Staycation di long weekend 17 Agustus mendatang

Rabu, 15 Agustus 2018
Staycation di long weekend 17 Agustus

Long weekend kembali menanti di penghujung minggu ini, dengan hadirnya Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73, yang jatuh tepat di hari Jumat tanggal 17 Agustus ini. Yay! Nah, long weekend ini, apa rencanamu dan keluarga? Beberapa ide menarik ini bisa kamu ikuti untuk memaksimalkan momen bersama orang-orang tersayang.

Tak perlu jauh-jauh ke luar kota

Saat libur panjang, macet adalah satu hal yang ditakuti banyak orang. Terjebak berjam-jam dalam kemacetan untuk sekedar pergi ke Puncak atau Bandung, wah, belum sampai tempat tujuan, sudah lelah duluan! Nah, saran kami, tak perlu ribet keluar kota. Staycation saja! Staycation, istilah yang saat ini sedang populer digunakan, artinya adalah melewatkan waktu untuk bersantai di dalam kota. Untuk pengalaman staycation yang optimal, kamu bisa reservasi hotel atau apartemen melalui situs AirBnB.

Pilih apartemen atau hotel?

Ini sebetulnya tergantung kebutuhan. Bila kamu berniat memasak untuk sedikit menghemat saat staycation, apartemen yang dilengkapi dapur merupakan pilihan tepat - sebaliknya, bila kamu lebih suka makan di luar (berhubung sedang liburan), hotel dengan segala kemudahannya sebaiknya jadi pilihan.

Lalu, budget pun bisa jadi faktor penentu. Untuk hotel, kamu harus menghitung biaya per kamar per malam, sementara biaya menginap di apartemen kebanyakan dihitung untuk unit apartemen secara keseluruhan, baik dengan satu, dua atau tiga kamar. Untuk keluarga besar, apartemen yang memiliki ruang keluarga dan ruang makan lebih praktis untuk kumpul-kumpul, sedangkan untuk pasangan tanpa anak atau geng pertemanan yang sama-sama lajang, servis hotel mungkin terasa lebih menarik.

Aktivitas menarik saat tujuhbelasan

Liburan akhir pekan kali ini yang lebih panjang dari biasa, harus dinikmati secara maksimal, betul kan? Apa saja aktivitas tujuhbelasan yang bisa dilakukan saat long weekend kali ini?

Bila kamu staycation di hotel, lazimnya hotel akan menyediakan acara-acara menarik seputar perayaan tujuhbelasan baik untuk anak dan dewasa, misalnya lomba makan kerupuk, lari karung, lomba menggambar dan mewarnai, atau bahkan lomba selfie dengan baju merah-putih yang berhadiah - semuanya bisa diikuti oleh para tamu yang sedang menginap di sana.

Biasanya, baik hotel maupun kompleks apartemen menawarkan fasilitas yang mirip, mulai dari kolam renang hingga lokasi yang berdekatan dengan mal atau tempat rekreasi, jadi, bila hotel kebetulan tidak menawarkan aktivitas di atas, atau lokasi staycation-mu adalah sebuah apartemen, kegiatan berenang, jalan-jalan di mal, mengunjungi tempat rekreasi atau nonton film di bioskop bersama-sama adalah beberapa kegiatan yang pasti terasa lebih menyenangkan bila dilakukan bersama orang-orang terdekat.

Nah, bagi kamu yang tak ingin keluar hotel atau apartemen tempat menginap, nyalakan saja TV untuk menonton tayangan ulang film komedi klasik Indonesia seperti Benyamin dan Warkop DKI, main kartu atau monopoli sambil makan-makan santai, dan saat malam datang, buka jendela untuk menyaksikan atraksi kembang api yang selalu hadir di langit Jakarta saat 17 Agustus tiba.

Dirgahayu Indonesiaku, dan selamat staycation di long weekend untuk kita semua!

 

Jangan pernah lupakan hal-hal penting saat liburan dan temukan bagaimana menyiasati biaya berlibur agar optimal dengan tips-tips pintar kami untuk segala macam perjalanan:

Liburan keluarga yang unik, ramah budget dan berkesan

Pilihan saat libur puasa dan Lebaran: hotel atau homestay?

Tips liburan lancar akhir tahun

Hindari 5 penyakit paling umum ini saat sedang berlibur

Destinasi terkeren yang wajib masuk bucket list liburanmu!