenuhi target 10 ribu langkah setiap hari, kesehatan juga tetap terjaga.

Ikut kelas olahraga kolektif, yuk!

Kalau kebetulan tetap bisa nge-gym, ikuti kelas olahraga kolektif. Berbagai gym di Indonesia sekarang semakin kompetitif menawarkan variasi kelas olahraga bersama dengan instruktur terpercaya - mulai dari pilates, RPM, zumba, salsa sampai belasan jenis yoga yang berbeda-beda, untuk kita coba. Selain tidak membosankan karena banyak pilihan, dilakukan di dalam ruangan sehingga bebas hujan, sekaligus bisa menambah kenalan baru di kelas kolektif yang diikuti.

Aktivitas outdoor tetap bisa, kok

Kalau memang tetap ingin aktivitas di luar ruangan, tetap bisa, kok. Gunakan saja peralatan yang tepat, mulai dari jas hujan sampai sepatu khusus yang tahan air dan anti selip. Suka berlari? Ikuti tips aman berlari di musim hujan dari Generali di tautan ini.

Selain rajin olahraga, jangan lupa untuk tetap makan sehat, bergizi dan menambahkan vitamin supaya selalu dalam kondisi prima serta terhindar dari serangan flu selama musim hujan.

Mulai dari saran mengenai cara makan sampai dengan resep camilan sehat, semua yang kamu butuhkan untuk memulai gaya hidup sehat ada disini:

Ini 10 Maraton paling KEREN di dunia!

Panjang umur, tetap sehat dan awet muda lewat asupan nutrisi yang sesuai untuk DNA-mu!

Menu Brunch sehat dan lezat di rumah sendiri