Menenangkan bayi yang sedang tumbuh gigi

Healthy Protection 09 Desember 2019

Munculnya gigi merupakan salah satu proses tumbuh kembang yang cukup membuat bayi merasa tidak nyaman. Ada bayi yang hanya mengalami sedikit rasa tak enak, dan ada bayi yang merasakan nyeri cukup parah saat gigi mereka tumbuh. Selain menyebabkan bayi rewel, kita sebagai orangtua pun merasa sedih melihat anak kesakitan.

Nah, khusus untuk moms nih...ini beberapa cara menenangkan bayi yang sedang tumbuh giginya.

Ciri-ciri bayi yang sedang tumbuh gigi

Setiap anak berbeda, demikian juga dengan proses tumbuhnya gigi pada bayi. Ada lho, moms, bayi yang lahir sudah memiliki gigi! Ada pula yang giginya tumbuh lebih cepat, pada usia dua-tiga bulan, ada juga yang mengalami keterlambatan tumbuh gigi pada usia 12 bulan ke atas - tapi, rata-rata bayi mulai tumbuh gigi pertamanya sekitar usia 6 bulan, dan biasanya gigi tengah bawah yang tumbuh paling duluan.

Bagaimana ciri-ciri bayi yang sedang tumbuh gigi? Umumnya, tanda-tandanya adalah:

  • Gusi bengkak, lecet dan merah di tempat gigi pertama akan tumbuh
  • Pipi semakin kemerahan
  • Air liur menetes lebih dari biasanya
  • Menggosok-gosok gusi dengan tangannya
  • Mengulum berbagai benda termasuk tangan kita, tangannya sendiri dan berbagai mainan
  • Sering menggaruk telinga
  • Menggesek-gesekkan gusi atas dan bawah
  • Tidur kurang nyenyak
  • Nafsu makan atau minum ASI berkurang
  • Rewel dan tidak bisa diam
  • Jadi sedikit lebih cengeng

Selain itu, ada kemungkinan bayi juga mengalami demam, sesak nafas, batuk, muntah, gatal-gatal atau panas tinggi - tapi, beberapa masalah kesehatan yang umum terjadi pada bayi ini juga tidak selalu berhubungan dengan tumbuh gigi, jadi sebaiknya bila bayi mengalami beberapa masalah ini, langsung periksa ke dokter saja ya, moms!

Benda-benda yang bisa menenangkan si bayi saat nyeri tumbuh gigi

Salah satu bagian paling nyeri saat gigi tumbuh, tak lain tak bukan adalah gusi. Untuk mengurangi nyeri pada gusi bayi yang sedang bengkak, biasanya kita bisa memberi sesuatu yang dingin untuk digigit-gigit, karena proses menggigit dan mengunyah bisa melegakan si bayi dan mengurangi rasa sakitnya. Ini beberapa contoh benda yang bisa diberikan ke bayi yang sedang tumbuh gigi.

1. Buah dingin

Bila bayi sudah masuk masa MPASI, buah yang lembut dan dingin seperti stroberi atau pisang yang dihaluskan bisa membantu mengurangi nyeri pada gusi. Hancurkan buah terlebih dulu dengan blender, sebelum didinginkan dan diberikan ke si bayi, supaya lebih mudah untuk dijilat atau dikunyah.

2. Sendok makan stainless steel yang dingin

Taruh sendok makan stainless steel di dalam kulkas. Saat sudah dingin, gunakan untuk mengusap gusi bayi pelan-pelan supaya rasa dinginnya memberikan efek peredam rasa nyeri untuk gusi yang sedang lecet.

3. Gigitan mainan

Menggigit mainan khusus untuk bayi bisa memberikan rasa nyaman - dan sekaligus mengalihkan perhatian bayi. Sekarang, ada juga gigitan mainan yang berisi air, yang bisa dimasukkan ke dalam kulkas sampai dingin, sehingga sekaligus meredakan nyeri lewat rasa dinginnya.

4. Beri ASI dan perhatian ekstra

Siapapun suka dimanjakan saat sedang tidak enak badan - apalagi si kecil! Beri ASI dan perhatian ekstra saat bayi sedang tumbuh gigi, supaya ia merasa aman, nyaman dan tentram karena moms selalu ada untuknya!

Tumbuh gigi adalah proses yang akan berlangsung selama beberapa tahun, dan biasanya bayi serta balita akan merasa paling nyeri tepat pada saat gigi akan tumbuh menembus gusi. Bila beberapa solusi di atas tidak berhasil menenangkan si bayi, bawalah ia ke dokter untuk minta rekomendasi obat pereda nyeri atau salep khusus gusi supaya rasa sakit terbantu.

Dan saat gigi si kecil tumbuh, jangan lupa untuk selalu membiasakannya sedini mungkin untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulut, supaya kebiasaan baik ini terjaga sampai anak dewasa kelak.

Tuntun anak-anak ke jalan hidup yang sukses dan bahagia lewat tips dan trik penting kami untuk semua umur:

Tips rumah yang aman bagi bayi dan balita

Penting diperhatikan: kesehatan seluruh keluarga

Infografis: Info penting seputar Cacar Air