Pentingnya Asuransi Hari Tua untuk Masa Tua yang Lebih Bahagia

Jumat, 5 Juni 2020
Pentingnya Asuransi Hari Tua untuk Masa Tua yang Lebih Bahagia.jpg

Seperti yang diketahui, beberapa generasi lama dan baru sangat mengharapkan untuk bisa bekerja menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal tersebut dikarenakan, orang yang bekerja di aparatur sipil, lebih memiliki jaminan kehidupan yang lebih baik, salah satunya jaminan asuransi hari tua.

Namun, tak perlu berkecil hati bagi kamu yang tidak bisa menjadi PNS, karena dengan mengikuti asuransi hari tua, masa depanmu juga tak kalah terjamin kok. Apalagi bagi kamu yang sudah tidak produktif lagi untuk bekerja di atas usia tertentu.

Selain jaminan dana untuk hari tua, asuransi hari tua juga bisa memberikanmu banyak manfaat lainnya. Namun, hal tersebut juga tergantung dari produk asuransi hari tua yang kamu pilih.

Manfaat Mengikuti Asuransi Hari Tua

Nah, buat kamu yang masih bingung, seberapa penting asuransi hari tua bagi masa tuamu, berikut intip deretan manfaatnya yang wajib diketahui:

1. Terdapat Santunan hingga Meninggal Dunia

Manfaat asuransi hari tua yang pertama adalah kamu bisa mendapatkan bantuan uang santunan ketika masa pensiun hingga uang santunan ketika kamu meninggal dunia. Untuk jumlah santunannya sendiri, biasanya sesuai dengan kesepakatan kamu dengan pihak asuransi di awal pengajuan.

Tidak hanya itu, besarnya premi yang harus dibayar setiap bulannya pun, menentukan besaran jumlah santunan, yang nantinya akan kamu dapatkan di masa tua.

2. Bisa Membantumu Mempertahankan Gaya Hidup

Manfaat dari asuransi hari tua yang kedua adalah bisa membantumu mempertahankan gaya hidup. Maksudnya bagaimana? Nah, biasanya kamu mungkin memiliki kebiasaan gaya hidup ketika muda yang sulit dihilangkan.

Misalnya seperti hobi bermain golf, ngopi di kafe, membeli buku bacaan, dan lain-lain, yang tentunya memiliki pengeluaran tersendiri setiap bulannya.

Nah, ketika masa pensiun tiba, bisa saja kamu tidak memiliki pemasukan lagi untuk melakukan gaya hidup di masa muda. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi, jika kamu mengikuti asuransi hari tua dengan jaminan dana pensiunnya yang bisa mencukupi kehidupanmu di masa tua.

Meskipun frekuensinya mungkin tidak akan sesering ketika muda, yang penting kamu tetap bisa mempertahankan salah satu gaya hidupmu dan tetap bisa membuat masa tuamu bahagia.

 

 3. Bisa Menikmati Masa Tua yang Lebih Bahagia

Berakit-rakit dahulu, berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Mungkin pantun tersebut cukup untuk menggambarkan manfaat asuransi masa tua berikut ini, yakni bisa menikmati hidup di masa tua yang lebih bahagia.

Namun, hal tersebut tidak akan terjadi jika kamu tidak berusaha dan giat, dalam bekerja ketika masih muda. Pasalnya, dengan memiliki keinginan bekerja di masa muda, kamu akan lebih mudah dalam membayar premi asuransi hari tua setiap bulannya, untuk bisa dinikmati di masa tua.

Sehingga, ketika masa tua tiba, kamu tidak perlu lagi membanting tulang untuk mencari pemasukan, padahal usiamu sudah tidak lagi produktif. Dengan asuransi hari tua, kamu hanya tinggal duduk manis, menikmati jerih payahmu selama ini.

4. Kamu Bisa Terlindungi dari Berbagai Macam Risiko

Di usia yang tidak lagi muda, mungkin saja akan ada banyak risiko yang mengancam kehidupan Anda. Entah itu dalam hal kesehatan, kecelakaan, atau hal lainnya.

Pasalnya, berbagai risiko dalam kehidupan tidak bisa kita hindari. Apalagi, di usia kamu yang semakin menua dan rentan terhadap berbagai penyakit. Misalnya komplikasi penyakit, sakit kritis, cacat, bahkan hingga meninggal dunia.

Namun, dengan mempersiapkan dana pensiun dari asuransi hari tua, kamu tidak perlu khawatir lagi dengan berbagai macam risiko yang bisa mengancammu. Setidaknya, kamu tidak perlu repot mencari pinjaman dana untuk digunakan sebagai biaya rumah sakit, dan mengganggu keuangan keluarga.

 Apa Bedanya Mengikuti Asuransi Hari Tua dengan Investasi?

Sebenarnya, untuk bisa membuat hari tua kamu bahagia, kamu juga bisa melakukan investasi yang hasil keuntungannya bisa dinikmati di masa tua. Namun, apa bedanya mengikuti asuransi dengan investasi?

Nah, supaya kamu tidak salah kaprah, yuk intip perbedaan antara asuransi dan investasi, berikut ini:

  • Jika Dilihat dari Tujuannya

Asuransi Hari Tua: Tujuan asuransi hari tua adalah melindungi kamu dari berbagai macam risiko. Jadi, ketika risiko itu terjadi, kamu bisa terlindungi oleh asuransi.

Investasi: Tujuan investasi adalah untuk mengembangkan dana atau aset, agar bisa mencapai suatu tujuan keuangan. Ada banyak tujuan keuangan yang bisa digunakan dari hasil investasi, misalnya seperti biaya menikah, beli rumah, mobil, naik haji, pendidikan anak, dana pensiun dan lain-lain.

 

  • Jika Dilihat dari Hasil

Asuransi Hari Tua: Hasil dari asuransi hari tua yang bisa terlihat adalah perlindungan.

Investasi: Hasil dari investasi bisa terlihat, dan jumlahnya bisa berkembang bahkan bisa juga menurun, sesuai kondisi pasar modal.

  • Jika Dilihat dari Risiko

Asuransi Hari Tua: Ketika kamu memiliki asuransi hari tua, maka hal tersebut memang bertujuan untuk menghadapi risiko yang akan terjadi terhadap kamu. Dan risiko yang pasti akan terjadi adalah sakit dan meninggal dunia. Namun, hal yang tidak pastinya adalah kapan risiko tersebut akan terjadi.

Sehingga, mau terjadi atau tidak risiko tersebut, kamu tetap harus membayar premi setiap bulannya.

Investasi: Nah, kalau investasi memiliki risiko yang tidak pasti, yakni aset atau dana kamu bisa saja berkurang atau bertambah. Hal tersebut pun tidak ada yang bisa memastikannya. 

  • Jika Dilihat dari Flesibilitas Dana

Asuransi Hari Tua: Biaya premi asuransi yang kamu keluarkan setiap bulannya tetap sesuai dengan polis yang kamu telah tetapkan.

Investasi: Besaran dana yang dikeluarkan untuk investasi bersifat fleksibel, jadi kamu bisa menyesuaikannya, bisa menambah atau bisa menguranginya.

Apakah Kamu Bisa Mengajukan Produk Asuransi sekaligus Investasi? 

Tentu bisa dan beberapa perusahaan juga sudah banyak yang menyediakan produk asuransi plus investasi, seperti di PT. Asuransi Jiwa Generali. Bahkan, Generali siap menjangkau kamu, merangkul kamu untuk merencanakan masa tua yang lebih mapan, seperti salah satu produk asuransi berikut ini.

Program iPRIME

Salah satu produk asuransi jiwa unit link dari generali ini bernama iPRIME. Dengan sistem pembayaran premi secara berkala, membuat iPRIME dirancang khusus untuk memberikan proteksi dan memaksimalkan porsi investasi, melalui fasilitas serta manfaat tambahan investasi.

iPRIME juga memberikan fleksibilitas bagi Anda untuk memiliki berbagai jenis asuransi tambahan beserta instrumen investasi, dengan risiko yang terukur dan terjaga.

Sehingga, jika kamu ingin memiliki produk asuransi hari tua sekaligus investasi, iPRIME bisa jadi solusi tepat. Tidak hanya iPRIME, Generali juga memiliki berbagai produk asuransi lainnya, yang juga memberikan manfaat, sesuai kebutuhan kamu.

Generali juga menyiapkan beranda financial consultant profesional, yang siap membantumu untuk mewujudkan rencana keuangan yang sistematis. Mulai dari keperluan keuangan jangka panjang dan jangka pendek, hingga manajemen risiko keuangan.

Kamu bisa dengan mudah request atau meminta konsultasi melalui website resminya di www.generali.co.id, sesuai pilihan kota yang tersedia, di mana agen Generali akan siap mendengarkan!