Penting: ajari anak untuk selalu cintai alam dan bumi kita

Healthy Protection 04 Desember 2019

Anak-anak pada dasarnya suka sekali diajak beraktivitas di luar ruangan. Bermain dengan pasir, memanjat pohon atau sekedar berlari-larian di kebun, kegiatan di luar ruangan yang dekat dengan alam membuat anak semakin sehat baik secara fisik dan mental. Selain itu, riset pun menyatakan bahwa sering bermain di luar ruangan juga membuat kemampuan belajar dan kualitas tidur anak semakin baik.

Anak kita adalah generasi penerus bangsa yang akan berperan menjaga alam dan bumi di tahun-tahun mendatang. Inilah alasan mengapa mengajari anak untuk selalu mencintai bumi dengan memilih untuk melakukan hal-hal yang ramah lingkungan menjadi semakin krusial.

Bagaimana cara mengajari anak untuk memahami pentingnya menjaga alam dan bumi?

Bercocok tanam

Setiap saat makan tiba, tunjukkan kepada anak-anak kita masing-masing elemen yang ada di piring mereka, dan beritahu mereka darimana datangnya bahan makanan tersebut: nabati (nasi, kentang, buah dan sayuran) atau hewani (lauk-lauk seperti telur, daging, ikan dan unggas). Ajari mereka bahwa makanan yang mereka santap berasal dari alam dan karena itulah penting untuk selalu menjaga bumi—supaya umat manusia bisa terus punya cukup makanan.

Kemudian, bila memungkinkan, ajak anak untuk belajar bercocok tanam. Untuk yang tinggal di rumah dengan pekarangan, sisihkan sebidang tanah kecil dimana kita bisa mengajak anak untuk menanam berbagai bunga atau sayur-sayuran seperti tomat, cabe dan wortel. Ajak anak untuk melakukan sendiri proses-prosesnya, mulai dari menaburkan benih, menyirami kebun setiap hari dan mengawasi tumbuhnya tanaman hingga proses panen.

Kreatif lewat kerajinan tangan alamiah

Lewat kerajinan tangan alamiah seperti membuat herbarium, yaitu bunga dan tanaman liar yang dijepit dan dikeringkan di antara lembaran buku tebal, melukis di permukaan telur dan merangkai kalung serta gelang dari kerang, bisa dijadikan cara mudah untuk mengajari anak mengenai alam.

Terangkan kepada anak darimana asal-usul masing-masing elemen kerajinan tangan, seperti asal tanaman liar yang akan dijadikan herbarium dan apa fungsinya di dalam ekosistem, atau kerang yang berasal dari lautan dan berfungsi menyaring kotoran sehingga air laut tetap bersih—selain menambah pengetahuan, ini juga akan menginspirasi anak untuk lebih tertarik pada alam.

Trekking bersama seluruh keluarga

Piknik di alam bebas sekaligus trekking: ide bagus untuk mengombinasikan olahraga dengan udara segar, quality time bersama keluarga dan sekaligus mendekatkan anak kepada alam. Pilih rute yang mudah sekaligus indah, misalnya Air Terjun Curug Jaksa di dalam Taman Safari Cisarua, Puncak, atau Kawasan Wisata Cibodas. Bawa baju dan perlengkapan berenang supaya anak-anak bisa main air dan jangan lupa membereskan bungkusan sampah makanan setelah selesai berpiknik, ya.

Peringatan Hari Bumi

Hari Bumi diperingati setahun sekali yaitu setiap tanggal 22 April. Rayakan peringatan ini bersama anak-anak, dengan mengajak mereka kemping di gunung, menyalakan api unggun dan mematikan semua perangkat listrik. Nikmati keheningan sambil memandang langit malam yang penuh bintang. Ajari anak untuk menghargai waktu bebas gadget ini untuk semakin menghargai keindahan alam.

Tidak menyia-nyiakan makanan

Makanan yang tidak habis, busuk dan terbuang sia-sia merupakan salah satu masalah terbesar di seluruh dunia. Ajari anak untuk selalu menghabiskan makanan dan tidak menyisakan apapun, juga biasakan hanya mengambil porsi makanan yang bisa dihabiskan. Bila memungkinkan, libatkan anak dalam proses berbelanja dan memasak, supaya mereka belajar untuk lebih menghargai apapun yang mereka makan. 

Sebagai orangtua, yang terpenting saat mengajari anak adalah dengan mempraktekkan apa yang kita ajarkan. Mulailah untuk lebih rajin memilah-milah sampah plastik dan makanan, serta mendaur ulang sedapat mungkin. Mari ajari generasi penerus lewat aksi, bukan hanya sekedar kata-kata saja.

Tuntun anak-anak ke jalan hidup yang sukses dan bahagia lewat tips dan trik penting kami untuk semua umur:

Bagaimana mengajari anak prinsip dasar keuangan dan penghematan

Penting diperhatikan: kesehatan seluruh keluarga

Penting! Ini cara mencegah paparan polusi udara