Belajar membuat kue bersama anak: ini tipsnya!

Healthy Lifestyle 22 Desember 2019

Baking alias kegiatan membuat kue adalah salah satu kegiatan klasik yang menyenangkan untuk seluruh keluarga. Manfaatkan kesempatan ini untuk sekaligus mengajar anak kita memilih makanan buatan rumah dengan bahan yang lebih sehat.

Karena kegiatan baking biasanya berlangsung di dapur, banyak bahaya yang mengintai di situ, mulai dari pisau tajam, loyang kaca yang rawan pecah dan oven atau kompor yang panas sekali. Bukan hanya bagi kita orangtua, tapi juga untuk si kecil yang pasti bersemangat belajar membuat kue!

Bagaimana caranya supaya aktivitas baking bersama si kecil tetap aman? Ikuti tipsnya disini.

Pertama-tama, ajari dasar kebersihan. Makanan sehat berawal dari koki yang higienis. Ajari si kecil etiket dapur yang paling awal, yaitu sanitasi standar juru masak di dapur: cuci bersih tangan, ikat rambut yang panjang dan gunakan celemek untuk menjaga agar baju tidak kotor. Moms, penting untuk memberi contoh yang baik, ya, jadi saat mengajari anak untuk melakukan proses sanitasi standar koki, pastikan moms juga menerapkan standar kebersihan tersebut.

Bahan-bahan pembuat kue seperti telur mentah, pengental seperti TBM / ovalet dan ragi kurang ideal bila tertelan oleh anak. Terutama telur mentah, yang potensial mengandung bakteri. Karena itu, awasi selalu si kecil saat sedang mengaduk bahan-bahan kue, jangan sampai ia tergoda mencolek adonan yang masih mentah, bisa-bisa nantinya berakibat si kecil jadi sakit perut!

Jangan biarkan anak yang masih kecil menyentuh atau mengangkat sendiri wadah masak yang panas - bila anak sudah berusia 7 tahun atau lebih, kita bisa mengajari mereka pelan-pelan untuk selalu menggunakan sarung tangan atau pegangan anti panas saat mengangkat panci, loyang pemanggang dan penggorengan dari atas kompor.

Selalu pastikan kompor maupun alat-alat lain seperti mixermicrowave, oven selalu dimatikan dengan sempurna saat sudah selesai digunakan. Selain hemat energi, juga aman dari bahaya.

Saat ini, tersedia berbagai macam alat-alat untuk membuat kue yang berukuran khusus untuk anak-anak. Bila moms cukup sering baking bersama si kecil, investasilah sedikit untuk membeli perkakas pembuatan kue yang seukuran si kecil, untuk membuat kegiatan masak-memasaknya semakin menyenangkan sekaligus aman, karena peralatan yang sesuai ukuran pengguna bisa meminimalisir kecelakaan yang terjadi saat digunakan.

Dapur memang banyak bahayanya bagi si kecil - singkirkan semua alat bermata tajam dan hanya sisakan peralatan yang akan digunakan. Selamat membuat kue bersama si kecil!

Tuntun anak-anak ke jalan hidup yang sukses dan bahagia lewat tips dan trik penting kami untuk semua umur:

Penting untuk kita orangtua: waspada benturan kepala pada anak

Aman dan nyaman bermain bersama anak di bawah terik matahari

Penting dibaca: Asuransi untuk kamu yang baru punya anak!