Cara terbaik atur budget bulanan untuk mahasiswa

Healthy Wealth Selasa, 11 September 2018
Cara terbaik atur budget bulanan untuk mahasiswa

Saat masuk kuliah dan mulai kos pertamakali, biasanya mahasiswa baru, yang sekaligus menjadi anak kos baru, akan dihadapkan dengan pengalaman baru yang tidak mudah, yaitu belajar mengatur keuangan sendiri. Jangan kuatir, mengatur bagaimana membelanjakan budget bulanan dengan maksimal tanpa penghematan besar-besaran itu sebetulnya mudah. Yuk, baca tips-tipsnya!

Yang pertama dan terpenting adalah membuat catatan pemasukan dan pengeluaran. Jangan lupa bahwa besarnya pasak harus seimbang dengan tiang - tujuan membuat catatan ini terutama untuk mengendalikan agar kamu tak sampai kekurangan uang karena salah menghitung kebutuhan. Untuk mudahnya, kamu bisa gunakan aplikasi ponsel untuk membantu mencatat pemasukan dan pengeluaran.

Pisahkan pengeluaranmu menjadi dua jenis: pengeluaran tetap, dan pengeluaran tak tetap. Yang termasuk pengeluaran tetap misalnya biaya kuliah, sewa kamar kos, biaya makan, pulsa HP dan bensin kendaraan. Yang termasuk pengeluaran tak tetap adalah biaya hiburan (nonton bioskop atau konser) dan shopping.

Makanan adalah salah satu pos pengeluaran terbesar. Maka, belajarlah untuk memasak makanan sendiri di rumah, yang tentunya selain lebih sehat untuk kantong juga baik untuk kesehatan, karena kamu bisa memperbanyak asupan sayur, protein dan makanan bergizi lengkap saat memasak sendiri, ketimbang selalu membeli makanan siap saji. Cari kumpulan "resep praktis dan murah untuk mahasiswa dan anak kost", dan selalu tepati daftar belanjaan yang sudah dibuat sebelumnya, agar kamu tak kalap setiap harus ke supermarket.

Belanja baju dan asesoris juga salah satu pos pengeluaran yang bisa bikin pengeluaranmu membengkak, apalagi, sekarang ini banyak sekali godaan lewat toko online di Instagram. Sisihkan sejumlah uang dari anggaran bulanan untuk ini, tapi, jangan melebih batas, ya!

Bila orangtuamu tinggal jauh dari kampus, atau bahkan kamu kuliah di luar kota atau luar negeri, pilihan yang paling tepat adalah tinggal di dekat kampus. Cari kos-kosan yang sederhana saja, tapi bersih dan nyaman. Bila kamu bisa berjalan kaki ke kampus dari kos-kosan, lebih bagus lagi, karena kamu akan hemat biaya transportasi, yang meski sedikit, bila dihitung selama 4-5 tahun kuliah, jumlahnya lumayan, lho!

Bila setelah melakukan langkah-langkah di atas, ternyata pasak masih sedikit lebih besar dari tiang, yang bisa kamu lakukan adalah mencari penghasilan tambahan, seperti misalnya menjadi agen asuransi Generali, yang pendaftarannya mudah melalui personal website agen leader atau langsung message ke akun facebook Generali Indonesia. Pilihan menjadi agen, merupakan solusi tepat karena waktu kerjanya yang fleksibel, bisa dilakukan dari mana saja, dan kemungkinan untuk membangun jaringanmu sendiri - karena, tak ada salahnya mulai menjajaki dunia kerja meski masih di bangku kuliah.

Selamat mencoba tips-tips di atas!

 

Kamu sedang menabung untuk membeli rumah pertamakalinya, atau sedang belajar mengatur pengeluaran? Atur keuanganmu dengan pintar, pelajari bagaimana meningkatkan jumlah tabungan dengan manajemen uang dari ahlinya!

Lima langkah pintar mengatur keuangan 

Kuliah di luar negeri: kemana ya?

Tips jitu untuk para milenial yang berencana pensiun dini