Persiapkan tokomu (online dan offline) untuk serbuan pelanggan saat Natal dan akhir tahun!

Healthy Wealth 12 Desember 2019

Akhir tahun biasanya identik dengan kenaikan penjualan di toko, baik itu toko online alias OLS maupun toko offline. Setelah menerima bonus Natal dan akhir tahun, pelanggan biasanya langsung ingin memanjakan diri dengan berbelanja. Supaya profit maksimal dan operasional toko tetap efektif serta efisien, ikuti tips persiapan berikut ini.

1. Inventaris stok barang

Ada baiknya kita mengecek terlebih dulu, apa saja barang yang penjualannya meningkat saat Natal dan akhir tahun lalu. Kemudian, cek inventaris toko dan siapkan barang-barang yang sekiranya akan semakin banyak terjual di akhir tahun ini, supaya sudah siap dan tidak kehabisan stok barang yang paling diminati pembeli dari tahun ke tahun.

Selain itu, rajin-rajinlah mengecek apa saja yang sedang trend dan banyak dicari pelanggan - supaya sudah siap dengan antisipasi persediaan semua jenis benda yang sekiranya akan menarik pembeli.

2. Siapkan operasional dengan matang

Apakah ada staf toko yang akan cuti? Bila iya, siapkan penggantinya. Apakah sistem pembayaran atau sistem gudang punya back-up dan sudah siap meng-handle lonjakan pelanggan? Pertimbangkan untuk menambah tenaga kerja ekstra untuk mengantisipasi membludaknya pesanan nanti, untuk mengantisipasi ada staf toko yang tiba-tiba sakit atau berhalangan masuk. 

3. Tes toko online-mu

Bila bisnis utama kita bertopang pada toko online / OLS, maka penting untuk memastikan bahwa kinerja website toko tetap berjalan baik meski ada kenaikan drastis pada pengunjung website. Tes dulu website jauh-jauh hari sebelum periode sibuk tiba, dengan bantuan pengecekan dari Google, yaitu testwithgoogle

4. Antisipasi pengiriman barang

Antisipasi waktu pengiriman barang yang lebih lama harus dipikirkan sejak awal. Beri batas waktu pemesanan bagi pelanggan, misalnya, terakhir PO di minggu pertama bulan Desember dan pengiriman maksimal di minggu kedua Desember, dengan memperhitungkan bahwa mulai minggu ketiga, biasanya kantor-kantor pengiriman sudah mulai libur, jadi otomatis waktu pengiriman pun jadi jauh lebih lama. Sebab, kepuasan pelanggan adalah hal terpenting yang harus diperhatikan - apalagi ini menyangkut kado Natal yang lazimnya dianggap mahapenting, lho.

5. Beri perhatian ekstra pada etalase

Etalase juga harus dipercantik dengan tema Natal yang cerah ceria. Pilih warna merah, kuning emas, putih dan hijau dan gunakan elemen-elemen tambahan seperti pohon Natal, kaos kaki dan topi Santa Klaus, dan lain-lain yang sesuai tema Natal.

6. Adakan event spesial yang menarik

Adakan acara spesial yang khusus diadakan saat libur Natal dan Tahun Baru, yang menarik dan sesuai dengan kategori pelanggan toko. Contohnya, demo masak bila toko menjual alat-alat masak dan perlengkapan bahan makanan, atau fashion show dengan tema Natal bila yang dijual toko adalah baju dan pakaian. Acara-acara spesial ini bertujuan untuk menarik pelanggan datang ke toko dan tentunya meningkatkan penjualan.

7. Beri insentif bonus untuk staf toko

Karyawan yang antusias bisa membawa perubahan besar - semakin semangat karyawan bekerja, semakin efisien pula kinerja mereka. Tawarkan bonus dan insentif untuk staf toko, misalnya dengan memberikan persentase khusus untuk setiap penjualan barang di periode Natal dan Tahun Baru, yang bisa sekaligus menambah penghasilan akhir tahun mereka. Karyawan yang gembira dan terpacu oleh adanya insentif ini akan bekerja lebih semangat meningkatkan penjualan.

8. Bungkus kado gratis

Cetak kertas kado khusus berlogo toko untuk periode sibuk seperti Natal dan Tahun Baru, kemudian tawarkan servis ekstra untuk membungkus kado gratis. Sebab, banyak orang malas membungkus kado dan ini merupakan sentuhan ekstra yang bisa membuat pelanggan memilih toko kita dibanding toko sebelah. Layanan bungkus kado punya dua keuntungan: menyenangkan pelanggan sehingga mereka puas, dan sekaligus memperluas branding toko, dengan menggunakan bungkus kado yang berlogo nama toko.

9. Sisipkan kegiatan amal

Memberikan citra positif bagi toko bisa juga lewat berbagai kegiatan amal. Sisihkan sebagian keuntungan penjualan untuk diberikan ke panti asuhan atau organisasi lain yang membutuhkan - selain berbagi kebaikan, ini juga akan meningkatkan aura positif bagi konsumen. Win-win!

10. Promosi itu penting

Diskon khusus Natal, pengiriman gratis, beli satu gratis satu, apapun itu - promosi penting untuk direncanakan dan dilakukan secara sistematis saat periode Natal dan Tahun Baru - alasannya simpel: siapa sih yang tak suka mendapat potongan harga? Tak terkecuali pelanggan kita, ya kan?

Selamat menyambut periode sibuk yang membawa berkah bagi kita semua, ya.

Selalu update dengan jenis-jenis bisnis baru dan berita seputar teknologi lewat artikel-artikel dari expert kami:

Infografis: Temukan kandidat terbaik untuk perusahaanmu!

Temukan Mentor yang tepat untuk kelancaran karir dan bisnismu!

Cara membuat website & toko online, gratis dan mudah!