Penjelasan Menarik Seputar Asuransi Perlindungan Jiwa Syariah

Healthy Protection Sabtu, 6 Juni 2020
Penjelasan Menarik Seputar Asuransi Perlindungan Jiwa Syariah.jpg

Apabila berbicara mengenai asuransi, tentunya belum tentu semua orang akan tertarik untuk membahasnya. Karena masih beranggapan bahwa asuransi bukan sebagai prioritas yang harus direncanakan dari sekarang. Mendengar kata asuransi tentunya bukan sebuah kata asing di kuping kamu, namun apakah sebelumnya kamu pernah mendengari mengenai asuransi perlindungan jiwa syariah?

Konsep ini tentunya terasa baru dan asing di telinga kalian masing-masing. Namun tidak perlu bingung, karena artikel ini akan memberikan kamu informasi lengkap seputar asuransi perlindungan jiwa syariah.

Sebelum membahas lebih dalam terkait apa itu asuransi perlindungan jiwa syariah, mari kita simak dulu sedikit cerita terkait perjalanan manusia yang dikaitkan dengan masalah kemanusiaan.

Pandangan Kemanusiaan Jika Dilihat dari Suatu Agama

Dapat dikatakan bahwa sejak kecil setiap anak dididik dengan dibekali nilai-nilai positif oleh orang tuanya masing-masing. Mengapa? Agar kelak sang anak bisa menjadi anak yang baik dan bisa memberikan banyak manfaat kepada orang di sekitarnya.

Sama halnya dengan agama yang sudah dapat dipastikan selalu memberikan pandangan dan nilai-nilai positif yang harus dilaksanakan oleh umatnya. Salah satunya yaitu Agama Islam yang selalu menanamkan nilai-nilai kebaikan kepada umatnya agar bisa memberikan manfaat yang baik terhadap umat lainnya.

Jadilah Manusia yang Bermanfaat bagi Sesama

Salah satu nilai penting yang ditanamkan kepada manusia adalah larangan untuk menjadi pribadi yang pelit. Lho mengapa?

Karena sesungguhnya harta yang diberikan kepada kita semua hanyalah sebuah titipan yang sewaktu-waktu bisa diambil kembali oleh Allah SWT apabila kita hanya memikirkan diri kita sendiri tanpa kamu berbagi kepada kaum yang lebih membutuhkan.

Untuk itu, seberapapun rezeki yang kamu dapatkan, utamanya kamu harus bersyukur dan melihat kondisi sekitar untuk bisa melakukan kebaikan. Jangan takut untuk berbagi, karena dengan berbagi akan membuka pintu rezekimu menjadi lebih luas.

Seseorang yang tidak sungkan untuk memberi dan membantu orang-orang yang sedang membutuhkan bantuan ialah dapat dikatakan sebagai orang yang bermanfaat terhadap orang banyak.

Berbagi Tidak Akan Membuatmu Miskin

Jadi, jangan pernah berpikir bahwa dengan memberi dan membantu orang lain akan mengurangi rezeki yang kamu miliki. Karena rezeki yang sudah kamu keluarkan untuk membantu orang-orang di sekitar kamu, akan dibalas berlipat ganda lho oleh Allah SWT.

Perlu kamu ketahui bahwa menyalurkan harta di jalan Allah SWT dinilai sebagai kebaikan yang manfaatnya dirasakan lebih lama oleh orang banyak. Apabila ingin hidupmu bermanfaat untuk banyak orang, salah satu hal penting yang bisa kamu lakukan adalah menyalurkan kebaikan.

Wakaf Bisa Jadi Kegiatan yang Berpahala

Bagaimana contohnya? Sebagai pelengkap informasi saja, menyalurkan kebaikan bisa dengan berbagai macam cara, yaitu melalui wakaf sesuai dengan kemampuan kamu masing-masing karena tidak ada tuntutan atau patokan minimalnya lho ya, jadi kamu tidak perlu ragu ataupun takut.

Apa Itu Wakaf?

Lebih lanjut membahas mengenai wakaf, kamu harus tau bahwa wakaf adalah bagian dari sedekah jariyah yaitu menahan harta benda dari urusan jual beli, pewarisan, hibah, dan wasiat untuk kebaikan manusia dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Tentunya ini merupakan salah satu tindakan positif yang bisa dilakukan oleh siapapun. Keutamaan dari menyalurkan harta di jalan Allah SWT adalah akan dilipatgandakan pahala kamu menjadi tujuh ratus kali. Wah, sangat banyak ya dan bisa dipastikan banyak dari kamu yang belum mengetahui hal ini sebelumnya.

Hal ini masuk ke dalam QS 1:261 yang menjelaskan apabila manusia menanam benih di unia, maka Allah SWT akan melipatgandakan pahala hingga mencapai tujuh ratus kali. Dengan demikian, sudah pasti satu langkah kebaikan kamu dapat menumbuhkan tujuh ratus pahala yang mengalir.

Sudah percaya kan bahwa berbuat balik salah satunya dengan suka beramal akan memperbanyak rezeki kamu?

Informasi selanjutnya yang penting kamu ketahui adalah bahwa harta yang diwakafkan oleh pemberi wakaf atau yang biasa disebut dengan wakif dan disalurkan dengan tepat maka dapat memperluas manfaatkan.

Nah, oleh sebab itulah wakaf dapat memberi nilai sosial yang tinggi serta berkah yang terus menerus kepada pemberi wakaf, karena harta yang diwakafkan akan tetap utuh lho meskipun harta yang diwakafkan bernilai kecil.

Hal ini yang sudah ditekankan sejak awal bahwa tidak ada minimal nominal yang ditetapkan kepada masing-masing orang karena hal tersebut diserahkan kembali sesuai dengan kemampuan masing-masing. Oleh karena itu, semua orang bisa melakukan hal ini tanpa memandang status sosial.

Fatwa Tentang Wakaf

Informasi yang tidak kalah penting ini juga, harus kamu ketahui bahwa berdasarkan Fatwa Dean Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia NO : 106/DSN-MUI/X/2016 tentang wakaf, di mana manfaat asuransi dan manfaat investasi pada asuransi jiwa syariah adalah sebagai berikut:

“Mewakafkan manfaat asuransi dan manfaat investasi pada asuransi jiwa syariah hukumnya boleh dengan mengikuti kebijakan yang terdapat dalam fatwa ini.”

Setelah mengetahui informasi ini tentunya kamu dilarang untuk menunda wakaf kamu agar bisa segera melakukan kebaikan.

Di Mana Kamu Bisa Melakukan Wakaf?

Setelah mengetahui penjelasan umum mengenai wakaf, kamu juga harus tau bahwa jenis wakaf dapat ditunaikan melalui produk asuransi perlindungan syariah, yang tentunya bertujuan untuk meningkatkan pahala dan manfaat yang berlipat ganda tanpa kamu harus menunda-nunda waktu untuk memiliki dana yang besar.

Lalu, bagi kamu yang sudah memiliki niat untuk wakaf namun masih bingung memilih produk yang asuransi perlindungan jiwa syariah, kamu bisa menggunakan iPLAN Syariah dari Generali yang telah bekerjasama dengan Dompet Dhuafa sebagai lembaga wakaf terpercaya.

Program iPLAN Syariah dari Generali

Selain itu, iPLAN Syariah memastikan manfaat wakaf uang yang diserahkan dari manfaat hidup dan meninggal dunia (Wakaf Manfaat Asuransi dan Investasi). Nantinya peserta akan menyisihkan sebagian dari kontribusi untuk ibadah abadi, yaitu dalam bentuk perwujudan amana untuk keluarga dan sesakma dengan berkah tiada henti.

iPLAN Syariah serta program wakaf dari Generali telah mendapat persetujuan dari Dewan Pengawas Syariah (DPS) yang merupakan anggota dari Dewan Syariah Nasional (DSN) – MUI dan IKNB Syariah – OJK. Jadi dapat dikatakan bahwa iPLAN Syariah memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi dan sangat terpercaya.

2 Manfaat Wakaf yang Perlu Kamu Ketahui

1. Mendapatkan Pahala yang Berlimpah

Sebagai umat muslim, tentunya kamu pasti kamu tau bahwa setiap kebaikan yang kamu berikan akan dibalas berlipat ganda oleh Allah SWT. Oleh karena itu para umat muslim berbondong-bondong untuk berbuat baik sebanyak-banyaknya.

Eits, namun alasan berbuat baik tidak karena hanya mengharapkan pahal yang berlimpah ya, melainkan memang bertujuan untuk menanamkan nilai kebaikan sekecil apapun.

Karena kebaikan seseorang tidak hanya dilihat dari besar atau kecilnya, namun yang menjadi kunci utamanya adalah keikhlasan yang kamu ada di diri kamu. Oleh karena itu, kunci utama dalam menebarkan kebaikan adalah ikhlas.

2. Menjauhkan Kamu dari Sifat Serakah

Tidak sedikit orang yang bisa menjadi sombong dengan rejeki melimpah yang diberikan oleh Allah SWT. Nah, sifat ini tentunya adalah sifat yang harus kamu hindari karena rejeki yang kamu miliki saat ini, sewaktu-waktu bisa diambil kembali oleh Allah SWT karena sifat sombong kamu.

Dengan sering beramal, kamu menjadi tau bahwa sebenarnya di dalam rejeki yang kamu dapatkan terdapat hak orang-orang yang lebih membutuhkan. Untuk itu, mulai lah banyak bersyukur dari sekarang dan biasakan berbagi kepada orang yang lebih membutuhkan.

Nah, setelah mengetahui informasi lengkap di atsa tentunya saat ini kamu sudah tidak ragu untuk berbuat baik salah satunya melalui program iPLAN Syariah dari Generali. Yuk, mulai tebarkan kebaikan sebanyak mungkin dimulai dari sekarang.