Persiapan untuk liburan yang lancar dan bebas stres

Healthy Lifestyle Senin, 13 Agustus 2018
Persiapan untuk liburan yang lancar bebas stres

Kamu berencana liburan ke destinasi impian? Setelah cuti kantor disetujui, lalu akomodasi dan tiket pesawat pun sudah dibayar lunas - kamupun sudah siap untuk berangkat berlibur! Eits, jangan lupa untuk menyelesaikan pula daftar hal-hal terakhir yang harus kamu bereskan sebelum memulai perjalanan. Selesaikan dulu semuanya, supaya liburanmu tenang dan bebas gangguan!

Hal-hal yang standar (tapi sangat penting)

Yang paling penting untuk dipastikan tidak ketinggalan adalah paspor, dokumen perjalanan seperti visa dan asuransi kesehatan saat di perjalanan yang mungkin kamu butuhkan bila keadaan darurat terjadi, contohnya Generali Global Medical Plan (iPlan / iPrime). Tak lupa pula, catatan kontak darurat yang mungkin kamu butuhkan, misalnya kedutaan Indonesia di negara tujuan, biro perjalanan atau keluarga terdekat yang dapat dihubungi setiap saat. Simpan baik-baik catatan ini di dompet dan sekalian saja di-laminating supaya tidak mudah rusak - catatan ini penting disimpan karena mengandalkan ponsel saja tidak cukup - selalu ada kemungkinan si ponsel rusak, lowbat atau dicuri. 

Siapkan uang dalam berbagai bentuk

Pastikan kamu menyiapkan uang dalam berbagai bentuk. Tidak hanya uang tunai dengan mata uang di negara tujuan saja, tapi juga uang simpanan untuk keadaan darurat - kartu kredit dan kartu debit bisa jadi pilihan pas, sehingga kamu juga tak perlu membawa terlalu banyak uang tunai guna menghindari tindak kejahatan oleh rampok atau copet.

Biasanya, lebih baik menukar uang di Indonesia daripada saat di negara tujuan, karena nilai tukar yang lebih baik - kebanyakan penukaran uang di dalam kota juga tidak membebankan biaya administrasi terlalu besar, dibanding bila kamu menukarkan uang di bandara atau di tempat tujuan nanti.

Cari yang aman

Kamu bepergian sendirian, bersama teman, pasangan atau keluarga? Yakinkan dulu apakah tujuan perjalananmu kali ini aman bagi semua peserta liburan - termasuk kamu, tentunya! Sebelum memilih tempat tujuan, cari tahu dulu mengenai tingkat keamanan di daerah yang kamu tuju. Hindari daerah-daerah rawan kejahatan. Di tempat tujuan nanti, hindari penggunaan tas ransel punggung - tas pinggang bisa jadi pilihan lebih aman dari copet, bila dipakai dengan bagian penyimpanan menghadap ke depan.

Tinggalkan barang-barang berharga di penginapan, dan gunakanlah lemari besi yang biasanya disediakan di kamar hotel untuk menyimpan paspor, uang tunai dan barang berharga lainnya. Kurangi pemakaian perhiasan, selain dapat mengundang kejahatan, juga kemungkinan untuk kehilangan perhiasan karena jatuh saat sedang berjalan-jalan selalu ada.

Jaga kondisi

Jaga kondisi kesehatan agar selalu prima - bila berkunjung ke beberapa negara Afrika misalnya, kamu sebaiknya sudah divaksin lengkap. Vaksinasi wajib dilakukan sebelum berangkat, paling tidak satu atau dua bulan sebelumnya. Persiapkan persediaan krim anti nyamuk atau anti gigitan binatang.

Selain krim penolak serangga, perlindungan terhadap sinar matahari juga sangat penting. Lengkapi dirimu dengan krim tabir surya berkekuatan 40 atau 50 SPF, supaya kamu tak terbakar matahari (yang dalam jangka panjang bisa berakibat kanker kulit). Juga, selalu terapkan standar higienis dimanapun kamu berada, terutama di negara-negara dimana sanitasi makanan dan minuman kurang baik. Selalu bawa botol air minum sendiri, dan persediaan obat standar: parasetamol untuk demam, nyeri dan sakit kepala, balsem untuk mencegah masuk angin, serta obat anti diare.

Siapkan perlengkapan untuk gadget-mu

Ponsel pintar alias smartphone adalah sahabat para turis - sebaliknya, baterai habis adalah ketakutan semua pengguna ponsel, tak terkecuali bagi kamu-kamu yang sedang berlibur. Jangan lupa cari tahu dulu jenis steker dan voltase di negara tujuanmu, dan siapkan adapter atau penyesuai steker yang sesuai untuk mengisi daya di negara tujuan sana. Lengkapi ponselmu dengan casing tahan banting yang anti pecah, dan bila ada, sekaligus yang anti air. Ponsel mahal juga sering menarik pencuri, jadi berhati-hatilah selalu. Bila perlu, beli saja ponsel jadul yang murah dan baterainya tahan lama, sebagai cadangan jika ponselmu hilang atau dicuri.

Cari informasi yang tepat

Selalu cari informasi yang tepat dan akurat untuk setiap tujuan liburan. Bawa selalu buku panduan ke negara tujuan dan juga aplikasi ponsel untuk penerjemah bahasa otomatis dan praktis. Membeli tiket atraksi wisata jauh-jauh hari juga merupakan langkah yang tepat untuk menghemat waktu antrian dan tentunya biaya.

Siapkan proteksi perlindungan diri

Supaya semakin aman di perjalanan, jangan lupa siapkan perlindungan diri lewat iPlan, solusi lengkap dari Generali yang juga memberikan benefit pertanggungan kecelakaan - bila sesuatu terjadi padamu saat liburan, iPlan akan meng-cover biaya pengobatan sampai repatriasi.

Sudah selesai menyiapkan daftar tugas di atas? Sekarang kamu siap untuk berlibur!

 

Asuransi jiwa dapat membantumu untuk menikmati hidup tanpa harus kuatir apa yang akan terjadi pada orang-orang tercinta, bila sewaktu-waktu nasib berkehendak lain. Pilih iPlan, solusi proteksi jiwa lengkap dari Generali dengan manfaat pertanggungan kecelakaan.

 

Jangan pernah lupakan hal-hal penting saat liburan dan temukan bagaimana menyiasati biaya berlibur agar optimal dengan tips-tips pintar kami untuk segala macam perjalanan:

Tips packing ringan untuk menghemat biaya bagasi saat mudik Lebaran 

Tips rencanakan solo trip sekali seumur hidup yang paling berkesan