Bebas incaran hacker: ini caranya menggunakan teknologi smart home yang tetap aman!

Healthy Protection 22 Januari 2020

"OK, Google" atau "Alexa, tolong nyalakan musik sekarang, ya" - keren sekali rasanya saat mengucapkan kalimat sakti ini! Setelah banyak kita lihat di film-film, teknologi canggih nan modern yang merubah rumah kita menjadi smart home pun sudah tiba di Indonesia. Berbagai fungsinya mulai dari mengukur suhu ruangan dan membantu menyalakan perangkat keamanan dan alarm rumah sampai AC, semakin banyak peran yang dijalankannya dalam hidup masyarakat masa kini.

Selain segala kemudahan yang diberikan oleh peralatan rumah tangga yang "pintar" ini, ada beberapa hal yang perlu kita cermati: terutama, pencurian identitas oleh para hacker: karena, semakin sering kita menggunakan alat-alat pintar ini, semakin banyak pula data pribadi, kebiasaan-kebiasaan dan hal-hal personal yang kita simpan di dalamnya, sehingga hacker bisa dengan mudah mengeksploitasi kelemahan-kelemahan kita.

Inilah alasan mengapa menggunakan peralatan rumah tangga berteknologi tinggi ini tetap harus diiringi dengan berbagai langkah pengamanan termaksimal. Mulai dari mengamankan jaringan internet wifi di rumah, dengan rutin mengganti nama jaringan dan selalu menggunakan kata sandi yang kuat dengan banyak karakter kombinasi huruf besar dan huruf kecil, angka dan simbol khusus. Tambahkan enkripsi di koneksi wifi lewat WPA2 untuk perlindungan ekstra.

Selalu rutin mengganti-ganti nama pengguna dan kata sandi untuk berbagai alat-alat canggih, dan pastikan setelan privasi selalu terpasang pada tingkat keamanan maksimal. Oh ya, jangan lupa juga untuk selalu memastikan software di seluruh perangkat kita selalu ter-update agar fungsi-fungsi pengamanannya selalu merupakan yang terbaru.

Yang terpenting: selektiflah memilih alat-alat pintar mana yang ingin digunakan. Baca review pengguna di internet dan hanya pilih teknologi yang dibuat oleh perusahaan dengan nama besar dan sudah pasti terjamin keamanannya. Selengkapnya, yuk tonton video berikut ini.

Mulai dari kerajinan tangan sampai dengan resep-resep masakan yang mudah dan lezat, temukan segala hal penting untuk hidup kreatif dan bahagia disini: 

Inilah Sistem Keamanan Rumah tercanggih masa kini

Praktis & hemat: tips renovasi rumah sendiri

Pangkas biaya listrik dan hemat hingga 15% dengan teknologi pintar yang ramah lingkungan