5 Menu Hangat, Praktis & Hemat untuk Musim Hujan

Healthy Wealth 06 Maret 2020

Musim hujan kembali tiba. Saat cuaca sedang tak menentu, hujan angin melanda, penting untuk membekali diri sendiri serta seluruh keluarga dengan hidangan yang selain lezat, gizinya seimbang, penuh vitamin dan nutrisi lengkap yang akan bantu membentengi kamu dan keluarga dari gangguan penyakit. Makanan yang termasuk cocok dinikmati saat musim hujan termasuk makanan berkuah dan yang berbumbu rempah.

Bagaimana menyiasati supaya menyajikan masakan yang bergizi di saat musim hujan tiba juga tidak bikin anggaran belanja naik drastis? Ini 5 tips praktisnya.

1. Berbelanjalah sesuai budget

Setiap minggu, tentukan anggaran yang sesuai dengan kantong, lalu berbelanjalah menggunakan anggaran yang sudah dipersiapkan tersebut. Jangan berbelanja bahan makanan saat sedang lapar, karena kamu akan lebih mudah tergoda membeli makanan terlalu banyak.

Kunjungi berbagai toko grosir, supermarket dan pasar tradisional, serta cek harga di toko online sebagai perbandingan harga. Cari penawaran terbaik - potongan harga, biarpun sedikit-sedikit, lama-lama jadi bukit penghematannya!

2. Hindari membuang-buang makanan

Saat masih kecil, ingatlah bahwa nenek atau ibu dulu pernah memperingatkan kita: "Makan harus dihabiskan, kalau tidak nanti nasinya nangis". Makanan yang tersia-sia merupakan salah satu masalah terbesar di dunia - banyak sekali masakan matang maupun bahan makanan mentah terbuang karena tak terjual atau sudah lewat masa kadaluwarsanya, sementara masih banyak penduduk dunia kelaparan di mana-mana.

Hanya beli makanan yang sudah pasti akan kamu makan sampai habis dan gunakan semaksimal mungkin alih-alih dibuang saat tersisa: tulang ayam bisa dijadikan kaldu, jeroannya untuk makanan kucing peliharaan, sisa-sisa sayuran dan kulit buah bisa dijadikan pupuk kompos.

3. Beli langsung produk segar ke petani buah dan sayuran

Ada aplikasi online yang kini memungkinkan kita untuk langsung membeli buah dan sayuran langsung dari tangan pertama, yaitu dari petani yang menanamnya sendiri. Selain lebih murah, kamu juga sudah turut berpartisipasi menolong petani untuk cepat menjual produk-produk kebun mereka.

Lagipula produk yang dibeli langsung dari tangan pertama biasanya lebih segar dan bebas pengawet, karena tidak menempuh jarak perjalanan terlalu jauh untuk sampai ke pembeli. Pilihan organik yang bebas pestisida pun kini banyak tersedia.

4. Sedikit demi sedikit, mulai kurangi makan produk hewani

Daging sapi, ayam dan ikan harganya sudah pasti jauh lebih mahal ketimbang protein nabati yang merakyat seperti tahu dan tempe. Cobalah untuk mengurangi konsumsi produk hewani, yang selain menghemat pengeluaran, lebih ramah lingkungan, sekaligus lebih baik untuk kesehatan tubuh.

Kamu tak perlu langsung beralih jadi vegan 100%, tapi bila kamu tertarik membaca lebih lanjut mengenai cara mengurangi konsumsi daging, silakan klik tautan ini.

Kalau tetap ingin makan daging, ya tidak apa-apa sih, sesekali juga tetap boleh. Tips penting: carilah potongan daging seperti sengkel atau sandung lamur - yang harganya tak terlalu mahal sebab tak selembut sirloin, tapi bila dimasak dalam waktu lama akan jadi empuk dan lumer di mulut.

5. Memasak sekaligus untuk sepekan

Salah satu cara terbaik untuk berhemat adalah dengan memasak sekaligus dalam jumlah banyak di akhir minggu, yang lalu bisa dibagi-bagi ke porsi satuan untuk disimpan dalam kulkas. Saat tak punya waktu memasak di hari kerja, kamu tinggal keluarkan porsi satuan yang bisa cepat dihangatkan dan siap santap dalam sekejap. 

Resep yang sesuai prinsip-prinsip praktis di atas

Saat hujan deras turun di luar dan cuaca lebih dingin dari biasanya, beberapa resep masakan yang hangat, praktis, sehat dan hemat yang bisa kamu coba di rumah antara lain:

Bakso komplit

Kuah kaldu bakso yang mengandung kolagen sapi, baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta bantu menangkal radang dan infeksi. Bakso merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang universal dan cocok sekali dinikmati di musim hujan, sebab gizinya lengkap: bakso daging ayam, sapi atau ikan, daun bawang, seledri, kamu juga bisa tambahkan berbagai topping seperti sayur sawi, tahu putih dan cabe rawit, serta mie telur untuk asupan karbonya.

Soto ayam

Kuah soto ayam selain mengandung kaldu ceker yang kaya mineral penting, juga dibuat dengan bumbu kuning khas Nusantara yang mengandung kunyit, jahe, kemiri, lengkuas, serta bawang merah dan bawang putih - gabungan kesemuanya merupakan warisan kekayaan bumbu rempah Indonesia yang tinggi antioksidan, mampu memperbaiki kinerja sel-sel tubuh akibat radikal bebas dan berbagai racun yang mudak masuk ke dalam tubuh, mencegah tumor dan kanker.

Untuk protein dan vitamin ekstra, tambahkan telur, suwiran ayam, tomat, kol, daun bawang, toge dan sambal, serta potongan kentang, emping dan soun untuk karbo dan seratnya.

Pecel

Pecel adalah hidangan yang punya ratusan variasi dan bumbunya mudah dibuat. Bahkan bagi yang tak mau repot mengulek, banyak bumbu kering pecel praktis tersedia di pasar dan supermarket - tinggal diaduk bersama air panas saat penyajian.

Hidangan ini juga cocok untuk para vegan dengan bonus sehat, rendah lemak dan rendah kalori, sebab bahan bakunya adalah gabungan berbagai sayuran yang dikukus. Tambahkan protein: hewani dengan telur rebus, atau nabati dengan tahu dan tempe goreng supaya gizinya semakin lengkap.

Nasi goreng

Nasi goreng adalah salah satu makanan favorit semua orang Indonesia, sebab hidangan ini selain mudah dibuat bahannya pun tak sulit didapat dan variasinya begitu banyak di seluruh negeri kita tercinta. Ayam, ikan, udang, bakso, berbagai sayuran, telur, cabe, bumbu rempah, apapun bisa dijadikan isi topping nasi goreng yang sesuai selera. Untuk pilihan versi vegan, nasi goreng sayur-sayuran bisa jadi pilihan.

Nasi goreng mudah dipersiapkan dalam jumlah banyak, siap dibagi per porsi yang tinggal dipanaskan sebelum makan. 

Sambal goreng krecek kacang tolo

Sambal goreng krecek kacang tolo yang dilengkapi protein nabati, selain lezat juga mudah disiapkan. Rasa santan yang gurih berpadu dengan pedasnya cabe, lezat di lidah, hangat di badan. Kacang tolo mengandung asam folat, kalsium dan zinc, santan adalah lemak baik yang bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut, sedangkan krecek sapinya membantu melawan anemia dan kolesterol.

Spaghetti Aglio Olio

"Aglio Olio" artinya "bawang putih dan minyak" - ya, sesimpel itulah cara membuat hidangan khas Italia ini. Spaghetti yang sudah matang direbus tinggal ditumis bersama bawang putih dan minyak zaitun - keduanya berfungsi untuk melindungi kesehatan jantung, berpotensi menanggulangi Alzheimer, menurunkan kolesterol dan mengendalikan gula darah, serta berkhasiat anti bakteri dan anti radang. Bila suka, tambahkan potongan cabe kering dan / atau ikan tuna ke dalam Spaghetti Aglio Olio buatanmu. Mudah, praktis, lezat dan menyehatkan.

 

Mulai dari saran mengenai cara makan sampai dengan resep camilan sehat, semua yang kamu butuhkan untuk memulai gaya hidup sehat ada disini:

Makanan terbaik untuk pelari: sebelum dan sesudah latihan

5 Resep Smoothie enak, lezat dan penuh nutrisi

Temukan nutrisi dan vitamin yang sesuai dengan DNA-mu!