Ini cara tingkatkan sistem imunitas kekebalan tubuh kita untuk tangkal Coronavirus COVID-19!

Healthy Lifestyle 08 April 2020
healthy living thumb

Menjaga kekebalan tubuh semakin penting saat dunia sedang dilanda wabah pandemi Coronavirus COVID-19. Saat sistem imunitas kita dalam keadaan baik, ia bisa bekerja optimal membentengi tubuh kita dari serangan virus dan bakteri - tak terkecuali untuk keluarga Coronavirus yang menjadi penyebab influenza.

Imunitas atau kekebalan tubuh kita adalah sistem ajaib yang luar biasa kuat dan sanggup beradaptasi melawan gempuran penyakit - asalkan kita membantunya dengan berbagai kebiasaan baik dan makanan-makanan sehat yang ideal untuk memperkuatnya. Apa saja cara meningkatkan sistem imunitas kekebalan tubuh kita? Yuk, baca selengkapnya disini, dan jangan lupa share artikel ini ke seluruh teman, keluarga dan kerabat terdekat supaya kita semua bisa memperkuat sistem imunitas kita!

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh itu apa, sih?

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh adalah rangkaian jaringan sel dan protein kompleks yang berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh yang melindungi kita dengan memerangi infeksi. Sistem kekebalan tubuh yang baik sanggup membasmi kuman dan mengalahkan virus, meredakan serangan bakteri - imunitas menjaga kita tetap sehat dan tak jatuh sakit.

Asupan makanan yang mendukung imunitas kita

Makan makanan yang tepat dan menjalankan pola makan yang seimbang dengan vitamin, nutrisi dan antioksidan yang cukup sangat membantu tubuh kita untuk melawan infeksi. Saat wabah flu melanda seperti saat ini, terutama dengan adanya Coronavirus COVID-19, tubuh kita perlu vitamin C dalam dosis lebih banyak dari biasanya.

Contoh makanan kaya vitamin C yang sebaiknya dikonsumsi adalah buah dan sayuran seperti berbagai keluarga sitrus seperti jeruk, lemon dan jeruk nipis, keluarga beri-berian seperti bluberi dan stroberi, paprika aneka warna (yang hijau sekalipun mengandung banyak vitamin C), bawang putih dan brokoli.

Selain vitamin C, kita juga sebaiknya konsumsi makanan dengan kandungan mineral zinc seperti kuning telur, hati sapi, wijen dan jamur, serta makanan dengan probiotik, si bakteri baik yang membantu memperbaiki pencernaan, seperti yoghurt dan kimchi.

Minuman yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh antara lain teh hijau matcha Jepang, yang penuh dengan antioksidan. Selain itu, rebusan jahe yang dicampur dengan susu dan bubuk kunyit juga baik untuk meningkatkan kinerja sistem imunitas tubuh.

Bagaimana dengan makanan dan minuman yang harus dihindari? Ya, memang ada makanan dan minuman yang malah menghambat kinerja sistem kekebalan tubuh, contohnya makanan dan minuman olahan yang mengandung terlalu banyak gula, seperti donat, permen-permen manis dan minuman bersoda - ini sebaiknya diminimalisir, ya.

Kebiasaan baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh

Selain pola makan yang dianjurkan di atas, menjalankan gaya hidup sehat juga berperan penting meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jaga berat badan agar selalu berada di batas ideal, rajin berolahraga, hindari stres dan tidur yang nyenyak dengan cukup, minimal 7-9 jam setiap hari. Berhenti merokok dan hindari konsumsi alkohol berlebihan.

Cara mudah menghindari paparan Coronavirus

Salah satu cara terbaik menghindari Coronavirus adalah dengan melakukan kebiasaan sehat seperti mencuci tangan setiap kali pulang dari bepergian, mencuci tangan bisa dilakukan menggunakan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer, mengisolasi diri #DiRumahAja dan melakukan Social Distancing/Jaga Jarak bila terpaksa harus keluar rumah.

Untuk hotline bantuan seputar COVID-19, hubungi nomor 119 via telepon atau Whatsapp ke nomor 0811-3339-9000.

Untuk memantau berita dan mendapatkan informasi terkini seputar COVID-19, silakan kunjungi website resmi penanganan COVID-19 Indonesia di tautan ini.

Cara terbaik untuk menjaga diri dan kesehatanmu adalah dengan memastikan kamu terlindungi dalam setiap situasi. Cari tahu bagaimana solusi asuransi kesehatan Generali dapat menjaga agar kamu dan keluarga selalu sehat dan bahagia, saat ini dan di masa depan nanti.

Mulai dari saran mengenai cara makan sampai dengan resep camilan sehat, semua yang kamu butuhkan untuk memulai gaya hidup sehat ada disini:

Penting diperhatikan: kesehatan seluruh keluarga

Butuh berobat ke rumah sakit saat sedang di luar negeri? Ini tips praktisnya

Infografis: kenali fakta penting tentang serangan stroke

Tekanan darah tinggi: haruskah dikuatirkan?

10 Cara Mensupport Orang Tercinta Saat Terkena Penyakit Kritis

Diabetes: penyebab, gejala dan pencegahannya