Hobi menarik untuk mengisi masa pensiun dengan happy dan aktif

Healthy Lifestyle 13 Januari 2020

Setelah bertahun-tahun bekerja dengan rutinitas jam 9 pagi hingga 5 sore, saat pensiun adalah waktunya beristirahat dan mengisi waktu dengan kegiatan yang positif serta membawa mood yang happy.

Ini beberapa hobi menarik untuk para pensiunan agar tetap aktif.

Wisata domestik

Jelajahi negeri kita sendiri, Indonesia, yang kaya budaya dan alam indah. Mulai dari Bali, Lombok, Makassar, Balikpapan, Surabaya, Medan, Jogjakarta - dan berbagai kota-kota kecil di antaranya, jalan-jalan sambil berwisata kuliner dan mengunjungi tempat-tempat menarik bersama pasangan, anak atau cucu, adalah salah satu hobi yang bisa dimulai saat waktu pensiun tiba.

Belajar instrumen musik

Selain membantu relaksasi dan sebagai obat anti stres, belajar instrumen musik juga memberikan efek positif pada otak dan pikiran.

Rutin berolahraga

Tetap rajin berolahraga sangat penting - dengan bertambahnya usia, kita butuh menggerakkan tubuh dan melatih otot-otot agar tetap kuat dan lentur. Cari olahraga yang ringan dan menyenangkan, seperti kelas yoga, kelas dansa atau komunitas berjalan kaki, supaya sekalian menambah kenalan baru untuk sehat bersama!

Belajar bahasa baru

Ini salah satu cara untuk membuat otak kita tetap segar: melatihnya dengan mempelajari bahasa yang baru. Sekaligus bisa menjadi alasan berlibur ke negara tersebut untuk melatih bahasa baru ini, ya kan?!

Bercita-cita untuk terus awet muda? Pelajari segalanya tentang bagaimana tetap sehat di usia lanjut dan tips untuk selalu awet muda disini: 

Olahraga terbaik untuk manula di atas 60 tahun...yang bisa dilakukan bersama teman-teman seangkatan!

Infografis: mengapa punya dana pensiun pribadi sangat penting

Tips jitu untuk para milenial yang berencana pensiun dini