Bagaimana caranya supaya anak tetap betah #DiRumahAja?

Minggu, 10 Mei 2020
Cara agar anak tetap betah saat #DiRumahAja

Sekolah di seluruh dunia diliburkan karena wabah Coronavirus COVID-19, baik itu taman bermain, TK, SD, SMP, SMA bahkan universitas. Dengan digalakkannya gerakan #DiRumahAja, maka otomatis anak-anak juga tetap berada di lingkungan rumah selama jangka waktu cukup lama.

Karena anak-anak memang sangat mudah bosan, bagaimana caranya supaya anak tetap betah #DiRumahAja? Simak tipsnya supaya anak tetap senang meski terkurung di rumah, sekaligus bikin moms and dads juga tetap happy!

Cari kegiatan yang cocok dengan umur anak

Pertama-tama, berapa usia anak kita? Cari kegiatan yang sesuai dengan umur anak - jangan samakan kegiatan untuk si anak besar beranjak remaja dengan yang masih usia TK atau batita.

Kegiatan untuk anak usia 1-5 tahun: membaca buku cerita dengan banyak gambar, bermain boneka binatang dan masak-masakan.

Kegiatan untuk anak 3-7 tahun: menggambar dan mewarnai, karaoke dan belajar menyanyi bersama-sama, membuat origami dan bermain petak umpet.

Kegiatan untuk anak 6-9 tahun: membaca buku cerita dengan lebih banyak tulisan, bermain Monopoli, kartu atau domino.

Kegiatan untuk anak 10-15 tahun: belajar vlogging, latihan menulis cerita, main Scrabble.

Untuk semua usia: menonton film keluarga, olahraga bersama dan belajar memasak.

Perbanyak kegiatan manual dan kurangi waktu main gadget

Kurangi sedapat mungkin penggunaan gadget - perbanyak kegiatan manual seperti membaca buku dan kerajinan tangan. Ajak anak untuk berkreasi sebaik mungkin, misalnya dengan mengadakan "lomba" menggambar, mewarnai, membuat kue atau menulis puisi. Sediakan berbagai hadiah kecil yang menarik untuk para "pemenang lomba".

Jangan lupa, moms and dads harus selalu sabar dan santai, ya

Yang terpenting, moms and dads juga harus selalu bersikap sabar dan santai, karena memang mengurus anak penuh waktu selama 24 jam tidak mudah. Rajin-rajin tarik nafas panjang dan hitung mundur dari angka 10 bila rasanya ingin meledak marah karena ulah anak - tetap jaga kesabaran, karena semua anak memang dalam proses belajar setiap saat.

Manfaatkan saat-saat anak sedang tidur siang untuk me-time - beberapa tips di tautan ini bisa diikuti untuk menyisihkan waktu me-time di tengah kesibukan sebagai orangtua.

Untuk tips merawat anak dan berbagai artikel parenting lainnya, moms and dads bisa ikuti artikel-artikel berikut:

Yuk, ajak anak untuk olahraga lari supaya lebih sehat dan aktif

Tips agar anak tak rewel di perjalanan saat mudik Lebaran

Tabungan Terbaik untuk Anak: Kenali Fitur-fiturnya

Penting untuk kita orangtua: waspada benturan kepala pada anak

Cara mudah membantu anak sukses ulangan di sekolah