Cegah serangan virus flu dengan tips berikut ini!

05 April 2020
healthy living thumb

Wabah COVID-19 melanda seluruh dunia. Covid-19 sebetulnya merupakan keluarga virus yang menyebabkan flu dan pilek - COVID-19 merupakan versi yang menyerang lebih ganas dan bisa mengakibatkan gangguan pernafasan sampai pneumonia akut. Bentengi diri kita lewat peningkatan kekebalan tubuh, perbaiki sistem imunitas dengan beberapa tips penting untuk diterapkan berikut ini.

Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut sebelum cuci tangan

Sepulang bepergian kemanapun, selalu cuci tangan dengan bersih menggunakan sabun, sebab tangan selalu menyentuh permukaan yang berpotensi mengandung bakteri dan virus - jangan salah, permukaan apapun yang terlihat bersih, termasuk HP, gagang pintu, uang maupun kartu ATM merupakan sarana penularan terbesar virus! Virus Corona COVID-19 bisa bertahan aktif hidup di berbagai permukaan mulai dari 4-8 jam (besi, metal dan alumunium) hingga 4-5 hari (permukaan dari kayu, plastik dan kertas).

Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut sebelum membersihkan tangan dengan menyeluruh, sebab tiga indera ini merupakan jalur masuk kuman dan virus yang paling umum terjadi.

#DiRumahAja

Saat kita tidur adalah saat tubuh berbenah diri, melakukan perbaikan pada jaringan yang rusak, menyembuhkan luka dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Karena itu, supaya sistem imunitas semakin baik, beristirahatlah di rumah. Manfaatkan waktu saat WFH (Work from Home) alias bekerja dari rumah dan isolasi untuk tidur lebih lama. Tidur dengan suhu ruangan yang pas - tidak terlalu panas, tapi AC juga tak kelewat dingin - berpengaruh menentukan kualitas tidur.

Uap dengan minyak kayu putih

Indonesia punya kekayaan rempah-rempah dan tumbuhan herbal yang luar biasa. Salah satunya adalah minyak kayu putih, yang sudah digunakan oleh begitu banyak orang Indonesia selama puluhan generasi. Nah, khasiat minyak kayu putih adalah melegakan jalur pernapasan. Saat hidung tersumbat karena pilek, campur sebaskom air panas dengan beberapa tetes minyak kayu putih, lalu tutup kepalamu dengan handuk, menghadap si baskom. Hirup uap hangat dan wangi yang dihasilkan oleh campuran air panas dan minyak kayu putih, rasakan sumbatan di hidung hilang perlahan-lahan.

Wedang Uwuh

Wedang Uwuh, minuman khas Jogja ini, semakin ngetop sebagai salah satu minuman tradisional Indonesia yang selain enak, bercitarasa pedas dan manis, hangat di badan dan kaya fungsi baik dari antioksidan rempah-rempah di dalamnya.

Untuk membuat Wedang Uwuh, campur 4 sendok makan gula pasir, 2 batang kayu manis, 8 cm ruas jahe bakar yang sudah digeprek, 30 gram secang, 10 biji cengkeh, 4 lembar daun pala dan 5 lembar daun cengkeh dengan 600 ml air putih matang. Rebus semua bahan sampai mendidih dan warna air berubah merah. Nikmati selagi masih mengepul panas untuk menyegarkan tubuh.

Soto Ayam

Kalau di Barat ada sop ayam, Indonesia punya versi supernya: Soto Ayam kampung! Khasiat Soto Ayam berasal dari gabungan kaldu tulang serta ceker ayam kampung nan kaya mineral esensial dan kunyit, si bumbu dapur ajaib yang punya berbagai manfaat kesehatan - termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan inflamasi. Dengan pelengkap irisan tomat, sambal, daun bawang, bawang goreng, suwiran ayam dan telur, Soto Ayam adalah hidangan murah meriah yang bisa segarkan tubuh kembali.

Selain Soto Ayam kampung, ada beberapa resep lainnya yang juga pas dinikmati di saat musim hujan - klik disini untuk baca lengkap artikelnya.

Jamu Jokowi

Bapak Presiden kita, Joko Widodo, punya resep jamu khusus yang ia konsumsi setiap hari untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tetap fit dan sehat demi menunaikan kewajiban serta berbagai kesibukan padat selayaknya kepala negara Indonesia. Resep Jamu Jokowi pun populer sampai dengan mancanegara, karena dipercaya berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal serangan virus.

Membuat Jamu ala Jokowi, mudah sekali kok! Caranya, cuci bersih dan kupas 8 potong temulawak, 6 potong kunyit dan 3 potong jahe. Rebus semua bahan ini dalam 600 ml air sampai air menyusut menjadi setengahnya, lalu matikan api. Saring jamu dan masukkan ke dalam gelas atau botol, siap dinikmati. Bila rasanya terlalu pahit, bisa tambahkan sedikit madu supaya khasiatnya semakin mantap.

Sehat tubuh dan pikiran

Salah satu cara menjaga kesehatan juga dengan berolahraga secara rutin. Olahraga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu merelaksasi pikiran. Ada berbagai jenis olahraga yang bisa dilakukan dari rumah sendiri tanpa harus ke gym, contohnya bisa dilihat di tautan ini.

Selain berolahraga, sebaiknya juga hindari stres berlebihan - beberapa cara mengatasi stres bisa kamu baca di sini.

Yuk, share tips-tips penting ini ke semua teman, keluarga dan orang-orang tercinta - mari kita lawan wabah penyakit bersama-sama dengan tingkatkan sistem imunitas tubuh kita!

Untuk hotline bantuan seputar COVID-19, hubungi nomor 119 via telepon atau Whatsapp ke nomor 0811-3339-9000.

Untuk memantau berita dan mendapatkan informasi terkini seputar COVID-19, silakan kunjungi website resmi penanganan COVID-19 Indonesia di tautan ini.

Cara terbaik untuk menjaga diri dan kesehatanmu adalah dengan memastikan kamu terlindungi dalam setiap situasi. Cari tahu bagaimana solusi asuransi kesehatan Generali dapat menjaga agar kamu dan keluarga selalu sehat dan bahagia, saat ini dan di masa depan nanti.

Mulai dari saran mengenai cara makan sampai dengan resep camilan sehat, semua yang kamu butuhkan untuk memulai gaya hidup sehat ada disini:

Penting diperhatikan: kesehatan seluruh keluarga

Butuh berobat ke rumah sakit saat sedang di luar negeri? Ini tips praktisnya

Asuransi Kesehatan seperti apakah yang kita butuhkan?